Olahraga Bowling : Sejarah, Pengertian, Peraturan, Teknik, Peralatan, Dan Manfaat

Olahraga bowling merupakan olahraga yang dimainkan menggunakan tangan dilakukan dengan teknik tertentu dan menggunakan lapangan area tertentu dalam pelaksanaannya. Banyak orang yang main bowling, baik untuk rekreasi, sosial, maupun olahraga. Di kota besar pun udah mulai banyak tempat yang menyediakan fasilitas bowling buat kamu yang ingin bermain bersama teman-teman atau sendiri.

Daftar Isi Artikel Olahraga Bowling :

  1. Sejarah Olahraga Bowling
  2. Pengertian Olahraga Bowling
  3. Peraturan Olahraga Bowling
  4. Teknik Olahraga Bowling
  5. Peralatan Olahraga Bowling
  6. Manfaat Olahraga Bowling

Sejarah Bowling

Bowling pertama kali dimainkan di Amerika. Diawal kemunculannya, permainan ini juga memiliki pasang surut. Di Amerika olahraga bowling dipopulerkan oleh orang-orang Belanda yang datang kesana sekitar tahun 1600. Sebel

Bowling merupakan salah satu olahraga yang paling tua di dunia. Seorang antropolog Inggris, yang bernama Sir Flinders Petrie, pada sekitar tahun 1930, ia menemukan koleksi benda di kuburan anak di Mesir yang menurutnya digunakan untuk bermain bowling. Jika dia benar, maka bowling melacak leluhurnya hingga 3200 SM.

Sementara itu, seorang sejarawan Jerman, William Pehle, menegaskan bahwa bowling dimulai di negaranya sekitar 300 Masehi. Ada beberapa bukti substansial bahwa bentuk bowling sedang populer di Inggris pada tahun 1366, ketika Raja Edward III diduga melarangnya untuk menjaga pasukannya tetap fokus pada praktik memanah. Dan hampir dapat dipastikan bahwa bowling populer pada masa pemerintahan Raja Henry VIII.

Tidak tahu secara pasti kapan dan dimana olahraga bowling mulai berkembang. Namun, pada awal tahun 1800, bowling menjadi salah satu permainan yang umum di beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Mulai abad ke 19, kaum wanita baru mulai ikut main bowling di Amerika Serikat, bahkan pada tahun 1917 lahirlah kongres bowling untuk wanita.

Pada akhirnya, mulai tahun 1960, olahraga bowling mulai masuk ke Asia tak terkecuali Indonesia. Indonesia mulai mengenal olahraga ini pada tahun 1970. Disinilah sejarah bowling di Indonesia dimulai. Sejak tahun 1983, akhirnya bowling diperkenalkan oleh Achmad Thahir selaku Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. Sampai sekarang, bowling menjadi salah satu olahraga yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Pengertian Bowling

Secara umum, bowling merupakan permainan bola besar dimana bola digelindingkan ke jalur yang panjang menuju sekelompok objek yang dikenal sebagai pin, cara memenangkan permainan ini yaitu menjatuhkan pin sebanyak-banyaknya.

Pengertian Bowling Menurut Beberapa Sumber

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bowling ialah cabang olahraga yang berupa permainan dengan menggelindingkan bola khusus untuk merobohkan sejumlah gada (pin) yang berderet, dan kemudian bisa tertata kembali lagi secara otomatis.

  2. Menurut Collins English Dictionary, Arti bowling adalah permainan di mana pemain melempar bola ke jalur sempit menuju sekelompok benda kayu dan mencoba merobohkannya sebanyak mungkin.

Peraturan Bowling

Sama seperti olahraga lainnya, di olahraga bowling juga memiliki beberapa peraturan yang harus ditaati. Berikut merupakan peraturan di bowling.

  1. Satu lintasan hanya dapat digunakan maksimal lima orang pemain aja.Sebelum melempar bola, pastikan bahwa cover sudah naik dan semua pin bowling sudah dalam kondisi berdiri sempurna.
  2. Setiap orang hanya mempunyai dua kesempatan untuk melempar bola dan menjatuhkan semua pin bowling.
  3. Jika memang sudah strike alias jatuh semua dalam lemparan pertama, maka terhitung cuma satu kali kesempatan saja.
  4. Total lemparan yang bisa kamu ambil dalam satu kali permainan adalah 10 per orang dan 20 jika tidak terjadi strike.
  5. Bola yang masuk ke parit tidak akan dihitung meskipun mengenai pin.

Teknik-Teknik Dasar Bowling

Dalam olahraga bowling terdapat teknik-teknik yang harus dipelajari. Berikut teknik-teknik dasar dalam bowling.

  1. Pemain berdiri tegak.
  2. Posisikan bola di depan badan kira-kira setinggi pinggang.
  3. Menggunakan tangan satu lagi yang bebas untuk menopang berat bola.
  4. Melangkah ke depan dengan menekuk sedikit lutut dan mengayunkan tangan yang memegang bola ke belakang setinggi bahu untuk mengumpulkan momentum.
  5. Lalu mengayunkan tangan ke depan sambil melepaskan bola bowling ke lintasan menuju 10 pin yang ada di ujungnya dengan tidak melewati garis batas.

Baca Juga :

Peralatan Olahraga Bowling

Peralatan Olahraga Bowling

Lintasan Bowling

Lintasan Olahraga Bowling

Lintasan bowling merupakan salah satu hal yang penting untuk dapat memainkan permainan ini. Lintasan bowling memiliki panjang sekitar 18 meter dan lebar 100cm. Sementara untuk area persiapan memiliki panjang 4 meter.

Bola Bowling

Bola Di Bowling

Bola bowling memiliki berat 7-8 kg untuk pria dewasa dan 6-7 kg untuk wanita dewasa. Dalam bowling memiliki peraturan untuk berat bola bowling harus 10% dari berat badan seseorang yang ingin memegang bolanya.

Sepatu Bowling

Olahraga Bowling

Sepatu bowling terbuat dari karet dan kulit untuk solnya dan terdapat tali yang bisa dikencangkan. Sepatu ini berguna untuk menurunkan resiko terpeleset di area permainan bowling.

Manfaat Olahraga Bowling

Dalam olahraga bowling terdapat manfaat yang didapat selama melakukannya. Selain membuat badan menjadi sehat dan bugar olahraga ini juga memiliki manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat olahraga bowling.

  1. Membakar kalori
  2. Memperkuat otot-otot
  3. Menyehatkan jantung
  4. Koordinasi tangan dan mata yang lebih baik

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved