12 Pemain Basket "Pendek" dalam Sejarah Liga Bola Basket Amerika - Di Bawah 180 cm, Ada Juara Kontes Slam Dunk NBA

 Sekitar 1 dekade yanglalu (ketika tim masih mengukur pemain dengan sepatu), rata-rata pemain NBA secara resmi mencatatkan angka 6'7" atau sekitar 200, 66 cm. Angka yang menjulang tinggi!

Sangat mudah untuk mengerti mengapa tinggi badan merupakan keuntungan besar dalam olahraga bola basket. Ring basket cukup tinggi. Semakin dekat Anda ke target net, semakin mudah untuk mencetak, memblokir, dan meraih rebound. Tidak ada misteri di sini.

Tapi apa istimewanya jika semua harus mengandalkan tinggi badan ?

Padahal ada da banyak pemain bertubuh pendek yang bersaing di liga, meski tidak mudah. Mereka dengan lincah meliuk-liuk di sekitar lawan mereka yang lamban untuk mengumpulkan poin, mencuri, dan membantu teman se-tim. Siapa saja mereka ? Berikut Daftarnya :

12 Pemain Basket  "Pendek" dalam Sejarah Liga Bola Basket Amerika

1. Tyrone Curtis “Muggsy” Bogues

 
Tinggi: 5'3" (160 cm)
Nama ini wajib. TIngginya sama dengan rata - rata orang Indonesia.
Tidak hanya dia secara resmi menjadi pemain NBA terpendek sepanjang masa, berdiri lebih dari satu kaki lebih pendek dari hampir semua orang di lapangan - dan kualitas dia sangat bagus!

Tubuhnya yang rendah membantunya menjadi pencuri bola dan pengumpan bola yang hebat. Selama 14 musim di NBA, Bogues rata-rata membuat 7,6 assist per game yang menakjubkan. Sebagai referensi, seorang pria seperti Kawhi Leonard memiliki rata-rata sekitar 6 untuk karirnya.  

 2. Earl Boykin

 Tinggi: 5'5" / 165,1 cm
Meskipun dia lebih tinggi dari Boykins 5 cm, tapi Boykin dianggap sebagai pemain NBA terkecil yang pernah ada. Beratnya hanya sekitar 59,85 kg di hari-harinya bermain. Dengan bobot tubuh seperti itu harus bertarung melawan para raksasa di NBA tentu bukan pekerjaan yang mudah.

Meskipun tubuhnya sedikit tidak pada tempatnya dalam permainan fisik seperti itu, Boykins adalah pemain terpendek dalam sejarah NBA yang pernah mencetak lebih dari 30 poin dalam sebuah permainan. 

3. Mel Hirsch


 

Tinggi: 5'6" / 167, 64 cm
Hirsch memegang gelar terhormat pemain bola basket pro terpendek yang pernah ada selama beberapa dekade sampai Muggsy Bogues datang untuk mengambil takhta, bersaing hanya untuk satu musim di Asosiasi Bola Basket Amerika.

Dia mungkin tidak mengumpulkan banyak statistik karier yang mengesankan, tetapi dia adalah pelopor penting dalam apa yang pada akhirnya akan menjadi NBA. 

4. Greg Grant

 


Tinggi: 5'7" /170,18 cm
Bermain  dengan bobot 63 kg, Grant sangat menonjol saat bermain di  Divisi III The College of New Jersey sebelum direkrut oleh Phoenix Suns.

Sebagai seseorang yang  bekerja harian, Grant melawan pemain hampir dua kali ukuran tubuhnya selama 9 tahun dan 6 tim NBA yang berbeda. Bukan karir yang buruk untuk salah satu orang "terkecil" di lapangan. 

5. Louis Herman “Merah” Klotz

Louis Herman “Red” Klotz - tengah

 

Tinggi: 5'7" / 170,18 cm
Red hanya bermain selama satu tahun di NBA — bukan pencapaian kecil untuk pria  di bawah 180 cm — tetapi apa yang dia lakukan setelah hari-hari kejayaanya-nya berakhir yang membuatnya patut diperhatikan.

Anda tahu tim-tim yang tujuan utamanya adalah bermain melawan (dan biasanya kalah) dengan Harlem Globetrotters? Mereka (dan lagi, setelah jeda singkat) disebut General Washington.Klotz adalah anggota pendiri General Washinngton yang bermain sampai dia berusia 68 tahun — bahkan menang sekali atau dua kali!

6. Wataru Misaka


 
Tinggi: 5'7" /170,18 cm
Wataru Misaka  menjadi pemain non-kulit putih pertama dan pemain Asia pertama di liga ketika direkrut oleh New York Nicks dalam draft 1947.

Misaka hanya bermain di beberapa pertandingan dan mencetak kurang dari 10 poin karir, tapi dia berhasil. Hanya beberapa tahun kemudian, pemain Afrika-Amerika pertama memulai debutnya di apa yang kemudian disebut Asosiasi Bola Basket Amerika.

7. Monte Towe

 


Tinggi: 5'7" /170,18 cm
Pemain dengan tinggi 170 cm lagi? Apa hebatnya?
Yah, Towe dengan tinggi di bawah 180 cm tidak hanya mengukir karir bertah9n-tahun sebagai point guard, pemain ini yang menemukan Alley-Oop!

Betul sekali. Bersama rekan setimnya David Thompson, Towe membuat langkah legendaris untuk menyiasati larangan "slam dunk"  pada masanya (Jadi slam dunk pernah diharamkan juga ya dalam olahraga basket).

Dia mungkin tidak memiliki banyak tinggi badan, tetapi dia cerdik.

8. Keith Russell "Mister" Jennings

 
Tinggi: 5'7" / 170,18 cm
Pelatih dan eksekutif liga meragukan kemampuan Jennings untuk bermain di level atas. Akibatnya, ia tidak direkrut dan terpaksa masuk NBA sebagai tanpa agen.

Dia mendapat kesempatan dengan Golden State Warriors, dan dia memanfaatkannya sebaik mungkin.

Meskipun karirnya hanya bertahan beberapa tahun, Jennings akan dikenang karena penampilannya yang luar biasa di salah satu penampilan terakhirnya di pertandingan: 23 poin dan 10 assist, sebuah statistik yang luar biasa untuk point guard dengan tinggi 170 cm yang tidak pernah masuk draft. 

9. Anthony Jerome “Spud” Webb

 


 
Tinggi: 5'7"  / 170,18 cm
Oh, Lebron James nge-dunk lagi? Keren sih. Tapi, Spud Webb memenangkan Kontes Slam Dunk NBA pada tahun 1986, dan tingginya hanya 170 an cm

Selama perjalanan karirnya di dunia basket, Spudd sudah berhasil menghasilkan 8.072 poin, 4.342 assist dan 1.742 rebound. Karena usianya yang tidak muda lagi kini Webb menjadi President Basketball Operations untuk Texas Legend.

10. Calvin Murphy

 


Tinggi: 5'9" /175,26 cm
Meskipun hanya mempunyai tinggi 175 cm, Calvin Murphy adalah binatang buas di lapangan.

Dia membuat rekor dengan persentase lemparan bebasnya, rata-rata hampir 18 poin per game dan bermain selama lebih dari satu dekade.

Bukan hanya "bagus untuk pria pendek," Murphy memainkan jalannya ke Basketball Hall of Fame - pemain terpendek yang pernah melakukannya.

11. Nate Robinson


 
Tinggi: 5'9" / 175,26
Robinson datang ke liga sebagai pilihan pertama dan memenuhi harapan yang dibebankan selama lebih dari satu dekade.

Karier NBA-nya yang panjang cukup mengesankan mengingat dia berdiri hampir 30 cm lebih pendek daripada banyak lawannya, tetapi yang lebih keren adalah bahwa Robinson mencari pelatihan slam dunk-nya secara pribadi dari sang mentor :  Spud Webb.

Pada tahun 2006, Robinson menjadi pemain kedua di bawah enam kaki yang memenangkan Kontes Slam Dunk NBA, dan sekarang menjadi juara tiga kali. 


12. Isaiah Thomas


 
Tinggi: 5'9" / 175,26
Pemain basket NBA terakhir yang memiliki tinggi badan di bawah rata – rata namun, memiliki kemampuan yang tidak tertandingi ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan tinggi badan 175 cm, Thomas memiliki prestasi yang cemerlang di dunia basket yaitu, salah satunya dengan menjadi NBA Rising Star pada tahun 2013 lalu. Meski tidak memiliki tubuh yang tinggi namun, aksi – aksinya mampu membahayakan pertahanan lawan.



Tidak ada komentar: