Sejarah Bola Basket di Indonesia

Sejarah Bola Basket di Indonesia dimulai sejak Indonesia masih bernama Hindia Belanda, sekitar tahun 1920-an gelombang perantau dari Tiongkok masuk ke Indonesia, yang kemudian disebut Tionghoa. Mereka membawa permainan bola basket yang sudah lebih dahulu berkembang di Tiongkok. Permainan ini masih dilakukan di kalangan komunitas mereka sendiri, baik di sekolah mau pun perkumpulan. Permainan bola basket sudah menjadi olahraga wajib di sekolah komunitas Tionghoa.

Sejarah Bola Basket Masuk Ke Indonesia

Tahun 1930-an sudah banyak berdiri klub bola basket lokal di Hindia Belanda. Kondisi perkembangan bola basket agak terhenti karena perang dunia ke II dan invasi Jepang ke Asia tenggara.  Geliat olahraga bola basket kembali dimulai, dan secara resmi dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional pertama (PON I) yang diadakan di Solo pada tahun 1948. Sambutan masyarakat yang cukup meriah, baik dari segi penonton maupun dari pesertanya sendiri.

Tahun 1951, Maladi sebagai menteri olahraga saat itu meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membuat asosiasi olaharaga bola basket. Mereka pun membuat dengan nama awal “Persatuan Basketball Seluruh Indonesia”, kemudian berubah lagi di tahun 1955, karena adanya penyempurnaan nama sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia maka organisasi bola basket tersebut berganti nama menjadi “Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia” (Perbasi). Perbasi mulai diterima menjadi anggota FIBA (the International Basketball Federation atau Federasi Bola Basket Internasional) pada tahun 1953 dan setahun setelahnya, untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan tim basket di ajang Asian Games Manila pada saat itu.

Pada tanggal 3 April 1982 merupakan tanggal bersejarah bagi dunia bola basket di Indonesia. Karena, pada hari itu, pertandingan antara klub Rajawali Jakarta menghadapi Semangat Sinar Surya Yogyakarta menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) yang pertama kalinya sekaligus merupakan sebagai langkah awal dari sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas di yang ada di Indonesia. Klub bola basket Indonesia Muda Jakarta mencatatkan diri sebagai klub pertama yang meraih gelar bergengsi kejuaraan Kobatama tersebut.

Saat ini, sudah ada beberapa kompetisi bola basket reguler baik secara klub amatir (Kobatama) mau pun profesional (NBL Indonesia), dan kompetisi antar sekolah baik untuk pria dan wanita, dan sudah dikenal baik sebagai salah satu olahraga populer di Indonesia. Selain itu bola basket pun tidak hanya dipertandingkan di pekan olahraga nasional, namun juga pekan olahraga untuk penyandang disabilitas.