Istilah Twin Tower Dalam Olahraga Bola Basket

Dalam bola basket pro, istilah twin tower atau "menara kembar" memunculkan gambar dua raksasa raksasa, biasanya dalam tinggi 2,1 meter, yang mendominasi olahraga dengan cara yang paling mendasar - keunggulan fisik semata. Olajuwon dan Sampson, bersama dengan Duncan dan Robinson, kemungkinan adalah contoh paling terkenal.

 


Tetapi ada juga beberapa kombinasi yang menghancurkan di mana meski kedua pemain mempunya tinggi di bawah 2,1 meter. Contoh terbaik adalah Rasheed dan Ben Wallace, yang membentuk tulang punggung pertahanan tim elit Detroit Piston pada pertengahan 2000-an.

Twin Tower menjadi salah satu problem yang sangat berbahaya dan mematikan bagi setiap lawan-lawannya, terutama di area sekitar ring. Hal tersebut wajar, pasalnya tidak semua tim memiliki seorang pemain bintang dengan ukuran tubuh diatas 7 kaki, apalagi jika jumlahnya dua. Untuk menaklukan twin tower biasanya seorang pemain harus menyerang dari jarak dekat, memanfaatkan ukuran tubuh yang kecil untuk menerobos kedua menara ini atau beradu fisik secara langsung ketimbang mengandalkan tembakan dari jarak jauh.

Tidak ada komentar: