Arti Aturan 5 Detik dalam Pertandingan Bola Basket - 5 Second Rules

Di dalam pertandingan bola basket terdapat istilah pelanggaran. Pelanggaran sendiri di dalam pertandingan bola basket dibedakan menjadi dua yaitu : foul dan violation. Meski sama-sama disebut sebagai pelanggaran, foul dan violation memiliki arti yang tidak sama.

Foul adalah pelanggaran langsung terhadap pemain lain (lawan) seperti misalnya personal foul atau technical foul. Sementara itu, violation adalah pelanggaran yang lebih condong ke peraturan permainan bola basket. Salah satu contoh violation dalam permainan bola basket adalah 5 seconds violation.

Pegang bola lebih dari 5 detik bisa bahaya. Sumber : Rookie Road

 


Apa Itu Maksudnya 5 Seconds Violation?

 
Jika dibaca dalam aturan permainan basket, seorang pemain hanya bisa memegang bola selama 5 detik baik ketika akan melakukan lemparan ke dalam atau ketika terlibat dalam permainan. Aturan tersebut disebut aturan 5 detik.

Jadi, seorang pemain tidak boleh menahan bola lebih dair lima detik, tanpa melakukan beberapa usaha seperti menembak, mengumpan, atau memantulkan bola (dribble). Apabila seorang pemain menahan bola lebih dari lima detik dan dia tidak melakukan gerakan apa pun ketika dijaga oleh lawan, maka pemain tersebut dianggap melakukan 5 seconds violation.

Hukuman untuk pelanggaran peraturan 5 detik dalam permainan bola basket adalah si kulit bulat diberikan ke lawan melalui throw-in atau lemparan ke dalam.

Tidak ada komentar: