Fakta Sang Legenda Wilt Chamberlain

ring-basket.com -- Wilton Norman Chamberlain, atau Wilt Chamberlain,adalah pemain bola basket profesional Amerika dan diakui sebagai salah satu pemain menyerang terbesar dalam sejarah bola basket. Chamberlain bersekolah di Overbrook High School dan kemudian kuliah di University of Kansas, yang akhirnya dia tinggalkan untuk bergabung dengan Harlem Globetrotters.




Pada tahun 1959, Chamberlain direkrut ke NBA dan mulai bermain dengan Philadelphia Warriors dari tahun 1959-65. Chamberlain berdiri setinggi 7 kaki dan memainkan sebagai center yang fantastis karena keunggulan tinggi badannya atas lawan-lawannya. Chamberlain juga merupakan pemain NBA pertama yang mencetak lebih dari 4.000 poin dalam satu musim, selama musim 1961-62-nya. Selama musim itu Chamberlain mencetak 4.029 poin, dan rata-rata sekitar 50,4 poin per game. Selama seluruh karir profesionalnya, Chamberlain mencetak lebih dari 31.419 poin dan memegang NBA untuk poin yang dicetak hingga 1984.


Tanggal lahir: 21 Agustus 1936 (21-08-1936)
Pendidikan: Universitas Kansas
Tinggi: 2,16 m
Berat: 124.738 kg
Posisi: Tengah
Tahun Aktif Bermain : 15
Nama Panggilan: The Big Dipper
Tim: Philadelphia Warriors, Philadelphia 76ers, Los Angeles Lakers, Harlem Globetrotters


Karier Bola Basket

Karier bola basket Wilt Chamberlain dimulai ketika ia masih di sekolah menengah dan dicari oleh lebih dari 100 perguruan tinggi dan universitas karena bakatnya yang luar biasa dalam olahraga. Chamberlain memutuskan untuk bermain untuk Universitas Kansas selama dua tahun, tetapi kemudian pergi untuk bergabung dengan Harlem Globetrotters selama satu tahun dari tahun 1958-59. Pada tahun 1959, Chamberlain bergabung dengan Philadelphia Warriors, yang akhirnya berubah menjadi San Francisco Warriors pada tahun 1962. Akhirnya pada tahun 1965, Chamberlain bergabung dengan Philadelphia 76ers dan bermain untuk mereka selama tiga tahun. Chamberlain mengakhiri karir bola basket legendarisnya bersama Los Angeles Lakers dari 1968-1973. Chamberlain memiliki persaingan lama melawan pemain Boston Celtic, Bill Russell, dan banyak penggemar memuji kegembiraan seputar permainan bola basket karena persaingan ini. Selama karir profesional Chamberlain ia mengumpulkan 31.419 poin total yang merupakan rekor NBA untuk poin yang dicetak sampai tahun 1984. Chamberlain juga rata-rata 30,1 poin per game yang merupakan rekor NBA lain yang kemudian akan dipecahkan oleh Michael Jordan.


Judul dan Penghargaan

Wilt Chamberlain memiliki rekor yang sangat mengesankan dan legendaris sebagai pemain NBA dan tentu saja membuat gelombang di dunia bola basket profesional. Chamberlain memegang banyak gelar, rekor, dan penghargaan untuk penampilannya yang luar biasa di lapangan, dan pada tahun 1978 Chamberlain diabadikan di Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, dan dinobatkan sebagai salah satu dari 50 Pemain Terbesar dalam Sejarah NBA. Dalam peringkat Top 50 NBA Players of All-Time versi Majalah Slam, Chamberlain menempati posisi #2. ESPN mengakui Chamberlain sebagai nomor 13 dalam daftar atlet Amerika Utara Terbaik abad ini. ESPN juga memilih Chamberlain sebagai center terbaik kedua sepanjang masa di belakang Kareen Abdul-Jabbar. Chamberlain juga merupakan Juara NBA 2 kali dari musim 1967 dan musim 1972. Kemudian pada tahun 1972 Chamberlain terpilih sebagai NBA Finals MVP dan terpilih sebagai NBA Most Valuable Player 4 kali selama karirnya.


Kehidupan pribadi


Wilt Chamberlain, lahir dalam keluarga besar dengan sembilan anak dari orang tuanya, Olivia Ruth Johnson, yang adalah seorang ibu rumah tangga, dan William Chamberlain, seorang tukang las. Chamberlain kemudian menemukan kegilaannya untuk bola basket ketika dia menyadari betapa populernya itu di Philadelphia. Pada usia 10, Chamberlain telah melewati tanda 6 kaki dan pada saat ia mencapai sekolah tinggi Chamberlain hampir berdiri setinggi 7 kaki. Meskipun ia dilahirkan dengan keunggulan alami, keterampilan bola dan kemampuan menembak Chamberlain tak tertandingi di lapangan, yang akhirnya membawanya ke perguruan tinggi yang sukses, dan karir bola basket profesional. 


BACA JUGA:

10 ROOKIE TERBAIK SEPANJANG SEJARAH LIGA BOLA BASKET NBA

 

Fakta Unik Wilt Chamberlain

  1. Wilt Chamberlain tidak tidur malam sebelum dia mencetak 100 dan benar-benar memainkan permainan menembak arcade sebelum tip off.
  2. Baik Wilt Chamberlain dan Arnold Schwarzenegger sama-sama membintangi film Conan the Destroyer. Keduanya menjadi teman dekat dan Schwarzenegger berkata, "Wilt adalah manusia terkuat yang pernah saya lihat."
  3. Wilt berlari dasbor 100 yard untuk University of Kansas dalam 10,9 detik, melempar tembakan sejauh 56 kaki, dan melompat tiga kali lebih dari 50 kaki.
  4. Wilt berhenti kuliah setelah dua tahun untuk mulai bermain untuk Harlem Globetrotters, yang dipuji Chamberlain untuk memulai karir bola basketnya.
  5. Setelah Chamberlain pensiun dari bola basket ia mulai menemukan gairah baru untuk bola voli dan bahkan menjadi anggota dewan Asosiasi Bola Voli Internasional yang baru didirikan pada tahun 1974.
  6. Chamberlain tidak pernah menikah dan tidak pernah memiliki anak. 
  7. Chamberlain menerbitkan dua buku: pada tahun 1971, Wilt: Just Like Any Other 7-Foot Black Millionaire Who Lives Next Door dan buku yang lebih pribadi A View from Above pada tahun 1991.
  8. Selama tahun 60-an dan 70-an, Chamberlain memiliki Big Wilt's Smalls Paradise di New York City yang terletak di Harlem, yang sering dikunjungi oleh banyak atlet dan bintang film terkenal.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved