Illegal Use Of Hands ? Apa Itu Penggunaan Tangan Secara Ilegal dalam Bola Basket?

 Apa Penggunaan Tangan Secara Ilegal dalam Bola Basket?

Dalam pertandingan sering sekali kita lebih mendengar putusan wasit dengan kata illegal use of hands daripada penyalahgunaan tangan  atau gerakan tangan ilegal dalam bola basket.


 


Penggunaan tangan secara ilegal dalam bola basket adalah jenis pelanggaran Foul.  Hal ini mengacu pada saat seorang pemain menampar atau melakukan pelanggaran dengan tangan mereka terhadap pemain lawan. Hal ini dapat terjadi pada pelanggaran jika pemain yang memegang bola menggunakan tangan bebas mereka untuk mendorong pemain bertahan atau pada pertahanan jika mereka mencoba untuk menghentikan pemain penyerang dari menembak, mengoper, atau menggiring bola.

Apa yang Dianggap sebagai Penggunaan Tangan Secara Ilegal?


Bola basket seharusnya menjadi olahraga non-kontak rendah, karena tidak ada pemain yang boleh menyentuh pemain lain di lapangan dengan cara yang disengaja atau berbahaya. Jadi, ketika seorang pemain menggunakan tangannya untuk menghentikan permainan atau bergerak ke arah keranjang dan melewati pemain bertahan, disebut pelanggaran. 

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan tangan secara ilegal:

  1. Ketika seorang bek menempatkan kedua tangan pada pemain ofensifSaat pemain bertahan menampar atau memukul lengan pemain yang menyerang, terutama saat menembak
  2. Ketika seorang pemain ofensif menggunakan lengan mereka untuk mendorong pemain bertahan dan membuat lebih banyak ruang
  3. Saat pemain bertahan menahan pemain penyerang dan mencegahnya bergerak


Setiap situasi yang terjadi akan meminta wasit untuk meniup peluit dan menyebut pelanggaran pribadi pada pelaku. Mereka bisa sulit untuk dihindari, bagaimanapun, karena tangan pemain terus bekerja untuk mencegah pemain lawan yang menyerang untuk mencetak gol atau melewati pemain bertahan dan mencetak 2 poin atau lebih.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved