Time Line : Pelanggaran 8 Detik / 10 Detik ( Violation 10 Seconds / 8 Seconds)

Time Line, dalam bola basket, adalah aturan bahwa pemain harus melewati setengah lapangan sendiri dalam durasi yang ditentukan setelah tim lawan  memasukkan bola atau mendapatkan penguasaan bola. Jika mereka tidak melewati setengah lapangan sendiri dalam durasi tersebut, penguasaan bola diberikan kepada tim lain.

Time Line atau Garis Waktu  memiliki nama lain yang mencerminkan jumlah waktu, seperti "garis 10 detik" atau "garis 8 detik". Sejalan dengan itu, pelanggaran aturan dapat disebut violation - 10 seconds atau violation - 10 seconds.



Kenapa ada Violation 10 detik dan Violation 8 detik, Apa bedanya  ?

Pelanggaran 10 detik dalam bola basket adalah aturan bahwa pemain harus melewati setengah lapangan dalam 10 detik setelah timnya memasukkan bola. Jika mereka tidak melewati setengah lapangan dalam 10 detik, penguasaan bola diberikan kepada tim lain. Ini adalah aturan untuk NCAA, WNBA, dan bola basket sekolah menengah.


Sementara aturan 8 detik digunakan di NBA dan FIBA.

Pelanggaran time line baik 10 detik atau 8 detik, adalah  kesalahan yang buruk, karena mundur ke lapangan sendiri bukan hal yang sulit.


Strategi Menghambat Permainan Lawan

Kadang ada tim yang mencoba menggunakan pelanggaran 10 detik atau 8 detik untuk keuntungan mereka. Jika sebuah tim tidak memiliki penguasaan bola dan tidak ingin melakukan pelanggaran di di area mereka, pelanggaran 8 detik  (atau 10 detik) ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan bola kembali dengan cepat. Jika mereka dapat menghentikan lawan mereka masuk sebelum garis tengah, mereka akan mendapatkan bola kembali dengan kesempatan untuk memenangkan permainan.

BACA JUGA : 

Istilah Backcourt dan Pelanggaran Backcourt


Pelanggaran backcourt memainkan peran besar dalam pelanggaran 8/10 detik ini detik. Ingatlah bahwa pelanggaran backcourt mengatakan bahwa begitu sebuah tim melintasi garis tengah lapangan, mereka tidak dapat kembali ke sisi lapangan mereka. Ini berarti jika sebuah tim akan menyeberang ke tengah lapangan, mereka harus yakin bahwa mereka akan bertahan di sana. Hal ini menekan tim untuk membutuhkan waktu lebih lama untuk melintasi lapangan tengah, yang berarti ada lebih banyak pelanggaran 8/10 detik.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved