Manfaat Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Berolahraga tak hanya harus melakukan gerakan yang mengharuskanmu untuk berkeringat. Terdapat alternatif lain untuk berolahraga namun tidak mengeluarkan keringat seperti olahraga pada umumnya. Yoga adalah salah satu opsi yang tepat untuk kamu yang tidak ingin berkeringat. Selain itu, yoga juga merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Karena pada saat sedang mengandung ibu perlu tetap bergerak karena menjaga kebugaran tubuh. Tak hanya dapat menjaga kesehatan ibu hamil, yoga juga dapat mempersiapkan persalinan dan membantu memelihara kesehatan janin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang rutin melakukan yoga, memiliki risiko lebih rendah mengalami kelahiran prematur. Tak hanya itu saja, yoga juga masih memiliki manfaat lainnya untuk ibu hamil yaitu.

Mengurangi Rasa Sakit Pada Pinggang

Nyeri Pinggang

Dikutip dari halodoc.com, sakit pinggang saat hamil umumnya disebabkan oleh perubahan pusat gravitasi tubuh. Karena perkembangan kandungan, ibu hamil perlu menyesuaikan postur tubuhnya ketika berdiri dan berjalan. Selain itu, perubahan hormon dan peregangan ligamen juga dapat terjadi, sebagai proses alami tubuh dalam mempersiapkan persalinan.

Oleh karena itu, banyaknya gerakan gerakan prenatal yoga dapat membantu sirkulasi darah, melatih keseimbangan tubuh, dan membantu merenggangkan otot pinggang.

Menenangkan Pikiran

Pikiran Tenang

Saat sedang mengandung, tak jarang rasa cemas menghampiri karena memikirkan kesehatan janin dan proses kehamilan. Jika berlarut larut cemas akan menimbulkan stress dan dapat mempengaruhi kesehatan janin. Oleh karena itu, yoga cocok untuk kamu yang memiliki rasa cemas berlebih karena yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada pernafasan, stretching, kelenturan, yang dianggap dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Mengajari Teknik Pernapasan

Teknik Pernapasan

Latihan pernapasan yang dilakukan selama sesi yoga untuk ibu hamil dapat membantu ketika proses persalinan. Teknik yoga untuk ibu hamil ini mengajarkan bagaimana cara mengatasi sesak napas dan mengatasi kontraksi dengan memusatkan perhatian pada napas.

Baca Juga :

Mengurangi Risiko Terjadinya Komplikasi

Mengalami Komplikasi

Komlikasi bisa saja terjadi kapan saja pada ibu hamil. Bentuk komplikasi kehamilan bermacam-macam, seperti preeklamsia, hamil anggur, hamil ektopik, hingga diabetes gestasional. Namun sebuah studi American Journal of Perinatology tahun 2015 mengungkapkan bahwa senam yoga dapat mencegah ibu hamil mengalami komplikasi tersebut.

Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Dengan melakukan yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang dialami oleh ibu hamil akibat stress. Gerakan yoga yang berirama namun stabil tidak mengakibatkan detak jantung berdegup kencang seperti olahraga umumnya.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved