Free Throw - Lemparan Bebas

Lemparan bebas atau free throw adalah salah satu kesempatan mencetak poin dalam bola basket. Seorang pemain mendapat kesempatan free throw atau tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan pemain lawan, tepatnya intentional foul. 


Adapun yang dimaksud oleh intentional foul adalah pelanggaran yang sengaja dilakukan oleh pemain bertahan untuk menghentikan permainan agar lawan tidak bisa memanfaatkan situasi yang menguntungkan dan mencetak angka. 



Sementara pengertian dari free throw adalah percobaan mencetak poin tanpa rintangan dengan menembak dari belakang garis lemparan bebas (secara informal dikenal sebagai garis pelanggaran/foul line). Bola yang tercipta dari lemparan bebas mendapatkan 1 (satu) angka. Dalam melakukan free throw, tidak ada pemain lawan yang menghadang.

Namun demikian, intentional foul memberikan dua kali kesempatan melakukan free throw. Sehingga, seorang pemain bisa meraih dua poin jika mampu memasukkan bola ke ring dalam dua kali kesempatan free throw. 

Free throw untuk ketenangan dan harus sering dilatih

Meski skor yang didapat ketika bola yang masuk pada saat lemparan hukuman adalah satu poin, tetapi free throw mampu memengaruhi kemenangan timn. Oleh karena itu, tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan pemain lawan atau yang disebut free throw ini perlu dimaksimalkan.  Diungkapkan dari DLB, tips untuk memaksimalkan free throw, di antaranya:
- Perbaiki form/gerakan menembak
- Repetisi/konsisten
- Buat ritual free throw
- Tenang


Tidak ada komentar: