Sejarah NBA - Liga Bola Basket Amerika Utara

 ring-basket.com -- Bagi penggemar olahraga bola basket, salah satu tontonan yang menarik adalah liga bola basket di Amerika Utara, yaitu National Basketball Association atau NBA.

Kompetisi bola basket yang patron dari banyak liga bola basket ini diikuti oleh 30 tim yakni 29 tim berasal dari Amerika Serikat dan satu lagi dari Kanada. NBA menjadi salah satu dari empat kompetisi olahraga utama di Amerika Serikat dan Kanada. Selain liga basket NBA, kompetisi olahraga utama lainnya adalah liga baseball atau Major League Baseball (MLB), liga American football atau National Football League (NFL), serta liga hoki es atau National Hockey League (NHL).

Adapun, NBA merupakan anggota aktif organisasi Bola Basket Amerika Serikat (USAB) yang diakui oleh Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA.

Klub Waralaba yang Saat ini Bergabung di NBA

Kompetisi bola basket profesional NBA, dibagi menjadi 2 wilayah, Wilayah Timur dan Barat yang masing-masing berisi 15 tim.
Wilayah Barat

  1. Boston Celtics
  2. Brooklyn Nets
  3. Milwaukee Bucks
  4. New York Knick
  5. Philadelphia 76ers
  6. Toronto Raptors
  7. Charlotte Hornets
  8. Chicago Bulls
  9. Atlanta Hawk
  10. Miami Heat
  11. Indiana Pacers
  12. Cleveland Cavaliers
  13. Orlando Magic
  14. Detroit Pistons
  15. Washington Wizards


Apabila ditotal jumlah kemenangan yang didapatkan oleh klub pada zona Eastern lebih banyak dari Western. Untuk klub Eastern sementara ini sudah mampu mengumpulkan sebanyak 38 gelar champions.  
Wilayah Barat

  1. LA Clippers
  2. Los Angeles Lakers
  3. Utah Jazz
  4. Dallas Mavericks
  5. Memphis Grizzlies
  6. Portland Trail Blazers
  7. New Orleans Pelicans
  8. Golden State Warriors
  9. San Antonio Spurs
  10. Houston Rockets
  11. Oklahoma City Thunder
  12. Sacramento Kings
  13. Minnesota Timberwolves
  14. Denver Nuggets
  15. Phoenix Suns


Daftar Juara NBA

Selama bergulirnya NBA, Los Angeles Lakers dan Boston Celtics adalah dua tim tersukses di NBA dengan masing-masing mengoleksi 17 titel. Los Angeles Lakers atau populer dengan sebutan LA Lakers berhasil menjadi juara dari 32 laga finals yang mereka mainkan termasuk ketika LeBron James dkk menjadi juara pada 2020. Adapun, Boston Celtics hingga saat ini tercatat telah 21 kali melangkah ke NBA Finals dengan 17 di antaranya menjadi juara.
Berikut adalah daftar tim-tim yang pernah menjuarai NBA :
17 gelar - Los Angeles Lakers, Boston Celtics
6 gelar - Golden State Warriors, Chicago Bulls
5 gelar - San Antonio Spurs
3 gelar - Philadelphia 76ers, Detroit Pistons, Miami Heat, Milwaukee Bucks
2 gelar - New York Knicks, Houston Rockets
1 gelar - Cleveland Cavaliers, Atlanta Hawks, Washington Wizards, Oklahoma City Thunder, Portland Trail Blazers,Dallas Mavericks, Baltimore Bullets (aktif 1944–1954), Sacramento Kings, Toronto Raptors


Sejarah NBA Bermula

NBA dibentuk pada 6 Juni 1946 di New York, Amerika Serikat. dengan nama awal adalah Basketball Association of America atau BAA. Kemudian, nama BAA diubah menjadi NBA pada 3 Agustus 1949 setelah bergabung atau merger dengan National Basketball League (NBL).

Awalnya, adalah ketika BAA didirikan, sebenarnya sudah ada dua liga profesional mapan di Amerika Serikat: Liga Bola Basket Amerika di Timur, didirikan tahun 1925, dan Liga Bola Basket Nasional di kota-kota industri Midwestern, didirikan tahun 1937. Namun, sebagian besar tim ABL dan NBL bermain di arena kecil, dan dalam beberapa kasus bahkan ruang dansa atau gimnasium sekolah menengah.

Walter Brown, pemilik Boston Garden, percaya bahwa arena hoki es utama, yang kosong pada banyak malam, dapat dimanfaatkan untuk menjadi tuan rumah pertandingan bola basket jika tidak ada permainan hoki es yang dimainkan. Menindaklanjuti ide ini, BAA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946. Maurice Podoloff, yang sudah menjabat sebagai presiden Liga Hoki Amerika, diangkat sebagai presiden BAA.

Pemilik BAA, meskipun pengusaha berpengalaman, memiliki sedikit pengalaman memiliki tim bola basket. Liga dimulai dengan 11 tim, yang memainkan 60 pertandingan musim reguler. Ini diikuti oleh babak playoff dan seri terakhir untuk menentukan pemenang liga.

Meskipun ada upaya sebelumnya di liga bola basket profesional, termasuk American Basketball League (ABL) dan NBL, BAA adalah liga pertama yang mencoba bermain terutama di arena besar di kota-kota besar, seperti Madison Square Garden dan Boston Garden.  Pada awalnya, kualitas permainan di BAA tidak jauh lebih baik daripada di liga yang bersaing, atau di antara klub independen terkemuka seperti Harlem Globetrotters. Misalnya, baik gelar tahun 1948 dan 1949 dimenangkan oleh tim yang pernah bermain di liga lain pada tahun sebelumnya, Baltimore Bullets pada tahun 1948 dan Minneapolis Lakers pada tahun 1949.

Sementara National Basketball League (NBL) adalah liga bola basket profesional di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1937. Jika ditelusuri, Lima tim NBA saat ini yang pernah berkompetisi di NBL yaitu: Atlanta Hawks, Detroit Pistons, Los Angeles Lakers, Philadelphia 76ers, dan Sacramento King.


Pada tahun 1946, munculnya BAA membuat persaingan dengan NBL semakin panas, terutama berebut pemain terbaik dan tentu saja penggemar. BAA memainkan permainannya di kota dan tempat yang lebih besar. Namun, NBL cenderung memiliki bintang yang lebih besar. Tim NBL mendominasi World Professional Basketball Tournament, sebuah turnamen undangan tahunan yang diadakan di Chicago dan disponsori oleh Chicago Herald American, dengan memenangkan tujuh dari sepuluh edisi turnamen.

Pada tanggal 3 Agustus 1949, perwakilan dari NBL dan BAA bertemu di kantor BAA di Empire State Building New York untuk menyelesaikan merger. Maurice Podoloff terpilih sebagai kepala liga baru. Asosiasi Bola Basket Nasional (NBA) yang baru terdiri dari 17 tim yang mewakili kota-kota kecil dan kota-kota besar di seluruh negeri. NBA mengklaim sejarah BAA sebagai miliknya dan menganggap kesepakatan 1949 sebagai ekspansi, bukan merger. Misalnya, di NBA History online, tabel "Rekap Musim NBA" satu barisnya dimulai tahun 1946–47 tanpa komentar. Tahun 1996, NBA membuat tajuk NBA in 50 sebagai bentuk, bahwa yang diakui hanya BAA.

NBA tidak mengakui catatan dan statistik NBL kecuali dalam keadaan tertentu.Dengan demikian, catatan dan statistik BAA dan NBL sebelum penggabungan pada tahun 1949 dianggap dalam sejarah resmi NBA hanya jika seorang pemain, pelatih, atau tim berpartisipasi dalam NBA yang baru dibentuk setelah tahun 1949 selama satu musim atau lebih.

Sejarah Pergantian Peraturan Permainan yang Berlaku di NBA

Sepanjang NBA berdiri, terdapat beberapa kali pergantian peraturan permainan dalam kompetisi setidaknya sebanyak 6 kali.  

Pergantian pertama yaitu pada 1948-1960, sesaat setelah NBA akan berlangsung dan sudah terencana.
Setelah itu, hampir setiap 10 tahun atau lebih terdapat revisi mengenai peraturan yang berlaku, berikut garis besarnya :

Peraturan 1948-1960

Pada rentang tahun ini, terdapat beberapa tambahan peraturan dari yang sebelumnya belum ada dasarnya, diantaranya :
1952 jumlah foul maksimal 5 kali
1954 tim harus menembak dalam waktu 24 detik setelah menguasai bola
1956 waktu untuk pelanggaran jadi 30 detik

Aturan Basket 1960-1972

Pada masa ini ada aturan yang hilang tapi beberapa tahun kemudian terpakai lagi, beberapa aturannya antara lain :
1960 Penghapusan garis tengah, setiap pelanggaran individu dihadiahi lemparan bebas sebanyak dua kali di 5 menit terakhir.
1964 pertama kali rulebook benar-benar disusun dengan baik dan tertata
1968 Imaginary cylinder sudah tidak terpakai, pemain penyerang dan bertahan boleh mengambil bola yang gagal masuk ring, garis tengah kembali
1972 Aturan 3 menit  tidak berlaku

Era 1973-1990

Pada masa ini cukup banyak aturan yang sekarang masih berlaku secara resmi, apa saja peraturannya :
1973 aturan tentang kontak fisik resmi berlaku
1979 pengenalan 3 points shoot, dua tembakan bebas bila pelanggaran di titik 2 poin, 3 bila di titip 3 points,
1990 peraturan tentang coach dan pemain yang meninggalkan bench menjadi lebih ketat


1990-2000

1998 aturan tentang foul baru berlaku. Pada rentang tahun ini, penambahan aturan yang ada lebih berfokus pada penanganan foul. Bagaimana agar tim tidak sengaja membuat foul untuk membuang waktu dan sebagainya.
Rentang 2000-2010
Peraturan tentang pergantian pemain juga lebih asosiasi perhatikan. Contohnya, 12 belas pemain yang ada wajib bermain.

Rules 2010- Sekarang

NBA membagi klub yang tergabung menjadi wilayah Barat dan Timur yang masing-masing terdiri dari 15 tim.
Akibat adanya pandemi, jumlah pertandingan dari 30 tim yang bergabung turun, biasanya 82 menjadi 72 saja.
Tournament play in bagi peringkat 7-10 juga mulai diperkenalkan. Pemenang play in, yang artinya menempati posisi 7 bisa menjadi tuan rumah pertandingan.

Mengenai peraturan resmi dan detail pertandingan secara rinci, semuanya ada di website official NBA.

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved