10 Rekomendasi Film Bertema Sepak Bola Yang Wajib Di Tonton

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer didunia. Mulai dari muda hingga tua menyukai olahraga yang satu ini. Ada yang menyukai sepak bola karena sering memainkannya, ada juga yang menyukai sepak bola karena menonton pertandingan klub favoritnya, dan ada juga yang menyukai sepak bola karena keduanya.

Terdapat banyak film bertema sepak bola yang bisa ditonton diwaktu senggang kamu. Mulai dari kisah inspiratif seorang legenda sepak bola, perjuangan tim meraih kemenangan, dan drama dalam kubu penggemar. Berikut merupakan daftar film bertema sepak bola.

Pele (2021)

Pele (2021)

Film yang satu ini merupakan film yang mengisahkan tentang sang legenda sepak bola asal Brasil yaitu Pele. Film ini diproduksi dan didistribusikan oleh Netflix dan disutradarai oleh Ben Nichols dan David Tryhorn. Pele menyebut olahraga bermain bola adalah permainan yang indah. Sebelumnya, film dokumenter ini dirilis pada 2016. Kemudian pada 2021, Netflix merilis dokumenter baru tentang Pele.

Zidane: A 21st Century Portrait (2006)

Zidane: A 21st Century Portrait (2006)

Zidane: A 21st Century Portrait merupakan film dokumenter yang berfokus pada gaya bermain pemain sepak bola Prancis Zinedine Zidane. Zin├ędine Zidane merupakan seorang mantan pemain dan mantan pelatih Real Madrid yang sukses meraih tiga gelar Liga Champions berturut-turut. Dia juga merupakan salah satu pelatih paling sukses di dunia.

Di film ini Zidane kala itu sedang menjalani laga bersama Real Madrid melawan Villareal pada 23 April 2005, nggak tanggung-tanggung total 17 kamera terpasang di seluruh sudut stadion untuk menangkap setiap gerakan dari Zidane, bahkan saat ia terdiam sekalipun.

Diego Maradona (2019)

Diego Maradona (2019)

Film yang disutradarai oleh Asif Kapadia ini merupakan film dokumenter salah satu legenda sepak bola asal Argentina Diego Maradona. Film ini berhasil memenangkan penghargaan BAFTA dalam kategori Best Documentary.

Hari Ini Pasti Menang (2013)

Hari Ini Pasti Menang (2013)

Diangkat dari novel berjudul Menerjang Batas karya Estu Ernesto, Film ini menceritakan seorang atlet sukses di tim Liga Utama Indonesia bernama Gabriel Omar Baskoro.

Gabriel telah menghasilkan banyak prestasi di liga lokal dan internasional, tetapi ia diserang rumor bahwa prestasinya tidak murni hasil kerja kerasnya. Film ini mengangkat tema tentang skandal dalam dunia sepak bola nasional, seperti manipulasi skor dan keterlibatan mafia.

Cahaya dari Timur (2014)

Cahaya dari Timur (2014)

Cahaya dari Timur merupakan film drama inspiratif yang diangkat dari kisah nyata tentang konflik saudara, isu agama, dan isu perpecahan yang dirilis di tahun 2014. Film ini menceritakan tentang Sani Tawainella. Ia menggunakan sepak bola untuk melindungi anak-anak di kampungnya dari konflik agama yang terjadi di Ambon.

Hunter in the Blue Side of Manchester (2020)

Hunter in the Blue Side of Manchester (2020)

Film yang diangkat dari novel autobiografi yang mempunyai judul yang sama ini, merupakan yang mengisah seorang pria asal Indonesia bernama Hanif Thamrin. Ia memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya di Payakumbuh, Padang dan mengadu nasib di kota impiannya, London, Inggris. Disitu ia bekerja sebagai jurnalis English Premier League. Ia bertugas melakukan liputan khusus untuk Manchester City dan menghasilkan konten dalam bahasa Indonesia.

Garuda di Dadaku (2009)

Garuda di Dadaku (2009)

Garuda di Dadaku merupakan film keluarga yang cukup fenomenal pada pertama kali film ini dirilis. Bercerita tentang seorang bocah 6 SD bernama Bayu yang memiliki skill dalam bermain bola, Ia memiliki cita cita menjadi atlet profesional. Mimpi tersebut juga merupakan mimpi sang ayah yang gagal diwujudkan. Namun, mimpinya harus dijegal oleh kakeknya sendiri yang beranggapan tak ada masa depan di lapangan hijau.

Ultras (2020)

Ultras (2020)

Tak hanya di Indonesia, anarkisme dalam penonton sepak bola dengan manajemen yang salah juga terjadi hampir di berbagai belahan dunia. Film yang disutradai oleh Francesco Lettieri ini, merupakan film Original Netflix yang mengangkat dari kisah kekerasan dalam kubu penggemar bola di Naples, Italia.

Baca Juga :

First Team: Juventus (2018)

First Team: Juventus (2018)

Film ini merupakan series yang memiliki total 6 episode dengan durasi 40 menit per episodenya. Film First Team: Juventus merupakan film dokumenter yang mengisahkan tentang keberhasilan Juventus dalam meraih kesuksesan di tahun 2017 sampai 2018.

Offside (2006)

Offside (2006)

Film ini merupakan film yang mengisahkan sekelompok perempuan Iran yang menyamar sebagai laki-laki demi untuk menonton bola. Hal itu dikarenakan, Iran melarang perempuan untuk menonton pertandingan sepak bola dan memberikan sanksi penahanan. Film ini disutradarai oleh Jafar Panahi, ia mengaku terinspirasi ketika anak perempuan ditolak saat memasuki stadion sepak bola.

© Copyright 2023 Ring Basket, Bola Basket dan Papan Pantul - All Rights Reserved