Isyarat / Gerak Tangan Dari Wasit Saat Pertandingan Bola Basket dan Artinya Masing - Masing

Untuk Anda semua yang memiliki hasrat untuk bola basket dan selalu bertanya-tanya apa arti beberapa isyarat tangan wasit dalam permainan atau ingin memoles pengetahuan bola basket Anda, ini dia! Berikut ini kami telah susun daftar isyarat tangan wasit basket dengan definisi dan gambar singkat untuk Anda. 
Sebelum dilanjutkan, isyarat-isyarat ini sebagian besar bisa digunakan untuk NBA, dan FIBA, namun ada beberapa perbedaaa, misal pada pada isyarat pelanggaran 3 detik.  Yang ditampilkan di sini lebih condong ke isyarat wasit di NBA.

1.  Isyarat Manajemen Waktu

Isyarat tangan bola basket untuk pengatur pertandingan ini digunakan untuk berkomunikasi antara wasit dan pencatat waktu untuk memberi tahu mulai dan berhentinya jam.

Stop Clock 

Untuk menghentikan jam pertandingan  pada titik mana pun dalam permainan, wasit akan mengangkat satu tangan lurus ke atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke luar dan ujung jari menunjuk. 

 

 

 

 

 

 

 

Start Clock

Jam pertandingan mulai dijalankan.  Dimulai dengan satu tangan terangkat di atas kepala, permulaan jam ditunjukkan dengan menjatuhkan tangan yang terangkat langsung ke lantai.  

 

.


 

 

Full Time Out


Ketika seorang ofisial ingin memberi tanda untuk full timeout, hal itu ditunjukkan dengan dua tangan yang direntangkan ke samping membentuk bentuk “T”





30 Detik Time Out


Timeout Tiga Puluh Detik – Untuk menunjukkan timeout tiga puluh detik telah dipanggil oleh salah satu tim, wasit akan mengambil kedua tangan dan meletakkannya di atas bahunya dengan siku keluar.






Jump Ball


 

Jump Ball – Ketika kedua pemain memiliki kontrol atas bola pada saat yang sama, hal itu ditunjukkan dengan kedua ibu jari menunjuk ke atas dengan tangan terentang.

 

 

 

 Pergantian Pemain

 

Jika pemain pengganti ingin memasuki permainan, itu ditunjukkan dengan satu tangan menghadap pencatat waktu, diangkat dengan cara “berhenti”, dan tangan lainnya melambai pemain pengganti ke dalam permainan. 

 

 

 

 

 

 

 2. Isyarat Tangan Pelanggaran (Foul)

 Ketika seorang pemain melakukan pelanggaran pribadi, wasit akan memberikan sinyal khusus untuk menunjukkan jenis pelanggaran dan pemain mana yang telah melakukan pelanggaran. 

Pelanggaran Kontrol Pemain (Dakwaan) 


 Satu tangan di bagian belakang kepala dan tangan lainnya menunjuk ke arah yang berlawanan dari permainan menunjukkan bahwa dakwaan telah dilakukan.






Hand Check 


 

Ketika seorang pemain melakukan hand check foul, itu ditandai dengan memiliki satu tangan direntangkan di depan dada dengan jari-jari ke atas, dan lengan lainnya memegang pergelangan tangan. 

Hand-checking dalam bola basket adalah pelanggaran pribadi yang menggambarkan kontak ilegal oleh pemain bertahan yang menggunakan tangan mereka untuk menghalangi pergerakan lawan yang menguasai bola.

 

 

 

Block

 

Jika pemain bertahan melakukan pelanggaran  block, wasit akan mengepalkan kedua tangannya, menyentuh pinggulnya, dan sikunya menempel erat di tubuhnya.

 

 

 

 

 Holding 


Isyarat atau sinyal dari wasit untuk pelanggaran holding dibuat dengan mengulurkan satu tangan ke atas di depan wajah, dan tangan lainnya memegang pergelangan tangan. 

Dalam bola basket, memegang adalah jenis pelanggaran pribadi yang dilakukan oleh pemain bertahan. Pelanggaran memegang disebut ketika seorang pemain meraih atau menahan lawannya dengan cara yang menghentikannya dari bergerak bebas di lapangan.  



Pushing


 

Untuk memberi isyarat melakukan push foul atau pelanggaran mendorong, wasit akan menjulurkan kedua tangannya lurus ke depan, dengan telapak tangan menghadap ke luar.



Pelanggaran yang Disengaja / Intentional Foul

 

Ketika seorang pemain melakukan pelanggaran yang disengaja, wasit akan meletakkan kedua tangannya di atas kepalanya dan menyilangkannya.





Pelanggaran Teknis / Technical Foul

Untuk menandakan telah terjadi technical foul taua pelanggaran teknis, wasit akan meletakkan kedua tangannya di depan dan membentuk huruf “T”. 






 

Pelanggaran Ganda


Jika dua pemain melakukan pelanggaran pada saat yang sama, wasit akan mengepalkan kedua tangan, menjulur ke samping. 






Penggunaan Tangan Ilegal

 

Pelanggaran penggunaan tangan secara ilegal ditandai oleh wasita  yang meletakkan kedua tangannya di depannya, setinggi pinggang, dan memegang salah satu pergelangan tangannya dengan tangan yang lain. 

Arti dari Penggunaan tangan secara ilegal (Illegal hand) dalam bola basket mengacu pada saat seorang pemain menampar atau melakukan pelanggaran dengan tangan mereka terhadap pemain lawan.




 

 

3. Isyarat Tangan Pelanggaran Bola Basket (Violation)

Berbeda dengan pelanggaran sebelumnya yang disebvut "FOUL", pelanggaran kali ini adalah "VIOLATION". Pelanggaran / violation adalah aturan yang dilanggar, tetapi tidak mengakibatkan pemain melakukan pelanggaran pribadi. Akibat dari pelanggaran ini tim lain diberikan penguasaan bola.

Travelling

 Ketika seorang pemain telah melakukan pelanggaran travelling, wasit akan memberi isyarat dengan meletakkan kedua tangannya di depannya dan menggerakkannya dalam lingkaran. 

BACA JUGA :  Aturan Travelling Dalam Pertandingan Bola Basket, Contoh dan Akibatnya

 

 

 

Carrying or Palming

 Untuk menandakan pelanggaran palming atau carry, wasit akan memiliki satu tangan di samping, dibalik dari telapak tangan ke atas ke telapak tangan ke bawah.

Carry atau palming dalam bola basket adalah pelanggaran di mana seorang pemain "membawa" bola atau membiarkan tangannya masuk ke bawah bola saat menggiring bola. 





Double Dribble

Wasit akan memberi isyarat bahwa pelanggaran dribble ganda telah dilakukan dengan meletakkan kedua tangannya di depan dia, dengan telapak tangan ke bawah, dan bergantian ke atas dan ke bawah, seolah-olah menggiring bola basket. 

Untuk info lebih lengkap tentang double dribble cek >> Double Dribble Bola Basket

 

 

 Pelanggaran Tiga Detik

Ofisial akan menunjukkan bahwa seorang pemain telah melakukan pelanggaran tiga detik dengan mengangkat tiga jari, dan tangan membuat gerakan menggesek maju mundur di samping. 

Info lebih lanjut tentang violation 3 second >> 3 seconds Violation / Pelanggaran 3 Detik Dalam Pertandingan Bola Basket





Pelanggaran 5 detik

Untuk memberi tanda pelanggaran lima detik, ofisial akan mengangkat lima jari dengan tangan diluruskan ke atas.

Lebih lanjut untuk 5 second violation / pelanggaran ini  >> Arti Aturan 5 Detik dalam Pertandingan Bola Basket - 5 Second Rules




 

Delapan detik / Sepuluh Detik


Pelanggaran sepuluh detik ditunjukkan ketika wasit mengangkat sepuluh jari dengan kedua tangan direntangkan ke atas. 



NAMUN SAAT INI I ATURANNYA di FIBA dan NBA  SUDAH MENJADI 8 DETIK, ISYARATNYA MIRIP HANYA SAJA, SALAH SATU TANGAN HANYA MENUNJUK 3 JARI SAJA.

 

Cek jenis pelangaran  / 10 sec violation >>> Time Line : Pelanggaran 8 Detik / 10 Detik ( Violation 10 Seconds / 8 Seconds)



Menendang Bola

Ketika seorang pemain menendang bola, wasit akan mengangkat satu kaki ke depan.






© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved