Logo NBA dan Sejarah

Logo NBA yang banyak kita lihat saat ini adalah siluet seseorang yang Jerry West, pemain basket Lakers yang menginspirasi logo tersebut. Foto itu menarik perhatian desainer untuk alasan yang bagus. Bahkan ketika direduksi menjadi siluet, tampaknya meluncur melintasi lapangan basket. Ini adalah gambar dinamis yang secara akurat menangkap sifat olahraga.


Skema warna logo (merah, putih, dan biru) didesain merujuk pada warna bendera Amerika Serikat, tentu saja sudah jelas maksudnya untuk menampilkan sisi patriotisme olahraga ini untuk menarik penggemar Amerika Serikat. 



Orang yang mendesain logo NBA, Siegel mampu menyoroti apa yang benar-benar membedakan NBA. Bisa dibilang, bahkan lebih dari olahraga lain, NBA telah lama didorong untuk sukses oleh popularitas segelintir pemain yang benar-benar spektakuler. Memilih untuk menampilkan salah satu pemain ini dalam desain logo mereka adalah keputusan yang bijaksana dan elemen desain penting dari logo NBA.

Perubahan Logo NBA 

Ini adalah evolusi dari Logo NBA. Logo telah melalui beberapa revisi yang sangat dibutuhkan selama bertahun-tahun.



NBA, kompetisi tingkat tertinggi untuk bintang bola basket Amerika Serikat di luar Olimpiade, bergabung dengan NFL dan MLB sebagai salah satu dari tiga organisasi olahraga paling berpengaruh di negara Amerika Serikat. Ini adalah organisasi dengan sejarah yang kaya yang dipenuhi dengan kisah sukses yang menginspirasi. Sejak 1969, organisasi elit ini telah diwakili oleh gambar ikonik dari seorang pemain bola basket dengan latar belakang merah dan biru. Untuk memahami bagaimana logo ini muncul, kita akan melihat sejarah NBA, asal usul logo mereka, dan kesuksesan yang dibawanya.

Logo NBA Hari Jadi ke-75

Tahun 2021, NBA baru saja merilis logo peringatan 75 tahun untuk merayakan final NBA dan kesuksesannya selama bertahun-tahun. Logo baru menampilkan berlian  dan tidak lupa siluet logo NBA ikonik. 




Sejarah Logo NBA

Logo NBA dirancang pada tahun 1969 oleh Alan Siegel, pendiri perusahaan merek Siegel+Gale. Pada saat itu, NBA sedang menghadapi persaingan sengit dari saingan yang baru didirikan yaitu  American Basketball Association (ABA) . 

Seperti yang akan ditunjukkan oleh sejarah, orang Amerika pada saat itu (dan sejak saat itu) tampaknya tidak memiliki ruang dalam fandom mereka untuk lebih dari satu liga olahraga profesional utama untuk setiap olahraga. Dalam kompetisi antara NBA dan ABA, salah satu dari mereka akan tertinggal, dan dan yang satu lagi akan berkuasa. Beban itu ditumpahkan kepada Siegel, membuat logo yang akan membuat pamor NBA naik. 

Sebelum mendesain logo baru, Siegel menjelajahi majalah Sport edisi lama untuk mencari inspirasi. Dia akhirnya menemukan foto superstar basket Jerry West. Dalam satu bingkai, foto ini sepertinya menangkap sifat permainan yang mengalir dan bergerak cepat. Dengan menggunakan foto ini, Siegel menciptakan siluet putih solid Jerry West dan menempatkannya pada latar belakang merah dan biru, membentuk logo yang masih kita lihat sampai sekarang.

BACA JUGA :

Sejarah NBA - Liga Bola Basket Amerika Utara


Logo itu sukses besar, seperti halnya upaya rebranding NBA. Keduanya akan terus bertahan dalam pertempuran sengit merekatetapi mereka besar dan terutama digunakan oleh perguruan tinggi dan tim profesional.
Biaya

Meskipun tujuan awal dari rebranding NBA mungkin telah dilakukan sejak lama, logo NBA masih tetap sangat populer. Hal ini dapat dilihat pada berbagai macam barang dagangan, dari pakaian dan pakaian hingga poster dan dekorasi dan segala sesuatu di antaranya. Dengan cara ini, popularitas logo NBA terus menghasilkan uang dalam jumlah besar dalam penjualan merchandise.

Aspek potensi logo ini sering diabaikan selama pembuatan awal, tetapi masih merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan; rancang logo yang cukup menarik, dan bisa dijual berkali kali. .




© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved