Olahraga Angkat Beban : Sejarah, Pengertian, Jenis, Kelas, Cara Angkat Beban, Dan Manfaat

Angkat beban merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan tangan. Angkat beban juga merupakan salah satu olahraga kebugaran yang bisa membantu membentuk tubuh secara efektif. angkat beban ini memanfaatkan kekuatan gaya gravitasi (berbentuk tongkat pengangkat beban yang di kanan kirinya dibebani dengan cakram beban terbuat dari logam) untuk menimbulkan daya tekanan.

Daftar Isi Olahraga Angkat Beban :

  1. Sejarah Olahraga Angkat Beban
  2. Pengertian Olahraga Angkat Beban
  3. Jenis Olahraga Angkat Beban
  4. Kelas Olahraga Angkat Beban
  5. Cara Angkat Beban Yang Baik Dan Benar
  6. Manfaat Olahraga Angkat Beban

Sejarah Olahraga Angkat Beban

Menurut penelitian, angkat beban berasal dari Mesir kuno karena adanya sejumlah peninggalan yang ada di tempat tersebut. Pada awal abad ke 19, angkat beban dianggap sebagai pertunjukan sirkus. Kompetisi angkat besi kesatu mulai hadir di akhir abad kesembilan belas, dan pada tahun 1891 di London diselenggarakan Kejuaraan Angkat Besi Dunia kesatu dan terdapat 6 atlet yang mengikuti kejuaraan tersebut. 

Setelah itu, orang-orang mulai menganggapnya sebagai olahraga, bukan lagi sekadar pertunjukan sirkus. Angkat beban dikategorikan sebagai cabang olahraga secara resmi pada Olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.Pada saat itu angkat beban merupakan termasuk dalam edisi kesatu Olimpiade Modern di Athena, tetapi dalam edisi ini angkat beban belum menjadi olahraga tetap dalam Olimpiade, hingga akhirnya pada tahun 1920 angkat beban mendapatkan posisi sebagai olahraga yang tetap dalam Olimpiade.

Pada sekitar tahun 2000, angkat beban tak hanya untuk pria saja, wanita juga dapat berpatisipasi dalam Olimpiade. Atlet angkat beban pria dapat bertanding dala 7 kelas di Olimpiade, mulai dari kelas 61 kilogram hingga 109 kilogram. Sementara untuk kelas angkat beban wanita, mulai dari kelas 49 kilogram hingga 87 kilogram.

Pengertian Olahraga Angkat Beban

Olahraga angkat beban merupakan salah satu cabang olahraga yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fitnes, teknik, konsentrasi, fleksibilitas, disiplin (sangat penting), atletis, kemampuan, mental dan kekuatan fisik. Kata “angkat besi” biasanya secara tidak resmi digunakan sebagai latihan angkat beban. Latihan angkat beban dengan menggunakan berbagai jenis alat latihan beban akan menyasar pada sekelompok otot yang spesifik berdasarkan dari gerakan yang dilakukan.

Jenis Olahraga Angkat Beban

Jenis Olahraga Angkat Beban

Dalam angkat beban terdapat dua jenis angkatan yang sering dilombakan, yaitu angkatan clean and jerk dan snatch. Berikut penjelasannya.

Clean And Jerk

Jenis angkatan clean and jerk merupakan jenis angkatan langsung tanpa jeda, di mana atlet harus mengangkat beban dari lantai tanpa menekuk lutut hingga kedua tangan mengangkat beban (barbel) lurus di atas kepala dengan posisi berdiri sempurna selama beberapa detik, hingga juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

Snatch

Jenis angkatan snatch merupakan jenis angkatan olahraga angkat beban yang dimana atlet mengangkat barbel dalam dua tahap. Pertama, mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang-ancang, atlet kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

Kelas Olahraga Angkat Beban

Dalam angkat beban terdapat kelas yang dipertandingkan dalam olahraga angkat besi yaitu:

Kelas Putra

  1. + 105kg Putra
  2. 105kg Putra
  3. 94kg Putra
  4. 85kg Putra
  5. 77kg Putra
  6. 69kg Putra
  7. 62kg Putra
  8. 56kg Putra

Kelas Putri

  1. + 75kg Putri
  2. 75kg Putri
  3. 69kg Putri
  4. 63kg Putri
  5. 58kg Putri
  6. 53kg Putri
  7. 48kg Putri

Cara Angkat Beban Yang Baik Dan Benar

Cara Melakukan Angkat Beban Yang Baik

Bagi pemula, tidak boleh asal-asalan dalam melakukan latihan angkat beban. Karena akan berisiko tinggi mengalami cedera dan malah tidak akan merasakan manfaat dari angkat beban sama sekali.

Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Pemanasan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum olahraga, apalagi olahraga dengan angkat beban. Hal ini ditujukan untuk mempersiapkan otot tubuh, melancarkan aliran darah, serta meningkatkan performa, hingga akhirnya mencegah cedera. Anda dapat latihan pemanasan dengan push up minimal 10 kali, dan sit up 10 kali.

Melakukan Peregangan Dinamis

Menurut penelitian, melakukan peregangan dinamis dapat membuat kekuatan otot meningkat yang memang diperlukan saat melakukan olahraga serta untuk mengurangi resiko cedera. Gerakan dinamis yang dapat di lakukan diantaranya memutar lengan ke atas dan bawah yang direntangkan selebar mungkin. Hal tersebut dapat meregangkan otot deltoid di bagian bahu.

Memilih Ukuran Barbel Yang Ringan

Jika Anda seorang pemula, maka disarankan untuk memulai menggunakan beban ringan sesuai kemampuan. Jangan melakukan gerakan berlebihan dengan beban yang lebih berat hanya untuk pamer kemampuan. Pada kali pertama, cobalah satu set dengan 10 sampai 15 repetisi terlebih dulu. Kemudian, Anda bisa menambahnya menjadi dua set dengan jumlah repetisi yang sama, hingga perlahan menjadi tiga set.

Baca Juga :

Mengatur Tempo Gerakan

Tempo dapat membantu tetap memegang kendali, alih-alih mengurangi manfaat yang dapat diperoleh. Terkadang mengubah kecepatan misalnya menghitung tiga kali untuk menurunkan beban dan satu kali untuk mengangkatnya, dibandingkan mengangkat dalam dua hitungan dan menurunkan dalam dua hitungan – adalah teknik yang berguna untuk meningkatkan kekuatan.

Melakukan Teknik Pernapasan yang Benar

Ketika sedang menahan napas, tekanan darah akan meningkat. Maka, buanglah napas saat melakukan beberapa hal yang melawan gravitasi, misalnya mendorong, menarik, atau juga mengangkat beban.

Lakukan Pendinginan

Sama halnya seperti pemanasan, cooldown atau gerakan pendinginan merupakan hal penting yang sebaiknya jangan lewatkan. Ini akan membantu agar terhindar dari risiko cedera, meredakan ketegangan otot setelah berolahraga, sekaligus meningkatkan kelenturan tubuh. 

Manfaat Olahraga Angkat Beban

Manfaat Olahraga Angkat Beban

Angkat beban merupakan jenis olahraga yang ideal untuk membentuk dan memperbesar massa otot. Ada juga berbagai manfaat angkat beban yang dapat didapat yaitu :

  1. Menurunkan berat badan
  2. Mencegah osteoporosis
  3. Meningkatkan fungsi otak
  4. Mengurangi risiko penyakit dan cedera
  5. Mengurangi Risiko Diabetes
  6. Menjaga Kesehatan Jantung
  7. Meningkatkan Keseimbangan
  8. Mempermudah Gerakan Tubuh
  9. Menguatkan dan Mengembangkan Otot Tangan & Kaki

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved