Perbedaan Olahraga Bola Besar Dan Bola Kecil Yang Perlu Kamu Ketahui

Olahraga seperti sepak bola, basket, voli, dan futsal adalah olahraga yang termasuk ke dalam olahraga bola besar. Sedangkan olahraga seperti bulu tangkis, tenis meja, kasti, dan baseball adalah olahraga yang termasuk olahraga bola kecil. Meskipun sama sama menggunakan bola, permainan bola besar dan bola kecil merupakan dua cabang olahraga yang berbeda. Berikut merupakan perbedaan permainan bola besar dan bola kecil.

Ukuran Dan Material Bola

Ukuran Dan Material Bola

Seperti dengan namanya, ukuran bola yang digunakan untuk pemainan bola besar memiliki ukuran yang lebih besar daripada bola yang digunakan di permainan bola kecil. Untuk pembuatan bola besar saja terbilang cukup sulit karena harus menyesuaikan dengan tekanan udara dan kenyamanan ketika bola tersebut ditendang.

Material yang biasanya digunakan untuk bola besar biasanya terbuat dari kulit. Sedangkan untuk pembuatan bola kecil hanya dibuat agar tepat sasaran ketika dipukul dan tidak sampai berbelok karena tekanan angin. Bola kecil juga biasanya dibuat dari bahan sintetis seperti yang ada pada olahraga kasti, kriket, maupun baseball.

Menggunakan Alat Bantu

Alat Pemukul

Untuk olahraga bola kecil biasanya menggunakan alat bantu seperti pemukul atau raket untuk dapat memainkan olahraga bola kecil contoh dari olahraga bola kecil adalah baseball, bulutangkis, dan golf. Sedangkan untuk olahraga bola besar lebih mengandalkan kaki atau tangan untuk memainkan olahraga besar contoh dari olahraga bola besar adalah sepak bola, basket, dan voli.

Baca Juga :

Bola Kecil Rata Rata Memiliki 1 Warna

Bola Kecil

Jika kamu perhatikan, bola kecil rata rata memiliki 1 variasi warna pada bola tersebut dan hampir tidak pernah ditemukan bola kecil dibuat dengan 2 warna atau lebih contohnya bola baseball, dan bola kasti. Berbeda dengan bola besar seperti bola yang digunakan di sepakbola dan bola voli, biasanya dibuat dengan menggabungkan lebih dari 2 warna.

Durasi Permainan

Durasi Permainan

Tergantung pada situasi dan kondisi jenis olahraga, permainan bola besar memiliki durasi waktu permainan yang lebih lama dibandingkan bola kecil.

Contohnya permainan sepak bola dan tenis lapangan. Sepak bola dimainkan selama 90 menit blum termasuk babak tambahan. Sedangkan olahraga tenis terdiri dari tiga set dengan durasi 20 menit per set. Dengan begitu, dibutuhkan waktu 60 menit untuk menyelesaikan permainan tenis.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved