Mengenal Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh

Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Letak daerah Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan Pulau Sanbang. Ibu kota Provinsi Aceh adalah Kota Banda Aceh. Sempat disebut sebagai Aceh Darussalam (1511–1959) dan kemudian berganti menjadi Daerah Istimewa Aceh (1959–2001), NanggroĂ« Aceh Darussalam (2001–2009) dan saat ini Aceh (2009–sekarang). Stadion Harapan Bangsa atau dikenal juga sebagai Stadion Lhong Raya merupakan stadion sepak bola yang berada di Kota Banda Aceh. Stadion Harapan Bangsa merupakan kandang dari klub Persiraja Banda Aceh.

Profil Stadion Harapan Bangsa

Stadion Harapan Bangsa dibangun pada tahun 1991 dan dibuka pada tahun 1997. Stadion Harapan Bangsa sempat mengalami kerusakan karena terjadi gempa bumi disertai Tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 silam. Diketahui, Stadion Harapan Bangsa ini sempat menjadi stadion termegah di Indonesia pada tahun 2000, namun karena karena kerusakan yang didapat akibat Tsunami membuat julukan itu hilang. Pada tahun 2006, stadion ini direnovasi oleh FIFA, karena terjadi kerusakan yang cukup parah akibat Tsunami yang menerjang aceh di tahun 2004. Tak tanggung tanggung FIFA rela mengeluarkan dana sekitar 1 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar 14 Miliar untuk biaya renovasi stadion.

Renovasi kembali dilakukan pada 2011 yang menghabiskan dana hingga satu miliar rupiah. Pada tahun 2017, Stadion Harapan Bangsa di renovasi untuk yang ketiga kalinya karena menjelang kompetisi penyelenggaraan Tsunami Cup 2017 yang diadakan di Stadion Harapan Bangsa Aceh. Sejumlah negara Asia ikut dalam kompetisi tersebut, tak terkecuali Timnas Indonesia.

Baca Juga :

Stadion Harapan Bangsa berada di Desa Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, yang dimana letak stadion sangat strategis karena hanya berjarak 5 km dari pusat perbelanjaan atau pusat perkotaan. Luas parkir stadion itu cukup untuk menampung ribuan sepeda roda dua dan ratusan roda empat. Kapasitas penonton stadion itu mencapai 45 ribu orang.

Di Stadion Harapan Bangsa ini memiliki kapasitas 40 ribu penonton, terdapat ruang VVIP, mushalla, ruang ganti, dan kamar mandi. Selain itu ada juga fasilitas lain yang ada di Sekitar Stadion Harapan Bangsa diantaranya, Gedung Hall Serbaguna, Gedung IPSI, Gedung Hall Anggar, Gedung Hall Bulu Tangkis, Lapangan Basket, Lapangan VollyBall, Lapangan Sepak Takraw, Lapangan Tennis, dan Lapangan Sintetis.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved