Tips Merawat Sepatu Agar Awet Dan Tahan Lama

 Sepatu merupakan salah satu barang penting yang sering digunakan baik untuk berolahraga, bermain, atau sepatu untuk kerja. Penting bagi kita untuk merawat sepatu agar tahan lama dan juga agar tidak mengeluarkan biaya lebih cepat ketika sepatu sudah rusak. Sepatu memiliki fungsi salah satunya untuk menjaga kakimu dari hantaman benda tak terduga seperti batu.

Mungkin sebagian dari kamu sudah merawat sepatu akan tetapi hasilnya mengecewakan. Mungkin saja caramu dalam merawat sepatu bisa saja ada yang salah. Oleh karena itu, berikut merupakan cara merawat sepatu yang baik dan benar.

Simpan Di Tempat Yang Benar

Simpan Di Tempat Yang Benar

Jika kamu memiliki sepatu, simpanlah ditempat yang seharusnya seperti jika yang dirawat itu, sepatu kulit maka simpanlah ditempat yang tak terpapar sinar matahari. Karena, sepatu kulit lebih sensitif terhadap kelembapan dan suhu. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan sepatu kulit di tempat yang kering dan terlindung dari paparan sinar matahari langsung.

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak kulit dan mengubah bentuk sepatu. Sedangkan, sepatu biasa cenderung lebih toleran terhadap perubahan suhu dan kelembapan, sehingga bisa disimpan di tempat yang lebih umum. Direkomendasikan untuk menaruh sepatu biasa di rak khusus atau pada kotak sepatunya agar tidak terjadi penumpukan barang yang tidak teratur.

Bersihkan Sepatu

Membersikan Sepatu

Setelah pemakaian atau tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, tetaplah bersihkan sepatu secara teratur untuk menghilangkan kotoran, debu, atau noda yang menempel pada permukaannya. Gunakan sikat lembut atau kain bersih yang sesuai dengan bahan sepatumu. Hindari menggunakan bahan abrasif yang dapat merusak atau menggores sepatu.

Hindari Sepatu Terkena Air Secara Berlebihan

Hindari Sepatu Terkena Air Secara Berlebihan

Tanpa disadari, air dapat merusak sepatu terutama jika terbuat dari bahan yang tidak tahan air seperti kulit. Jika sepatumu terkena hujan atau tumpahan air, segera lap dengan kain kering dan biarkan kering secara alami. Hindari penggunaan pengering atau sinar matahari langsung, karena dapat mengeringkan dan merusak bahan sepatu.

Baca Juga :

Gunakan Alas Kaki Tambahan

Menggunakan alas kaki tambahan seperti sol sepatu atau alas kaki gel dapat membantu meningkatkan kenyamanan sepatu Anda dan melindungi bagian bawah dari keausan. Alas kaki tambahan juga dapat membantu meredakan tekanan pada kaki Anda dan mencegah kerusakan pada sepatu.

Jangan Gunakan Sepatu Secara Berlebihan

Jangan Gunakan Sepatu Secara Berlebihan

Menggunakan sepatu secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang cepat. Bergantianlah antara beberapa pasang sepatu untuk mengurangi pemakaian berlebihan pada satu pasang sepatu tertentu. Ini juga memberikan waktu bagi sepatu yang digunakan untuk mengembalikan bentuk aslinya.

© Copyright 2024 RING BASKET | BOLA BASKET - All Rights Reserved