Pengertian Shallow Cut di Olahraga Basket

ring-basket.com -- Dalam permainan bola basket, ada istilah shallow - cut. Kira - kira kalau dalam bahasa Indonesia artinya menorehkan atau mengiris.   Sehingga berbeda dengan pergerakan Cut - Through yang langsung menghujam pertahanan lawan, maka shallow cut ini merupakan pergerakan menyerang yang masuk ke pertahanan lawan dengan kombinasi tipuan pergerakan.

Ada beberapa pola shallow and cut yang semoga bisa menambah referensi kamu.
1. Shallow Cut

Pemain 1 melakukan drible sesuai anak panah dan pemain 2 melakukan pergerakan ke kanan. Pemain 2 berpindah sesuai anak panah melalui area 3 point supaya tetap seimbang dan ada ruang. Pemain 1 melakukan tembakan melompat (shoots jumper) dari sayap. Pemain no 5 di posisi untuk rebound, merebut bola dan memasukkan semua tembakan yang gagal.

 

 

 

 

 

 

2. Shallow Cut - Return Pass

Pemain no 1 melakukan drible ke sayap kanan. Pemain nomor 2 bergerak secara bersamaan ke atas, bersiap menerima umpan dari pemain no.1.

 Pemain no. 2 melakukan tembakan melompat (shoot jumper). Kamu bisa melakukan variasi , dimana pemain 2 bisa melakukan tipuan tembakan dan bergerak 1 kali drible, lalu menembak, atau dia bisa mengarahkannya dan megumpan ke pemain nomor 5 untuk memasukkannya.

 

 

 

 

3. Shallow Cut - Drive & Dish

Pemain 1 melakukan dribble ke sayap kanan dan pemain ke 2 berpindah ke atas untuk menerima lambungan dari pemain 1. Pemain 2 akan menyambut bola , bersiap menembak dengan metode squares up, pura pura menembak, mengatur arah dengan siku, menarik perhatian lawan yang menjaga pemain nomor 1, lalu segera mengumpan kembali ke pemain 1. Pemain 1 melakukan step up untuk tembakan.

4. Shallow Cut dari Sayap

Pemain 2 melakukan membawa bola ke atas, dan pemain 1 berpindah ke lokasi pemain 2 awal.
Pemain 1 menerima umpan kembali dari pemain 2, dan melakukan tembakan

 

5. Shallow Cut - Putar dan Skip Pass



Pemain 1 melakukan driblle ke pemain 2 yang daripada melakukan gerakan ke atas, malah melanjutkan pindah ke sayap yang berlawanan melewati garis area pertahanan lawan.

Pemain 1 melakukan umpan lambung (skip pass) yang melewati lawan, ke arah pemain 2 yang sudah bersiap di posisi untuk menembak.



© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved