Aturan Time Out Dalam Pertandingan Olahraga Bola Basket

 Pertandingan dalam olahraga bola basket melibatkan 2 tim yang saling berhadapan, dan  masing-masing beranggotakan lima orang. Untuk mencari siapa pemenang, maka tiap tim  berusaha memasukkan bola ke ring basket lawan untuk mencetak poin serta memenangkan pertandingan.

Sama seperti cabang olahraga lainnya, di dalam permainan bola basket juga terdapat berbagai peraturan. Salah satu aturan bola basket adalah time out. 

 

Apa itu time out?

 
Time out dalam pertandingan bola basket adalah waktu istirahat yang diminta ketika pertandingan berjalan. Time out juga digunakan untuk mengatur permainan, beristirahat sejenak, atau sebagai strategi untuk menghambat lawan yang kebetulan mempunyai momentum bagus.

Lama time out pada pertandingan bola basket maksimal adalah satu menit. Apakah aturan "time out " dalam pertandingan bola basket sama standarnya di NBA, FIBA, dan NCAA ?

Jadi ternyata ada perbedaan. Total time out di FIBA adalah lima kali, dengan rincian dua kali time out di babak pertama dan tiga kali di babak kedua dengan masing-masing durasi time out selama 60 detik. Selain itu, tiap tim berhak mendapat dua kali time out pada dua menit terakhir pertandingan.

Sementara aturan Time Out NBA Pada ajang kompetisi bola bakset terpopuler di dunia, NBA, batas maksimum time out di NBA adalah enam kali dengan waktu time out basket berdurasi 60 detik. Selain itu, di babak overtime tiap tim mendapat dua kali time out.


Lain pula dengan aturan Time Out NCAA NCAA (National Collegiate Athletic Association) adalah turnamen bola basket tingkat perguruan tinggi Amerika Serikat. Pada turnamen NCAA, aturan time out berbeda dengan FIBA dan NBA. Permainan bola basket di NCAA mendapatkan empat kali time out berdurasi 30 detik.

Tidak ada komentar: