Perbedaan Antara Futsal Dan Sepak Bola Yang Wajib Diketahui

Futsal dan sepak bola merupakan cabang olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu, kini banyak generasi milenial yang tertarik dan menekuni olahraga jenis ini. Mereka berbondong-bondong berlatih secara serius agar dapat menjadi atlet profesional yang akan membawa nama Indonesia di kancah internasional. Namun tahukah kamu bahwa olahraga futsal seringkali disebut sebagai bentuk lain dari sepak bola karena cara memainkannya yang tak jauh berbeda.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futsal memiliki arti jenis permainan sepak bola dalam ruangan dengan ukuran lapangan serta gawang lebih kecil. Sedangkan sepak bola menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan. Dari pernyataan tersebut saja sudah jelas bahwa terdapat perbedaan antara futsal dan sepak bola. Futsal biasanya dilakukan dalam ruangan sedangkan sepak bola dilakukan dilapangan hijau luas. 

Tak hanya itu saja, masih banyak lagi perbedaan antara futsal dan sepak bola. Berikut merupakan perbedaan antara futsal dan sepak bola.

Tempat Dilaksanakan Dan Ukuran Lapangan

Tempat Dilaksanakan Futsal Dan Sepak Bola

Sepak bola biasanya dilakukan di luar ruangan yaitu lapangan hijau luas yang memiliki ukuran panjang 90 hingga 120 meter dan memiliki lebar 45 hingga 90 meter. Sedangkan untuk futsal biasanya dilakukan di dalam ruangan yang memiliki ukuran panjang 38 hingga 42 meter dan memiliki lebar 18 hingga 25 meter.

Jumlah Pemain

Jumlah Pemain Sepak Bola Dan Futsal

Dalam permainan sepak bola akan memerlukan pemain lebih banyak dibandingkan futsal mengingat terdapat perbedaan pada ukuran lapangan yang juga menyesuaikan jumlah orang di lapangan. Dalam sepak bola membutuhkan pemain sebanyak 11 orang untuk memulai pertandingan. Sementara, futsal hanya memerlukan 5 pemain saja.

Waktu Permainan

Sepak bola dan futsal sama-sama dimainkan dalam dua babak. Namun, untuk futsal satu babaknya hanya berdurasi selama 2x20 menit. Sementara di sepak bola berdurasi selama 2x45 menit. Waktu permainan dalam futsal juga terhenti apabila bola tidak berada dalam lapangan, di mana aturan serupa tidak terdapat dalam sepak bola

Pergantian Pemain

Pergantian Pemain Dalam Futsal Dan Sepak Bola

Dalam futsal tidak memiliki batas untuk pergantian pemain. Bahkan, pemain yang sudah keluar pun masih dapat kesempatan untuk main kembali. Sedangkan untuk sepak bola, pergantian pemain dibatasi, yang umumnya adalah tiga kali. Selain itu, dalam sepak bola juga pemain yang sudah keluar tidak diperbolehkan untuk main kembali.

Peraturan Offside

Offside Futsal Dan Sepak Bola

Sepak bola menerapkan peraturan offside dalam permainannya. Ketika posisi pemain yang diberi umpan melebihi posisi dari lawan mainnya maka hal tersebut dinyatakan offside. Berbeda dengan futsal, olahraga ini tidak menerapkan aturan offside selama permainan berlangsung. Selain itu, permainan futsal dimulai saat penjaga gawang melempar bola. Sementara pada sepak bola, permainan akan dimulai dengan tendangan gawang.

Baca Juga :

Time Out

Time Out Dalam Futsal Dan Sepak Bola

Dalam futsal, sebuah tim berhak meminta satu kali atau dua kali time out setiap babak. Di dalam sepak bola, tidak ada aturan time out. Namun, pada perkembangannya terdapat sesi water break yang diterapkan ketika cuaca selama pertandingan cukup panas.

Wasit

Wasit Dalam Futsal Dan Sepak Bola

Dalam sepak bola terdiri dari 1 wasit utama dan 2 wasit asisten. Pada permainan sepak bola, jalur yang digunakan wasit utama diwajibkan untuk menyilang dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan gawang selatan. Sementara, dalam permainan futsal hanya membutuhkan dua wasit utama. Jalur yang digunakan wasit fustsal adalah tepi lapangan di barat dan timur.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved