10 Persiapan Menjelang Pertandingan Bola Basket

Olahraga bola basket adalah permainan yang menuntut Anda untuk tidak hanya siap secara fisik tetapi juga siap secara mental. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlatih teknik dan fundamental, tetapi jika Anda tidak mempersiapkan diri untuk bersaing dari semua sudut, Anda akan kesulitan untuk menjadi sukses.

Salah satunya adalah persiapan. Persiapan yang tepat merupakan kunci sukses dalam segala jenis kompetisi. Sebagai pebasket, Anda harus menghabiskan banyak waktu berlatih bersama tim untuk menyiapkan diri menghadapi pertandingan. Namun, mungkin Anda juga ingin tahu apa yang bisa dilakukan untuk menyiapkan diri sendiri.

Artikel berikut akan menjabarkan beberapa tip dan trik bermanfaat yang bisa dicoba untuk menyiapkan diri menghadapi suatu pertandingan.

10 Persiapan Diri Menjelang Pertandingan Bola Basket


1. Tidurlah selama setidaknya 8 jam pada malam sebelumnya.

Anda memerlukan istirahat semalam penuh agar bisa mengeluarkan performa terbaik. Waktunya juga jangan berlebihan. Karena itu atur alarm untuk berbunyi di pagi hari. Supaya mudah tidur beberapa tips berikut :
Matikan perangkat elektronik (misalnya ponsel, televisi, atau komputer) setidaknya setengah jam sebelum pergi tidur.
Apabila ada ujian atau tugas penting di sekolah, mulailah belajar atau mengerjakannya pada awal minggu agar Anda tidak harus bergadang sampai larut malam sebelum pertandingan.
Apabila Anda mempunyai tugas atau tanggung jawab lain di rumah, selesaikan lebih awal sehingga Anda bisa tidur tepat waktu.

2. Siapkan tas untuk keperluan bola basket di malam sebelumnya.

Persiapan ini, agar jangan ada barang kebutuhan yang ketinggalan. Sebelum pergi tidur, kumpulkan dan kemasi segala hal yang diperlukan untuk pertandingan esok. Kemasi seragam tim, alat pemanasan, kaus kaki, dan sepatu. Masukkan juga pakaian dalam, alat penyangga, dan bantalan pelindung yang mungkin diperlukan dalam pertandingan. Begitu juga dengan botol air dan camilan atau minuman olahraga untuk dinikmati sesudah pertandingan.



3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat 2 jam sebelum bertanding.


 

Olahraga bola basket memerlukan banyak energi, yang bisa didapatkan dari karbohidrat. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat sebelum pertandingan (misalnya pasta bersama saus). Pastikan makan 2 jam sebelum pertandingan sehingga tubuh akan memiliki waktu yang cukup untuk mencernanya.
Selain itu, Hindari gula rafinasi dan makanan olahan yang berat karena banyak mengandung kalori dan lemak yang tidak sehat, dan hanya menyedhakan sedikit nutrisi.

4. Minumlah banyak air putih sebelum dan selama pertandingan.

Agar bisa tampil prima, atlet harus selalu terhidrasi. Selama pertandingan, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, yang mengurangi jumlah cairan dalam tubuh dengan cepat. 


Minum air putih secara konsisten pada siang dan malam sebelum pertandingan, dan di siang hari menjelang pertandingan.


Kebutuhan air minum menurut aturan umum adalah membagi berat badan menjadi dua dan meminum minimal 30 ml air putih untuk setiap 0,5 kg berat badan setiap hari. misal berat badan 70 kg, dibagi 2 menjadi 35 kg, lalu kalikan 30 ml, maka jumlah air yang harus dikonsumsi per hari adalah 1,15 liter.
Selama latihan atau pertandingan, cobalah meminum 200-300 ml air putih untuk setiap 10 hingga 20 menit permainan aktif.

5. Tiba di lokasi pertandingan minimal 45 menit sebelum permainan dimulai

Tiba lebih cepat akan mempunyai keuntungan, karena ada waktu untuk berganti pakaian dan melakukan pemanasan.   Selain itu datang lebih awal, Anda akan memiliki banyak waktu untuk berganti pakaian dan menghadiri pertemuan tim dan membahas rancangan permainan bersama pelatih dan tim.

6. Jernihkan pikiran dengan menarik napas dalam-dalam.

Persiapan mental juga memiliki peran yang penting seperti halnya persiapan fisik. Sebelum pertandingan, usahakan untuk rileks dan menghilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran dari benak. Jika pikiran tenang, ketegangan pada tubuh akan berkurang. Berfokuslah pada tugas yang harus dikerjakan dan visualisasikan kemenangan.Bisa juga melakukan meditasuntuk menghilangkan stres atau pikiran negatif. Sebelum pertandingan, carilah tempat yang tenang untuk duduk. Pejamkan mata dan berfokuslah untuk menarik dan mengeluarkan napas selama 10-20 menit. Ketika ada sesuatu yang muncul di kepala, terimalah dan biarkan pikiran tersebut berlalu.


7. Ingatkan diri sendiri bahwa merasa gugup adalah hal yang wajar.

Kegugupan hanyalah suatu upaya untuk mengantisipasi pertandingan yang menyenangkan. Lagi pula, apabila Anda tidak merasa gugup atau bersemangat untuk bertanding, berarti Anda tidak peduli. Jangan terlalu memikirkan pertandingan yang akan Anda jalani dan hilangkan perasaan takut terhadap kegagalan.

Jangan takut melakukan kegagalan ketika menembak bola atau bermain cantik karena pebasket NBA pun juga melakukan kesalahan.  Apabila merasa gugup di malam sebelum pertandingan, cobalah mengalihkan perhatian dengan menonton film atau membaca buku yang menarik.

8. Mendengarkan musik yang riang.


 Musik bisa membangkitkan semangat untuk menghadapi pertandingan. Gunakan waktu jeda yang Anda miliki sesudah Anda tiba dan sebelum melakukan pemanasan untuk memutar lagu yang bisa membangkitkan semangat. Carilah tempat yang nyaman untuk berdiri atau duduk, pasang headphone di telinga, besarkan volumenya, dan masuklah ke "zona nyaman" Anda.

9. Pemanasan  dengan berjoging dan melakukan peregangan.

Pemanasan sebelum pertandingan akan memompa darah dan membantu mencegah cedera. Carilah tempat yang nyaman untuk melakukan joging dan peregangan di ruang latihan stadion atau lorong ruang ganti. Berjoginglah selama 5-10 menit secara lambat sekadar untuk mengeluarkan sedikit keringat, kemudian lakukan peregangan setelah otot mengendur karena joging. Pemanasan ini bisa dilakukan bersama tim atau secara individu.

10.Lakukan latihan menembak dan menggiring bola di lapangan.


 Rutinitas latihan sebelum pertandingan berguna untuk membiasakan diri dengan permainan. Mulailah melakukannya di dekat ring basket (keranjang) dan lakukan beberapa tembakan untuk merasakan ring basket dan papan di belakangnya. Setelah itu, berlatihlah dalam jarak yang lebih jauh untuk membuat tembakan bola dari sana. Lakukan gerakan menggiring bola untuk merasakan permainan.

Pelatih dan asistennya mungkin telah terbiasa melakukan rutinitas sebelum pertandingan yang harus dilakukan oleh semua pemain. Dengarkan petunjuk yang diberikan untuk menjalani rutinitas ini.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved