Orang Keenam - The Sixth Man

Olahraga / pertandingan bola basket memiliki lima orang yang bermain untuk sebuah tim pada satu momen permainan. Lima yang memulai permainan disebut starter. Saat pemain berlari naik turun di lapangan sepanjang 94 kaki, tidak butuh waktu lama bagi pemain untuk lelah.

Menjadi “lelah” bukan berarti mereka akan kelelahan, itu hanya berarti mereka turun 5% dari kemampuan performa puncak mereka di awal permainan. Gagasan orang keenam adalah bahwa pemain mereka masuk ke dalam permainan mungkin 6-8 menit ke dalam permainan dan berjalan dengan kecepatan penuh, menciptakan kekacauan, dan umumnya memberikan percikan. Itulah idenya. Sangat sulit untuk menemukan pria keenam yang baik. Mengapa? Karena, Anda menginginkan pemain terbaik Anda dalam permainan sebanyak mungkin. 

Mchale, Pemain yang menjadi legenda di Boston Celtic - dan sixth man

 

McHale mungkin adalah pemain terbaik ke-5 di Celtics selama tahun-tahun emas mereka di awal 1980-an ketika pemain seperti Larry Bird dan Robert Parish bermain untuk tim. Dengan kata lain, dia sebenarnya layak menjadi starter.

Tapi bukan itu cara Celtics menggunakannya. Pelatih K.C. Jones punya ide. Untuk mendapatkan lebih banyak dampak dari McHale, dia akan menahannya di kuarter pertama dan memasukkannya ke dalam permainan nanti. Ini tidak hanya membuat McHale tidak lelah sejak awal dan memungkinkan dia untuk memasuki permainan "segar" melawan pemain yang lelah, itu memungkinkan dia untuk mendapatkan gambaran permainan dari bangku cadangan.

Jadi, meskipun McHale secara umum memiliki menit ke-5 terbanyak untuk Celtics dalam setiap pertandingan, dia jarang menjadi starter. Taktik itu berhasil untuk Celtics dan tim lain mulai mengadopsinya. Sekarang sudah cukup rutin bagi sebuah tim untuk memiliki “pemula ke-6” yang mereka harapkan akan memainkan sebagian besar permainan tetapi tidak berada di lantai pada tipoff pembukaan.

Dan itu berhasil untuk McHale. Dia ada di Hall of Fame Bola Basket Pro dan Celtics telah memensiunkan nomornya. Dia tidak pernah bermain untuk tim lain.

Mungkin orang keenam yang paling terkenal dalam sejarah NBA baru-baru ini adalah pensiunan pemain San Antonio Spurs Manu Ginobili, tetapi orang keenam terkenal lainnya termasuk Tony Kukoc yang membuat pencapaiannya sendiri selama masa kejayaan Chicago Bulls. Jamal Crawford yang memenangkan beberapa penghargaan Sixth Man of the Year bermain dengan Atlanta Hawks dan Los Angeles Clippers. 

Manu Ginobili, mantan pebasket dari Argentina yang dikenal sebagai the sixth man saat masih di San Antonio Spurs

 Sejak musim 1982-1983 NBA telah memberikan pengharagaan bertajuk Sixth Man of The Year bagi sixth man dengan performa terbaik di liga dalam satu musim. Boby Jones adalah pemain pertama yang menerima penghargaan tersebut. Sementara Jamal Crawford menjadi pemain yang memperolehnya sebanyak 3 kali bersama Lou Williams.

Jadi bagaimana ? apakah sekarang anda sudah memahami dan mengerti apa itu Sixth Man? Peran tersebut sebenarnya bisa menjadi motivasi bagi kamu khususnya yang sering duduk dibbangku cadangan agar bekerja lebih keras lagi supaya mendapat kepercayaan dari pelatih, Siapa tahu kamu bisa menjadi sixth man di tim mu, bukankah itu selevel dengan Starter?

Tidak ada komentar: