Posisi Pemain Dalam Tim Olahraga Bola Basket, Dan Fungsinya

Olahraga Bola basket adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Jumlah pemain basket di masing-masing tim dalam sebuah pertandingan adalah 5 (lima) orang. Meski ada beberapa pemain mempunyai kemampuan individu yang menonjol, namun kerjasama tim harus didahulukan dan tiap pemain mempunyai posisi dan fungsi yang diberikan oleh pelatih atau sesuai instruksi. 


Ketika bertanding, satu tim pada bola basket terdiri atas lima pemain inti dan jumlah pemain cadangan sebanyak lima orang. Kelima pemain inti tersebut menempati posisi yang berbeda-beda. Mengutip laman Jr NBA, lima posisi pemain bola basket adalah :

1. Point guard
2. Shooting guard
3. Small forward
4. Power forward
5. Center. 

Posisi Pemain Basket dan  Fungsinya

1. Point Guard 

Posisi point guard juga dikenal dengan posisi nomor 1 1 dalam permainan bola basket. Biasanya, posisi ini ditempati oleh pemain dengan postur tubuh paling pendek di dalam tim. Pemain yang mengisi posisi point guard adalah pemain dengan kemampuan menggiring bola dan mengumpan yang baik. 


 Kemampuan seorang point guard akan lebih banyak diukur berdasarkan jumlah assist (umpan yang menghasilkan poin) daripada poin yang dia cetak. Tugas utama seorang point guard adalah mengatur serangan timnya dengan mengontrol bola dan memberikan umpan kepada pemain lain pada saat yang tepat untuk mencetak poin. Dalam situasi bertahan, tugas point guard adalah berperan sebagai lapisan pertama pertahanan. Selain itu, point guard juga memiliki tugas untuk melakukan steal (mencuri bola dari lawan).

2. Shooting Guard 

Posisi Shooting guard atau Posisi 2 dalam bola basket biasanya ditempati oleh pemain dengan kemampuan menembak mumpuni. 


Pemain yang menempati posisi ini umumnya adalah seorang penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka). Michael Jordan, Allen Iverson, hingga mendiang Kobe Bryant adalah beberapa contoh pemain yang menempati posisi shooting guard. Umumnya, postur seorang shooting guard lebih tinggi dari point guard. Sebab, tugas shooting guard adalah membantu dan menggantikan point guard ketika tim sedang melakukan serangan. Seorang shooting guard harus memiliki kreativitas dan kemampuan menembak yang baik dari berbagai posisi.

3. Small forward 

Posisi yang juga disebut dengan posisi nomor 3 dalam permainan bola basket, diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan satu-lawan-satu (one-on-one) dengan pemain lawan. Pemain yang menghuni posisi small forward harus bermain agresif dan kuat, bisa melakukan dribble secara lincah, serta mampu mencetak poin.  Tugas small forward adalah menolong dan mengambil peran point guard yang berada dalam tekanan lawan. Sementara dalam situasi bertahan, small forward harus bisa menjaga lawan yang menempati Posisi 2 (shooting guard) atau 3 (small forward) itu sendiri.

4. Power Forward


 
Power forward (Posisi 4) adalah posisi dalam permainan bola basket yang ditempati oleh pemain yang memiliki postur tinggi dan fisik kuat. Salah satu tugas utama power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring (rebound) baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Dibandingkan dengan small forward, seorang power forward akan banyak bergerak di dekat (bawah) ring untuk menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan membuat pelanggaran (foul) atas dirinya.

5. Center 

Posisi yang juga disebut dengan Posisi 5 atau big man dalam permainan bola basket. Posisi ini ditempati oleh pemain dengan tubuh terbesar atau tertinggi di tim yang mengambil posisi di area garis tembakan bebas (free-throw line). Tugas pokok seorang pemain center dalam bola basket adalah membendung tembakan lawa, menyusup pertahanan lawan, dan menjaga daerah pertahanan. 

Posisi Center

Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh center adalah memanfaatkan punggungnya untuk menghalangi lawan dan menangkap bola pantul yang tidak masuk ke ring (rebound). Dengan posturnya yang tinggi dan besar, center bertugas untuk menghalangi lawan ketika ingin mencetak poin. Seorang center biasanya juga berperan sebagai sosok pemain yang mempunyai tugas untuk merebut bola ketika jump ball (perebutan bola dalam mengawali permainan basket). Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Selain itu, seorang center atau pemain tengah akan banyak melakukan tembakan dari daerah dekat ring dan hal ini biasanya menghasilkan banyak pelanggaran dari lawan yang mencoba menghalangi.



Tidak ada komentar: