Teknik Teknik Yang Perlu Dipelajari Di Baseball

Baseball merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 9 orang di masing masing timnya. Pertandingan baseball akan berlangsung selama 9 inning dan tim yang memiliki skor terbanyak keluar sebagai pemenang. Selain untuk hiburan, olahraga ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya, memperkuat otot-otot jantung, lengan, dan kaki. Sama seperti olahraga lainnya, baseball juga memiliki teknik teknik yang harus dipelajari agar bisa bermain baseball dengan mudah.

Teknik Melempar Bola

Teknik Melempar Bola

Dalam permainan baseball, terdapat posisi yang bernama pitcher. Pitcher atau seorang pelempar merupakan posisi dalam baseball yang bertugas untuk melempar bola yang akan dipukul. Seorang pelempar atau pitcher tidak boleh melempar bola secara sembarangan.

Terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam melempar bola yaitu kekuatan, kecepatan melempar, arah bola, dan akurasi sasaran. Dalam baseball terdapat 3 teknik melempar bola, diantaranya lemparan atas (overhand throw), lemparan samping (side arm throw), dan lemparan bawah (underhand throw). Lemparan atas yaitu teknik dengan gerak ayunan lengan ke atas melalui garis horizontal pada persendian bahu.

Teknik lemparan samping hampir sama dengan lemparan atas. Perbedaannya hanya di posisi lengan yang agak lurus ke samping rata-rata air. Sementara itu, teknik lemparan bawah dilakukan apabila waktu sudah sangat mendesak dan fielder tidak sempat melakukan gerakan lain.

Pada umumnya, berikut cara cara melempar bola baseball yang benar :

  1. Posisi berdiri menghadap catcher (penangkap). Pegang bola di balik paha dan sembunyikan dari pandangan batter Penyerang / Pemukul.
  2. Ayunkan lengan ke belakang lalu ke depan dengan ayunan yang stabil.
  3. Putarlah kaki kanan dan badan (pivot) hingga mengarah ke base ketiga.
  4. Pada waktu lengan di belakang, sepakkan kaki kiri ke atas. Kemudian, langkahkan kaki kiri lurus ke depan.
  5. Ayunkan lengan dan lemparkan bola ke depan dengan sepenuh tenaga. Pada saat bersamaan, ayunkan kaki kanan ke belakang.

Teknik Menangkap Bola

Teknik Menangkap Bola

Catcher atau penangkap bola merupakan posisi dalam baseball yang bertugas untuk menangkap bola yang gagal di pukul oleh seorang pemukul atau batter. Terdapat tiga jenis teknik menangkap bola, yaitu menangkap bola lurus, menangkap bola melambung, dan menangkap bola rendah. Berikut cara melakukan teknik teknik tersebut.

Baca Juga :

Berikut cara melakukan 3 jenis menangkap bola dalam baseball:

  1. Menangkap bola lurus : Badan agak diangkat sedikit lebih tinggi, kedua tangan dan pandangan lurus ke depan.
  2. Menangkap bola melambung : Badan diangkat lebih tinggi lagi, kedua tangan diangkat ke atas.
  3. Menangkap bola rendah : Badan sedikit jongkok, kedua tangan berada di bawah dengan pandangan lurus ke depan.

Teknik Memukul Bola

Teknik Memukul Bola

Pemukul atau batter merupakan posisi dalam baseball yang bertugas untuk memukul bola yang dilempar oleh pitcher. Pemukul diwajibkan untuk memukul dengan kuat dan juga dapat melihat dengan cepat darimana arah datangnya bola. Peran pemukul dalam baseball sangat penting, karena 1 pemukul saja gagal dalam memukul, maka akan berakibat fatal bagi satu tim.

Teknik Berlari

Teknik Berlari

Teknik ini biasanya dilakukan setelah pemukul atau batter memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher. Setelah itu pemukul sesegera mungkin lari secepatnya. Jika melewati lebih dari satu base atau terjadi home run, pelari mengambil tikungan yang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan base, yaitu hanya berjarak kurang lebih 2-4 meter saja usai lari menikung.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved