Arti, Jenis dan Cara Melakukan Dribble Dalam Olahraga Bola Basket

 Dribble atau menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar dalam olahraga bola basket. Saat melakukan gerakan berjalan atau berlari sambil memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan, disebut dengan dribbling. 

Sumber : ussportscamps.com
 

Dribble merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh atlet basket. Tujuan melakukan dribbling atau menggiring bola adalah untuk melewati penjagaan lawan dan melakukan serangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena membawa bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya ke lapangan bisa dinyatakan sebagai pelanggaran (travel violation). 

Cara melakukan dribble dalam bola basket :
1. Posisi kepala tetap terangkat. Fokuskan pandangan kepada lapangan dan situasi sekitar, jangan melihat bolanya.
2. Rentangkan tangan dan jentikkan pergelangan tangan untuk memantulkan bola ke lantai/lapangan.
3. Gunakan jari untuk mengontrol bola, bukan telapak tangan.
4. Jangan memantulkan bola terlalu tinggi saat melakukan dribble.
5. Gunakan bagian tubuh lain dan tangan yang tidak memegang bola untuk melindungi bola.


Macam-macam dribble dalam bola basket
1.Crossover dribble

Ilustrasi

Menggiring bola dengan crossover dilakukan dengan cara mengubah posisi bola dari satu tangan ke tangan lainnya. Teknik dribble crossover bertujuan untuk mempertahankan bola dari rebutan lawan. Ingat crosover drible, ingat Allen Iverson. 


2. Dribble di sela kaki (between the legs) 

Sumber : http://diecoach.blogspot.com/

 
Dribble between the legs atau di sela-sela kaki merupakan variasi dari gerakan dribble crossover. Dribble ini dilakukan dengan cara memantulkan bola di antara kedua kaki lalu menangkapnya dengan tangan lain. Teknik dribble ini biasanya digunakan ketika berhadapan secara langsung dengan pemain lawan. Baca juga: Teknik Dasar Bola Basket, dari Passing hingga Pivot 


3. Dribble belakang (behind the back)


 

 Teknik dribble ini juga merupakan variasi gerakan dribble crossover. Bedanya dengan dribble between the legs, teknik dribble behind the back dilakukan dengan cara memantulkan bola melewati bagian belakang kaki. Saat melakukan dribble ini, posisi kedua kaki biasanya tidak lebih dari selebar bahu. 

4. In and out dribble 

In and out dribble adalah gerakan menggiring bola dengan memasukkan bola (menggerakkan bola dari sisi luar ke dalam) lalu mengeluarkannya lagi secara cepat. Ketika melakukan dribble ini, posisi bola berada di bawah telapak tangan. Dribble ini bisa menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri dan harus dilakukan secara cepat agar bola tidak lepas atau direbut pemain lawan.


5. V dribble 

Cara melakukan V dribble adalah memantulkan bola menggunakan tangan yang sama hingga membentuk huruf "V". Teknik dribble ini hampir sama dengan crossover, tapi bola tetap berada di tangan yang sama.  Vide berikut adalah beberapa seri V dribble. 


6. High dribble 

High dribble adalah gerakan menggiring bola dengan memantulkannya secara lurus ke bawah dengan jarak yang tinggi. Ketika melakukan dribble ini, posisi lengan biasanya sejajar dengan bahu. Artinya, bola dipantulkan hingga ketinggian sejajar atau di atas pinggang dan dilakukan secara cepat. Tujuan menggiring bola tinggi dalam permainan bola basket adalah mempercepat penyerangan dengan melewati penjagaan lawan.


Tidak ada komentar: