DRIBBLE DALAM OLAHRAGA BOLA BASKET

Dalam olahraga basket saat ini, banyak sekali yang melakukan latihan menembak (shooting), tapi cukup sedikit yang melakukan dribble. Dribble dianggap tidak terlalu memuaskan dilihat. Padahal  semakin bagus kamu melakukan dribble, maka semakin banyak kesempatan untuk kamu dan tim kamu untuk melakukan penyerangan hinggga ujung lapangan lawan.

Pengertian Dribble atau Dribbling

Dribble adalah  gerakan  yang dilakukan untuk membawa bola basket dengan cara memantul – mantulkan bola ke lantai  dengan menggunakan satu tangan ataupun  secara bergantian dan  dapat   dilakukan dengan berjalan  maupun  berlari. Dalam prosesnya, disebut juga dengan dribbling. Gerakan dribble hanya boleh dilakukan dengan satu tangan atau  dapat juga  dilakukan dengan  cara bergantian tangan kanan dan kiri. Jika melakukan dengan 2 tangan sekaligus, maka dianggap double dribble. Cek Double Dribble Bola Basket

Dribbling bertujuan untuk membawa bola ke  area pertahanan lawan  dan menghindari dari rebutan lawan. Dribbling biasanya di lakukan dengan posisi tubuh di antara bola dan lawan. Jadi  ketika  bola akan direbut oleh  lawan maka badan bisa  digunakan untuk menghalangi rebutan.


Teknik dribbling di dalam bola basket sangatlah penting.  Karena itu sangat penting untuk dilatih. Tujuan latihan melakukan dribble adalah melakukan dribble dengan tangan tanpa melihat ke bola. Ya ini memang agak sulit, karena saat yang sama harus memperhatikan posisi lawan, dan juga teman tim. Selain itu saat melakukan dribble, yang digunakan adalah bagian jari dan ujung jari, bukan telapak tangan. Latihlah kontrol bola, dan jangan sampai bola memantul melewati bahu.


Cara melakukan dribble basketball:

1. Atur kepala tetap ke atas dan mata ke arah pertandingan. Jangan lihat bola!
2. Lengkungkan lengan dan pergelangan untuk memantulkan bola ke lantai
3. Gunakan jari, bukan telapak tangan untuk kontrol bola.


4. Jangan pantulkan bola terlalu tinggi saat melakukan dribbling. Pantulan rendah akan memudahkan kontrol, dan membuat pemain lawan susah merebutnya. 

5. Gunakan tubuh kamu dan bagian lengan yang tidak melakukan dribbling untuk melindungi bola dari pemain lawan. 

Tentu saja hal ini bukan hal yang mudah, tapi dengan konstan melakukan latihan, kamu pasti lebih baik. Jika kamu berminat melihat contoh-contoh latihan dribbling, barangkali channel youtube  @Get Handle Ball  bisa kamu cek.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved