Mengenal Federation Internationale de Gymnastique (FIG) Induk Organisasi Senam Dunia

Senam adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika melakukan senam akan mendapatkan manfaat diantaranya menjaga kebugaran tubuh, menambah kekuatan dan kelenturan, meningkatkan daya tahan, dan membantu membentuk tubuh ideal. Selain mempunyai Persani sebagai induk organisasi nasional, senam juga memiliki induk organisasi internasional yaitu Federation Internationale de Gymnastique atau disingkat FIG. Federation Internationale de Gymnastique atau FIG adalah induk organisasi yang menaungi olahraga senam dunia.

Sejarah Federation Internationale de Gymnastique

Federation Internationale de Gymnastique adalah organisasi tertua bagi cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade. Organisasi ini berdiri pada tanggal 23 Juli 1881 di Liege, Belgia. Awalnya, FIG bernama European Federation of Gymnastics atau Federasi Senam Eropa di mana anggotanya terdiri dari tiga negara yaitu Belgia, Perancis, dan Belanda. Nama tersebut bertahan hingga 1921, hingga akhirnya negara negara non-Eropa mulai bergabung dan namanya berubah menjadi Federation Internationale de Gymnastique.

Sebagai induk organisasi senam seluruh dunia, FIG mengatur delapan cabang olahraga senam. 8 Olahraga tersebut adalah senam artistik pria dan wanita, senam trampolin, senam untuk semua, senam aerobik, senam irama, senam akrobat, dan parkour.

Mengutip dari laman resmi FIG, organisasi ini total mengatur delapan jenis olahraga senam yaitu senam untuk semua, senam artistik pria dan wanita, senam irama, senam trampolin, senam aerobik, senam akrobat, dan parkour. Saat ini, terdapat 148 federasi senam negara yang tearfiliasi ke FIG. Terdapat lima serikat kontinental atau konfederasi dibawah FIG yang menaungi federasi senam negara-negara di masing-masing benua yaitu:

  1. Uni Senam Eropa / European Union of Gymnastics (UEG)
  2. Uni Senam Pan-Amerika / Pan-American Gymnastic Union (PAGU)
  3. Uni Senam Asia / Asian Gymnastic Union (AGU)
  4. Uni Senam Afrika / African Gymnastics Union (UAG)
  5. Uni Senam Oseania / Oceania Gymnastics Union (OGU)

Daftar Presiden FIG

Semenjak organisasi ini didirikan pada tahun 1881, terdapat 9 orang yang sudah menduduki posisi sebagai presiden FIG. Berikut adalah daftar presiden FIG.

Baca Juga :

  1. Nicolaas Cuperus 1881–1924 negara asal Belgium
  2. Charles Cazalet 1924–1933 negara asal Perancis
  3. Adam Zamoyski 1933–1946 negara asal Polandia
  4. Piala d'Alviella 1946–1956 negara asal Belgium
  5. Charles Thoeni 1956–1966 negara asal Swiss
  6. Arthur Gandar 1966–1976 negara asal Swiss
  7. Yuri Titov 1976–1996 negara asal Rusia
  8. Bruno Grandi 1996–2016 negara asal Italia
  9. Morinari Watanabe 2017–2024 negara asal Jepang

Tugas Dan Tujuan Federation Internationale de Gymnastique

Federation Internationale de Gymnastique memiliki tugas untuk sebagai pembuat aturan yang dikenal sebagai "Code of Points" yang mengatur penampilan pesenam. Selain bertugas menggelar dan mengatur kompetisi olahraga senam tingkat internasional seperti World Gymnastics Championships, World Cup Series, dan World Challenge Cup Series. Organisasi ini juga mengatur kelayakan umur para peserta yang dapat ikut dalam pesta olimpiade.

Tujuan dari pembatasan usia ini adalah untuk melindungi para pesenam muda. Namun, hal tersebut juga menimbulkan beberapa kontroversi dan terdapat beberapa kasus pemalsuan usia peserta.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved