Ketentuan Peralatan Basket 3 on 3

Permainan basket 3 on 3 atau biasa disingkat 3x3 awalnya merupakan varian lain permainan basket. Awal mulanya merupakan olahraga jalanan (non formal) yang populer di daerah perkotaan. Seiring berjalannya waktu olahraga ini akhirnya menjadi sebuah cabang olahraga resmi yang saat ini berada di bawah naungan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).


permainan basket 3 on3
Pemainan basket 3 on 3


Peraturan dalam permainan basket 3x3 juga sudah ditetapkan secara resmi oleh FIBA. Peraturan yang berlaku saat ini merupakan peraturan FIBA yang diresmikan pada Januari 2015.  Beberapa aturan permainan basket 3 on 3 sebagai berikut :




1. Perbedaan permainan tidak dengan diawali jumpball sebagaimana permain. Sebelum permainan diawali dikerjakan beradu koin. Pemenangnya bisa pilih apa akan menyerang duluan waktu permainan diawali atau bertahan terlebih dulu. Saat pilih bertahan karena itu jika laga diteruskan ke set overtime mereka akan menyerang terlebih dulu.

2. Jika dalam permainan basket biasa ada peluang jumpball dikerjakan waktu kondisi tersendiri dalam 3x3 saat berlangsung kondisi sama karena itu perebutan bola akan beralih ke regu yang bertahan.

3. Tembakan masuk dari dalam Arc (garis tiga angka) benrilai 1. Serta tembakan masuk di luar Arc berharga 2.

4. Permainan cuma berlansung sepanjang satu set saja yang panjangnya 10 menit. Regu yang sukses cetak 21 point akan memenangkan laga walau masihlah ada kesempatan sisa. Jika waktu telah habis tetapi belumlah ada regu yang sampai 21 point karena itu regu dengan point paling banyak keluar jadi juara. Serta jika waktu habis sesaat score masih seimbang karena itu team yang sukses cetak 2 point terlebih dulu bisa menjadi juara. Butuh diingat saat overtime dikerjakan saat score seimbang 20-20 karena itu menjadi juara harus tetap cetak 2 point bukan 1 point.

5. Permainan dengan diawali pemain bertahan mengoper bola ke pemain striker yang berdiri di luar garis tiga angka. begitupun waktu berlangsung bola mati.

6. Satu regu cuma bisa kuasai bola selama 12 detik.

7. Bila pemain bertahan sukses merampas bola di garis tiga angka baik lewat steal, block, atau rebound, Bola harus dibawa keluar garis tiga angka terlebih dulu sebelum kembali menyerang.

8. Setiap kali berlangsung point pemain dari regu bertahan harus ambil bola serta lakukan dribble atau passing ke luar garis tiga angka.

9. Perubahan pemain cuma bisa dikerjakan waktu kondisi bola mati.

10. Semasing regu mempunyai jatah 1x timeout. Tetapi wasit masih memiliki hak hentikan permainan saat ada pemain yang luka atau waktu kondisi beresiko.

11. Dalam permainan bola basket biasa Pelanggaran individu akan dihitung serta jika sampai batas yang dipastikan pemain bisa diusir dari permainan. Ini tidak berlaku dalam permainan 3x3. Tetapi pemain masih bisa diusir jika dia lakukan dua pelanggaran tidak sportif pada musuh.

12. Pelanggaran pada pemain yang melakukan tembakan dari dalam garis tiga angka akan menghasilkan 1 kali tembakan bebas, serta pelanggaran pada pemain yang melakukan tembakan di luar garis tiga angka membuahkan 2 kali tembakan bebas. Tetapi pelanggaran ke 7, 8, serta 9 oleh satu regu akan diganjar 2 kali tembakan bebas, serta untuk pelanggaran ke 10 dst akan diberi hukuman 2 tembakan bebas plus perebutan bola buat team terlanggar.

13. Pelanggaran teknis (terhitung pelanggaran tidak sportif) akan diberi hukuman 2 tembakan bebas plus perebutan bola buat team terlanggar.
14. Ukuran Lapangan Basket 3 on 3 bisa melihat gambar berikut ini :
ukuran basket 30n3
Ukuran lapangan basket 3x3
Untuk ukuran area terlarang bisa dilihat di gambar berikut ini :

ukura area terlarang 3 on 3
Ukuran area terlarang

15. Ukuran Tiang Basket. Jarak antara papan ke tiang itu 2,1 meter, berbeda sekali dengan aturan FIBA yang mencapai 3,25 meter. Itu sebabnya, jika anda membutuhkan ring basket dengan ukuran tersebut bisa melihat link Ring Basket Portabel BSP-01, Ring Basket Dorong  NF-01, atau Tiang basket tanam  .

 16. Ukuran papan pantul sama dengan dengan peralatan basket standar FIBA
a. Papan harus terbuat dari bahan transparan yang sesuai, dibuat utuh, tahan air & cuaca, tidak reflektif, dengan permukaan depan yang rata dan harus:
• Memiliki kerangka kerja pelindung struktur pendukung papan di sekitar tepi luar
• Diproduksi sedemikian rupa sehingga, jika pecah, pecahan kaca menjadi beling.



papan pantul basket 3on3
Ukuran papan pantul basket 3on3

b. Papan backboard harus berukuran 1.800 mm (+ maksimum 30 mm) secara horizontal dan 1.050 mm (+ maksimum 20 mm) secara vertikal.
c. Semua garis pada papan belakang harus:
• Putih, jika papan belakang transparan.
• Hitam, jika papan dicat putih tidak transparan
• Lebar 50 mm
papan pantul basket 3on3
Papan pantul basket 3on3 dengan tempered glass
d. Batas papan harus ditandai dengan garis batas dan tambahan persegi panjang di belakang cincin sebagai berikut :
• Dimensi luar: 590 mm (+ maksimum 200 mm) secara horizontal dan 450 mm (+ maksimum 8 mm) secara vertikal
• Tepi atas pangkal persegi panjang harus sejajar dengan bagian atas dering dan 150 mm (-2 mm) di atas tepi bawah papan
e. Material papan pantul basket adalah tempered glass

17. Ring / Rim / Cincin terbuat dari bahan besi. Diameter 45 cm. 

18. Jaring basket menggunakan warna putih dan memiliki panjang minimal 40 cm hingga 45 cm. Selain itu memiliki 12 pcs cantolan.


19. Shot-clock. Bisa dilihat di artikel produk SHOT-CLOCK