Rebound Dalam Bola Basket

ring-basket.com -- Dalam bola basket, istilah rebound adalah ketika tembakan tidak masuk net dan memantul dari rim atau backboard, ke tangan pemain di bawahnya. Baik pemain ofensif maupun defensif dapat memantulkan bola dan memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya berdasarkan situasi yang mereka hadapi. Saat menyerang, seorang pemain dapat mengoper atau menembak, sedangkan pada pertahanan pemain dapat mengoper atau menggiring bola.




Papan Pantul Basket (Basketball backboard)

 

Backboard adalah bagian dari peralatan yang melekat pada ring, rim, dan net. Terbuat dari bahan yang keras. Dalam pertandingan resmi menggunakan material tempered glass 12 mm berukuran 105x180 cm dan memiliki persegi panjang di tengahnya yaitu  60x 45 cm. Papan pantul digunakan oleh pemain untuk melihat sasaran tembakan, terutama kotak persegi di tengah papan. 

Sering jika mengenai kotak itu itu, maka tembakan Anda akan masuk, namun kadang memantul,yang disebut rebound.


Arti Rebound Dalam Bola Basket Untuk kedua Tim di Lapangan

Gerakan rebound dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Ofensif rebound
  2. Defensif rebound

Rebound Ofensif Dalam Bola Basket

Sebuah rebound ofensif adalah rebound ditangkap oleh pemain ofensif di tim yang sama yang menembak bola. Disebut rebound ofensif karena tim yang menembak dan memantulkan bola sedang melakukan pelanggaran. Seorang pemain ofensif dapat mengoper, menembak, atau menggiring bola setelah rebound ofensif. Sebagian besar waktu seorang rebounder ofensif akan menembak bola kembali ke ring dengan segera atau mengopernya ke luar busur.

Persentase Rebound ofensif

Jika tim Anda memiliki persentase rebound ofensif yang tinggi, ini menunjukkan bahwa tim Anda mampu memulihkan rebound dan memainkan pelanggaran efektif rendah. Memiliki persentase rebound ofensif yang rendah berkorelasi dengan persentase turnover yang tinggi. Memiliki persentase turnover yang tinggi buruk bagi tim karena menunjukkan bahwa mereka ceroboh dengan bola dan sering menyerah.

Rebound Defensif Dalam Bola Basket

Sebuah rebound defensif adalah rebound ditangkap oleh pemain defensif di tim lain. Disebut rebound defensif karena tim yang bertahan melakukan rebound bola. Pemain bertahan bisa menggiring bola ke frontcourt atau mengoper setelah rebound tergantung pada berapa banyak pemain lawan yang ada di sekitar mereka.

Persentase Rebound Defensif

Jika tim Anda memiliki persentase rebound defensif yang tinggi, ini menunjukkan bahwa tim Anda mampu memulihkan rebound dan memainkan pertahanan yang efektif. Memiliki persentase rebound defensif yang rendah biasanya berkorelasi dengan skor yang lebih tinggi untuk tim lain dalam permainan. Jika tim Anda tidak mendapatkan rebound, maka mereka mengizinkan poin untuk dicetak.


Boxing Out

Boxing Out adalah strategi yang digunakan oleh pemain di kedua tim untuk meningkatkan peluang mendapatkan rebound. Saat pemain keluar kotak, mereka berdiri di dekat ring dan menghadapinya sambil memblokir pemain di tim lawan. Boxing out adalah tentang memastikan Anda mendapatkan rebound jika memantul dari papan. Pemain yang bertugas harus menyandarkan berat badannya pada pemain di belakangnya untuk menghalangi jalannya menuju bola. Kemudian, ketika bola mengenai busurnya di udara, mereka harus melompat sekuat mungkin dan mengulurkan tangan sejauh mungkin untuk mencoba merebut bola.

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved