Sejarah FIBA Sebagai Federasi Bola Basket Internasional

Mungkin banyak yang mengira ketika menyebut kepanjangan dari FIBA, A di bagian belakang adalah Association. Padahal di bagian depan sudah ada kata federasi. 

Sebenarnya  selain bahasa Inggris, Federasi Bola Basket Internasional, lebih dikenal dengan FIBA  merupakan akronim dari bahasa  (Fédération Internationale de Basketball), yaitu asosiasi organisasi nasional yang mengatur kompetisi internasional dalam bola basket.

Asosiasi olahraga bola basket Internasional ini didirikan di Jenewa pada 18 Juni 1932, dua tahun setelah olahraga ini secara resmi diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC). Nama aslinya adalah Fédération Internationale de Basketball Amateur.

Jadi terjawab sudah ya, saat baru didirikan, huruf "A" dari singkatan FIBA itu adalah Amateur.  Jadi awalanya adalah Federasi Bola Basket Internasional Amatir. 

Federasi olahraga bola basket amatir internasional ini diinisiasi oleh  8 negara, antara lain: 

  1. Argentina
  2. Cekoslowakia
  3. Yunani
  4. Italia
  5. Latvia
  6. Portugal
  7. Rumania
  8. Swiss

Pada Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin, FIBA ​​menunjuk James Naismith (1861-1939), pendiri bola basket, sebagai Presiden Kehormatan.

FIBA telah menyelenggarakan Piala Dunia Bola Basket FIBA sejak 1950 dan Piala Dunia Bola Basket Wanita FIBA sejak 1953. Kedua acara tersebut sekarang diadakan setiap empat tahun, bergantian dengan Olimpiade.

Pada tahun 1989 FIBA membuka pintu untuk partisipasi Olimpiade oleh para profesional seperti pemain dari NBA di Amerika Serikat. Pada titik ini, Fédération Internationale de Basketball Amateur menjadi Fédération Internationale de Basketball, tetapi mempertahankan FIBA sebagai singkatannya.

BACA JUGA : 
Sejarah IBL dan Daftar Juara Sejak Pertama Kali Digelar

Markas besar Federasi pindah ke Munich pada tahun 1956 dan kembali ke Jenewa pada tahun 2002.

Untuk merayakan hari jadinya yang ke-81, House of Basketball diresmikan pada 18 Juni 2013 di Mies, di pinggiran Jenewa. Ini menandai momen bersejarah dan tonggak penting dalam kehidupan badan pengatur bola basket dunia.

Naismith Arena adalah area pameran dan acara seluas 1.000 meter persegi yang didedikasikan untuk pecinta bola basket dari segala usia yang bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya olahraga. Ini memamerkan banyak koleksi benda basket, buku dan seni dan merupakan tempat untuk menghormati dan mengingat mereka yang membuat permainan (Hall of Fame).

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved