Kapten Tim Basket

Kapten dalam bola basket sebenarnya bukanlah posisi dalam strategi  permainan. Kapten tim adalah peran dimana orang yang dipilih oleh rekan satu tim untuk memimpin tim mereka untuk musim ini. Mereka memiliki tanggung jawab tertentu seperti wawancara sebelum dan sesudah pertandingan mereka, berjabat tangan dengan kapten tim lain sebelum pertandingan, dan berbicara dengan wasit sebelum dan selama pertandingan. Beberapa pelatih dapat menunjuk kapten untuk tim mereka, tetapi tidak semua tim memiliki kapten, tergantung pada pelatih atau tingkat permainan.

Memilih Kapten

Biasanya, pemain terbaik di setiap tim diberi nama kapten atau kapten tim mereka. Michael Jordan, LeBron James, Kobe Bryant, dan Stephen Curry adalah dan merupakan pemain terbaik di tim masing-masing, dan semuanya adalah contoh kapten tim.


Namun, pemain terbaik tidak selalu menjadi kapten dalam tim, karena beberapa veteran yang terampil dan berusia lanjut dapat ditunjuk sebagai kapten tim mereka. Contohnya adalah Derek Fisher ketika dia bersama Los Angeles Lakers; dia bukan pemain terbaik, tapi dia adalah seorang veteran yang terampil dan cerdik yang mendapatkan rasa hormat dari pemain terbaik, pelatih, dan rekan satu timnya lainnya.

Saat memilih kapten untuk tim Anda, jangan hanya secara otomatis memilih pemain terbaik. Cari pemain dengan kualitas kepemimpinan dan keterampilan kerja tim yang baik yang dapat membantu rekan satu timnya menjadi lebih baik!


Kualitas seorang Kapten

Karena kapten tim akan mengambil peran kepemimpinan, ada kualitas tertentu yang harus mereka miliki yang akan memungkinkan mereka untuk berhasil. Berikut adalah beberapa:

  1.  Pemain harus menjadi pemimpin verbal dan visual, yang berarti mereka akan memberi tahu rekan satu tim mereka apa yang harus dilakukan dan memimpin dengan memberi contoh, menunjukkan kepada tim apa yang mereka maksud.
  2.  Mereka harus selalu mengerahkan 100% energi mereka dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.
  3. Mereka harus bersemangat untuk bermain di setiap pertandingan dan membantu rekan satu timnya mendapatkan tingkat antusiasme yang sama.
  4. Mereka harus memahami bahwa pemain membuat kesalahan dan membantu mereka mengatasi masalah itu, bekerja dengan mereka alih-alih melawan mereka.


Mungkin sulit untuk menemukan seseorang dengan semua kualitas ini, tetapi menemukan pemimpin yang tepat dapat membantu tim melalui permainan atau musim terburuk sekalipun.


Peran Kapten

Peran kapten tim adalah membantu tim mengatur permainan dan permainan tertentu, bertindak hampir sebagai pelatih kedua. Mereka akan memanggil permainan, membantu rekan tim mereka masuk ke posisi yang tepat, dan menyesuaikan formasi jika perlu.


Kapten juga bisa menjadi pengaruh yang menenangkan bagi tim jika mereka dalam keadaan goyah dan tidak bermain dengan baik; mereka selalu berusaha mendorong tim untuk bekerja lebih keras dan bermain lebih baik.

 


© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved