Ukuran Lapangan Basket untuk Sekolah SD

Begitu banyak sekolah dasar saat ini yang ingin memberikan pengembangan olahraga yang bervariasi bagi siswanya, salah satunya adalah olahraga basket. Banyak sekolah SD yang mulai menyediakan lapangan olahraga basket . Masalahnya adalah banyak yang bingung, sebenarnya berapa ukuran lapangan basket untuk murid sekolah dasar.


Sebenarnya tidak ada ukuran resmi untuk lapangan olahraga  basket usia sekolah dasar. Akan tetapi sebagai perbandingan saja, hanya ada  konsensus umum di sekolah-sekolah dasar di  Amerika Serikat.

Umumnya ukuran lapangan adalah 22 x 13 meter. Ukuran ini jauh lebih kecil daripada ukuran lapangan pertandingan internasional sebagaimana di artikel Gambar Dan Ukuran Lapangan Bola Basket standar FIBA 2018 .   Selain itu ukuran ring / rim, tinggi ring, dan ukuran bola juga dikurangi untuk pemain muda.

ukuran lapangan basket
Ukuran Lapangan Basket untuk Sekolah SD

Selain ukuran lapangan pertandingan bola basket yang disesuikan dengan usia anak SD, perlu diperhatikan lagi saran untuk mengenalkan olahraga basket kepada siswa SD :


1. Lapangan basket terlalu besar melelahkan
Lapangan yang lebih kecil untuk pemain belia membantu mereka untuk fokus pada teknik permainan daripada menghabiskan energi mereka berlari di lapangan yang lebih besar. Sebagai tambahan, para pemain akan belajar lebih banyak menembak ke arah ring daripada melembar bola, tinggi ring 2, 4 meter sangat disarankan untuk usia 6-9 tahun, 2,7 meter untuk usia 10 sampai dengan 12 tahun.

2. Tidak ada Area 3 Poin
Pemain usia muda jarang sekali melakukan tembakan tiga angka. Menghapus area tiga poin akan membantu pemain melatih memasukkan bola ke ring dalam jarak yang lebih dekat. Area lemparan bebas / free throw area juga dibuat 3,9 meter  terutama untuk  pemain di bawah usia 10 tahun. Jarak ini cukup bagik daripada membuat jarak 4,5 meter.

3. Ukuran bola yang tepat

Sebagaimana artikel tentang ukuran bola di artikel Ukuran Bola Basket Untuk Anak Sekolah / Junior : Tinggi Tiang Basket, Ukuran Bola, dan Ukuran Lapangan bola basket . Diingatkan kembali bahwa anak berusia 5 sampai dengan 8 tahun membutuhkan bola basket ukuran 3. Sementar ukuran 8 sampai dengan 12 tahun mengggunakan bola ukuran 5.