PANDUAN MEMILIH PAPAN PANTUL BASKET

ring-basket.com -- Begitu banyak papan basket! Tidak punya cukup waktu atau malah bingung memilihnya? Bagaimana Anda tahu papan basket mana yang tepat untuk Anda?

Pertama-tama – ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Usia pemain basket (akan mempengaruhi ukuran papan pantul dan apakah Anda memerlukan papan yang dapat disesuaikan ketinggiannya)
  2. Jenis kompetisi (dan apakah Anda membutuhkan papan yang memiliki kapasitas rebound superior dan daya tahan ekstra)
  3. Lingkungan eksternal (pertimbangkan cuaca di mana papan akan terkena karena Anda mungkin memerlukan perlindungan air, angin, atau matahari tambahan)
  4. Anggaran biaya (seperti kebanyakan produk – Anda harus menyeimbangkan perdebatan antara harga dan kualitas)


Jenis Papan Pantul Basket Berdasarkan Ukuran


Papan pantul basket ukuran penuh / standar


 

Ukuran papan pantul basket standar sesuai FIBA adalah 105x180 cm.  Papan ukuran penuh lebih cocok untuk kompetisi senior. Mereka paling cocok untuk sekolah menengah, gedung olahraga (GOR) dan stadion. Pilih antara fiberglass, akrilik, dan kaca temper sesuai dengan anggaran, kondisi lingkungan, dan penggunaan Anda.

Papan pantul basket setengah ukuran

Ukuran papan pantul basket ini sekitar 55x90 cm. Papan setengah ukuran sempurna untuk pemain amatir. Mereka ringan dan mudah dipasang. Sempurna untuk anak-anak sekolah dasar, atau halaman belakang di rumah.

Papan pantul basket ukuran tiga perempat

Ukuran 3/4 ini berarti kira kira 80x130 cm atau 80x 135 cm. Papan basket ukuran tiga perempat adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin meningkatkan dari papan setengah berukuran lebih kecil, tetapi tidak ingin ukuran dan berat yang datang dengan papan ukuran penuh. Sempurna untuk dipasang di  halaman rumah atau sekolah karena ini adalah cocok untuk semua umur.

Papan pantul basket berdasarkan material

Papan pantul basket tidak semuanya sama. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan.

Papan pantul Tempered glass

Tempered glass digunakan di sebagian besar kompetisi internasional karena biasanya kualitas tertinggi di pasar dan menciptakan efek rebound terbaik sifatnya yang kaku. Sebuah papan kaca sangat keras dan karena itu akan menahan goresan. Ini adalah keunggulan utama dibandingkan jenis papan belakang lainnya yang dapat mulai terlihat lecet setelah digunakan dalam waktu tertentu. Papan kaca akan tetap bening selama masa pakai sistem bola basket, oleh karena itu menjadikannya investasi yang bagus.

Umumnya papan pantul tempered glass dibuat untuk ukuran 105 x 180 cm (ukuran penuh) dengan ketebalan 12 mm s/d 12,5 mm. Namun ring-basket.com bisa menyediakan papan pantul tempered glass untuk ukuran tiga perempat dengan ketebalan 10 mm.

BACA JUGA :

Papan Pantul Basket Tempered Glass

 

Papan pantul basket fiberglass

Jika Anda membutuhkan rebound superior pada papan non-kaca, maka papan fiberglass adalah pilihan pertama Anda. Backboard fiberglass memberikan tampilan dan nuansa yang mirip dengan backboard kaca dengan harga yang lebih ekonomis.
Papan fiberglass adalah pilihan sempurna untuk permainan rekreasi. Ini tahan air dan karat, menjadikannya pilihan yang baik untuk penggunaan di luar ruangan.

BACA JUGA : 

Papan Pantul Basket - Fiberglass 1050x1800 mm



Papan pantul basket kayu

Papan kayu berkualitas jelas merupakan pilihan terbaik jika Anda menginginkan sesuatu yang mendasar. Sangat cocok untuk penggunaan halaman belakang dan pemain basket amatir. Ingatlah bahwa jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih tahan lama – yang terbaik adalah meningkatkan ke papan fiberglass atau ke tempered glass.
Namun, ini adalah pilihan yang sempurna jika Anda anggaran terbatas dan hanya membutuhkan papan kayu berkualitas yang akan menyelesaikan pekerjaan.


Papan Akrilik

Papan akrilik dikenal karena kekokohannya. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang mencari sesuatu yang ekonomis serta tahan lama. Namun, mereka tidak disukai untuk kompetisi yang lebih profesional karena tidak memantulkan bola dan kaca. Akrilik juga dapat tergores sepanjang masa pakainya dan tidak tahan lama seperti tempered glass.

Papan pantul basket akrilik di pasaran ada yang dijual dengan tebal 6 mm. Terlalu tipis. Untuk pantulan yang lebih baik, tebal akrilik minimal 15 mm. Tebal 10 s/d 12 mm cukup beresiko. 

Di sisi lain, harga papan pantul akrilik tebal 15 mm bersaing dengan harga tempered glass, bahkan akrilik tebal 20 mm dengan pantulan yang menyamai pantulan tempered glass, harganya 30 persen jauh lebih mahal. 

 BACA JUGA :

Papan Pantul Basket - Acrylic / Akrilik Tebal 20 mm

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved