5 Cara Untuk Meningkatkan Kondisi Fisik Dalam Olahraga Basket

Persiapan fisik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam latihan untuk mencapai suatu prestasi yang tinggi. Kondisi fisik merupakan salah satu prasyarat yang sangat diperlukan dalam setiap usaha peningkatan prestasi seorang atlet, bahkan dikatakan dasar landasan titik tolak suatu awalan olahraga prestasi. Secara umum, setiap cabang olahraga memerlukan kondisi fisik dalam usaha mencapai prestasi yang optimal, begitu halnya dalam olahraga bola basket. Seorang atlet dapat dikatakan dalam keadaan kondisi fisik yang baik kalau ia mampu melakukan aktivitas yang dibebankan kepadanya atau yang dilakukannya tanpa kelelahan yang berlebihan.

Pada olahraga basket tentunya para pemain juga memerlukan latihan fisik yang sesuai agar kekuatan dan juga daya tahan tubuh para pemain basket dapat terjaga dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi latihan fisik yang dapat dilakukan untuk pemain basket yang dapat meningkatkan kualitas permainan.

Lompat Tali

Lompat Tali Untuk Latihan Fisik Basket

Lakukanlah lompat tali sekuat yang kamu bisa, semakin baik lompat tali mu, semakin cepat juga gerakan kakimu saat sedang bermain basket. Dengan melakukan lompat tali maka akan meningkatkan lompatan vertikal kamu, dengan begitu kamu dapat melakukan rebound melebihi dari seorang pemain yang lebih tinggi dari kamu.

Pull Up

Pull Up Untuk Latihan Fisik Basket

Pull up merupakan cara untuk membangun kekuatan pergelangan tangan, punggung dan pundak. Terutama untuk keefektifan saat melakukan jumpshoot. Oleh karena itu, bergelantunganlah pada tiang horisontal dengan arah tangan ke bawah atau ke atas, kemudian tariklah bahu ke belakang dan ke bawah untuk mengangkat tubuh ke atas. Menarik dengan lengan adalah langkah akhir dari latihan ini. Latihan ini otomatis akan memperkuat bagian lengan juga sehingga kemampuan mengoper dan menggiring bola semakin baik.

Power Lunge

Power Lunge Untuk Latihan Fisik Basket

Power lunge merupakan latihan fisik yang berguna untuk kualitas saat rebound. Cara melakukan power lunge yaitu ambil posisi berdiri lebih dulu, lalu langkahkan salah satu kaki ke depan, tekuklah bersamaan dengan kaki yang ada di belakang. Posisi tangan boleh berada di pinggang atau bisa juga berada di depan saat menekukkan kedua kaki. Lakukan beberapa kali repetisi agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal.

Lateral Lunge

Lateral Lunge Untuk Latihan Fisik Basket

Lateral lunge merupakan latihan fisik yang sangat baik dalam melatih otot pinggul dan juga paha. Ketika melakukannya, kamu harus mengambil posisi berdiri serta langkahkan salah satu kaki ke kanan sambil jari kaki tetap dijaga lurus ke depan serta kaki rata. Kemudian ambil posisi berjongkok dengan menggunakan kaki sisi kanan dan kaki kiri lurus, tumpuan berat badan diberikan pada kaki kanan hingga tumit.

Baca Juga :

Selanjutnya berjongkok lah hingga serendah mungkin sambil terus menjaga kaki kiri agar tetap lurus serta selama 2 detik dapat Anda tahan sebelum anda kembali pada posisi yang semula yaitu berdiri. Ulangi cara ini 10 kali repetisi sebelum bergantian dengan kaki sisi lainnya.

Goblet Squat

Goblet Squat Untuk Latihan Fisik Basket

Goblet squat merupakan latihan fisik yang berguna untuk bagian bawah tubuh akan menjadi lebih kuat dan baik, cara melakukannya sendiri pun cukup membutuhkan kettlebell yang dipegang dengan kedua tangan di depan dada. Ambil posisi jongkok dan angkat pinggul ke belakang serta ke bawah sambil menjaga tumpuan berat badan ada pada tumit tanpa mengangkat jari-jari kaki. Tahanlah dengan baik antara kettlebell dan dada sambil juga siku menyentuh bagian lutut sebelum kemudian bangkit berdiri mengencangkan melalui pinggul; ulangi 10 kali setiap latihan.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved