Daftar Fakta Unik Bola Basket dan NBA

Bola basket memiliki sejarah yang sangat tua dan menarik. Didirikan pada akhir 1800-an, olahraga ini telah berkembang menjadi salah satu dari empat olahraga utama dan semakin populer di seluruh dunia. Bola basket memiliki sejarah yang dalam dan penuh dengan tradisi. Salah satu yang cukup populer adalah liga bola basket Amerika Utara, NBA Mari pelajari lebih lanjut tentang sejarah bola basket di NBA, pemain, dan beberapa fakta unik tentangnya. 




1. Pemain Tertinggi dan Terpendek di NBA

Pemain NBA tertinggi yang pernah ada adalah Manute Bol dengan tinggi 2,31 meter. Manute Bol adalah pemain NBA tertinggi yang pernah ada dengan ketinggian mengejutkan 7 kaki 7 inci. Bol bermain di NBA selama 10 musim dan dikenal karena kecakapan defensifnya dan kemampuannya untuk memblokir tembakan karena tingginya yang luar biasa. Seiring dengan tingginya yang luar biasa, Bol memiliki jangkauan lengan 2,58 Meter.


Pemain terpendek dalam sejarah NBA dan pemain tertinggi pernah berada di tim yang sama: Manute Bol, pemain tertinggi dalam sejarah NBA dpernah berada di tim yang sama dengan Muggsy Bouges, pemain terpendek dalam sejarah NBA dengan tinggi 160 cm. Kedua pemain bermain untuk Washington Bullets selama musim 1987-1988.

2. Gaji pemain NBA tertinggi

Gaji rata-rata pemain NBA adalah 7,7 juta dolar: Gaji rata-rata di NBA adalah $7,7 juta. Stephen Curry, pemain Golden State Warriors, mendapat bayaran paling banyak tahun lalu dengan gaji $40,2 juta. Gaji rata-rata pemain NBA telah meningkat secara konsisten baru-baru ini, dan diperkirakan akan meningkat seiring berjalannya waktu.

3. Pemain basket di NBA dengan 9 Jari

Ada seorang atlet di NBA bernama Gerald Green yang hanya memiliki sembilan jari: Gerald Green, pemain Houston Rockets, lahir dengan sepuluh jari tetapi mengalami kecelakaan ketika dia masih muda yang menyebabkan dia kehilangan salah satunya. Ketika Green berusia 11 tahun, dia mencelupkan ke keranjang darurat bersama saudara-saudaranya dan cincinnya tersangkut di jaring dan menyebabkan jarinya diamputasi. Green telah berada di NBA selama bertahun-tahun menikmati karir yang sukses.


4. Pemimpin Skor NBA

a. Pencetak Skor NBA Sepanjang Masa

Pemimpin skor NBA sepanjang masa adalah Kareem Abdul-Jabbar: Abdul-Jabbar adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa NBA dengan total 38.387 poin yang menakjubkan yang dicetak sepanjang karirnya. Abdul-Jabbar berada di NBA selama 20 tahun, pertama memulai karirnya dengan Milwaukee Bucks selama enam tahun dan kemudian diperdagangkan ke Los Angeles Lakers selama 14 tahun lagi. Abdul-Jabbar adalah pemain All-Star dalam 19 dari 20 tahun usianya.

b. Pemimpin Rata-Rata Skor Per Pertandingan

Michael Jordan adalah pemimpin NBA sepanjang masa dalam poin per game: Michael Jordan adalah pemimpin NBA sepanjang masa dalam poin per game, nyaris mengalahkan Wilt Chamberlain dengan 30,12 poin per game dibandingkan dengan 30,07 poin per game untuk Chamberlain. Jordan memiliki karir termasyhur dengan memenangkan enam kejuaraan, yang semuanya bersama Chicago Bulls. Jordan juga dianggap oleh banyak orang, meskipun banyak diperdebatkan, sebagai pemain NBA terhebat sepanjang masa.

c. Pemain dengan Pencetak Angka Terbanyak Dalam 1 Pertandingan

Wilt Chamberlain mencetak rekor poin dalam satu pertandingan: Wilt Chamberlain mencetak 100 poin dalam satu pertandingan pada 2 Maret 1962 melawan New York Knicks. Rekor telah berdiri ssejak tanggal itu dengan poin terdekat berikutnya adalah 82 poin dalam satu pertandingan oleh Kobe Bryant pada 2006 melawan Toronto Raptors. Chamberlain kemudian musim itu membuat rekor poin terbanyak per game dalam satu musim dengan lebih dari 50.

d. Pencetak Skor NBA Tertinggi Untuk Pemain Yang Masih Aktif (Tahun 2022)

Lebron James saat ini adalah pemimpin di antara pemain aktif dalam total poin: Lebron James memulai karirnya pada tahun 2003 untuk Cleveland Cavaliers dan sejak itu telah menjadi pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah NBA dan sejauh ini pencetak gol terbanyak di antara pemain aktif. 

James memiliki total 36.414 poin yang dicetak dalam karirnya hanya lebih dari 2.000 poin di belakang Kareem Abdul-Jabbar dan hanya kurang dari  sekitar 500  poin dari Karl Malone yang merupakan pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah NBA (Per January 2022)


5. Pemain NBA Boros?

Ternyata 60% pemain NBA bangkrut dalam waktu 5 tahun setelah pensiun dari liga: Meskipun pemain NBA menghasilkan banyak uang, mereka sering kali tidak mengetahui cara yang benar untuk menggunakan uang itu sehingga mereka akhirnya bangkrut. Data ini didasarkan pada studi yang dilakukan oleh Sports Illustrated pada tahun 2009 tetapi sebagian besar tetap benar hari ini.



6. Pemain NBA Yang Butuh Orang Tua Untuk Tanda tangan kontrak

Seorang pemain pernah direkrut begitu muda sehingga orang tuanya ikut menandatangani kontrak pertamanya. Namanya,  Kobe Bryant. Almarmuh Kobe Bryant direkrut langsung dari sekolah menengah, sebelum NBA membuat aturan yang memaksa pemain yang mengikuti draft harus setidaknya telah keluar dari SMA 1 tahun sebelumnya.  Bryant pada saat itu belum berusia 18 tahun sehingga dia dianggap di bawah umur di Amerika Serikat dan karena itu tidak dapat menandatangani kontrak pertamanya sendiri. Oleh karena itu, orang tuanya harus menyetujui kontrak juga dan ikut menandatanganinya.

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved