56 Isyarat Tangan Wasit Pertandingan Bola Basket Standar FIBA dan Artinya

ring-basket.com -- Di postingan yang lalu ada postingan tentang isyarat tangan dari wasit yang umumnya dipakai di NBA atau NCAA. Namun, karena di di Indonesia, Perbasi mengikuti aturan dari FIBA, berikut adalah daftar aturan isyarat tangan dan penjelasannya. 



Untuk Anda semua yang bertanya-tanya apa arti beberapa isyarat tangan wasit dalam permainan standar FIBA atau ingin menambah pengetahuan bola basket Anda, berikut ini kami telah susun daftar isyarat tangan wasit basket dengan definisi dan gambar singkat untuk Anda. 

1. Isyarat Waktu Pertandingan

Isyarat tangan waktu pertandingan ini digunakan untuk komunikasi antara wasit dan pencatat waktu (timer) untuk memberi tahu mulai dan berhentinya waktu pertandingan.

isyarat tangan wasit bola basket FIBA

Isyarat Waktu Pertandingan

Keterangan:

Gambar 1  : Isyarat tangan menghentikan waktu pertandingan, dengan tangan naik ke atas dan telapak tangan terbuka ke depan

Gambar 2 : Waktu pertandingan berhenti karena pelanggaran (foul), ditandai dengan tangan 1 naik ke atas, lalu dikepal

Gambar 3 : Waktu pertandingan dimulai / dijalankan kembali. Satu tangan naik ke ats, lalu di ayun ke bawah seperti menebas. 

2. Isyarat Tangan Skor /Point

Isyarat tangan waktu pertandingan ini digunakan untuk komunikasi antara wasit dan pencatat skor untuk memberi tahu skor yang dianggap masuk. 


Keterangan:

Gambar 4  : Isyarat tangan 1 poin masuk. 1 tangan naik, jari telunjuk diacungkan, sambil pergelangan tangan diayunkan ke bawah.

Gambar 5 : Isyarat tangan 1 poin masuk. 1 tangan naik,2 jari (telunjuk dan jari tengah)  diacungkan, sambil  pergelangan tangan diayunkan ke bawah.

Gambar 6 : Ada 2 isyarat, dengan pejelasan sebagai berikut

- Sebelah kiri : tangan naik 1, sambil menunjukkan tiga jari ( telunjuk, tengah, dan jari jempol), yang menyatakan bola 3 point tidak masuk.

- Sebelah kanan : tangan naik kedua-duanya, keduanya sama-sama menunjukkan tiga jari ( telunjuk, tengah, dan jari jempol), yang menyatakan bola 3 point masuk.

 

3. Isyarat Tangan Pergantian Pemain dan Time Out

Isyarat tangan waktu pertandingan ini digunakan untuk komunikasi antara wasit dan official pertandingan yang menyatakan pergantian pemain boleh dilakukan, dan adanya waktu time-out yang diberikan. 


Keterangan:

Gambar 7  : Isyarat tangan kiri dan kanan disilang. Tanda pergantian pemain

Gambar 8 : Pemain pengganti boleh masuk. Isyarat tangan dinaikkan satu setinggi dada, telapak tangan dibuka mengarak ke atas, lalu  lengan diayun 90 derajat ke arah dada.

Gambar 9 : Waktu Time Out. Pertama tangan akan diangkat ke atas sebagai tanda akan ada isyarat lebih lanjut. Kemudian, dua tangan yang direntangkan ke samping membentuk bentuk “T”, namun tangan yang di bawah hanya menunjukkan jari telunjuk saja. 

Gambar 10 : Waktu media time-out. Pertama tangan akan diangkat ke atas sebagai tanda akan ada isyarat lebih lanjut.   Isyarat tangan terentang ke kiri dan kanan, sambil mengepalkan tangan. 

4. Isyarat Tangan  Informasi

Isyarat tangan waktu pertandingan ini digunakan untuk komunikasi antara wasit dan official pertandingan untuk informasi keadaandi lapangan. 


Keterangan:

Gambar 11  : Isyarat lengan kanan dan kiri di dada saling bersilang.ditekuk di siku, lalu dilanjutkan keduanya dengan gerakan merentangkan lengan lurus keluar dari dada. . Isyarat ini untuk menyatakan Skor /point yang dibuat pemain saat itu, batal, permainan dibatalkan.

Gambar 12 : Hitungan dimulai dengan lengan di dada, ditekuk di siku, lalu dilanjutkan dengan gerakan merentangkan lengan lurus keluar dari dada. Artinya menghitung,semisal menghitung free throw.

 

Keterangan:

Gambar 13  : Isyarat tangan jempol ke atas. Artinya baik diterima.

Gambar 14 : Isyarat tangan diputar sambil jari telunjuk diacungkan. Artinya shot clock diulangi dari 0.

Gambar 15 : Isyarat tangan diarahkan ke arah permainan, lengan sejajar dengan garis samping. Ini untuk menunjuk arah permainan, atau menyataka berada di luar atau dalam batas.

Gambar 16 : Dalam kondisi held ball / jump ball, isyarat jempol ke atas, lalu arahkan ke arah permainan untuk menunjukkan  panah kepemilikan / bergantian.

 

5. Isyarat Tangan  Violation (Pelanggaran)

Isyarat tangan  ini digunakan sebagai tanda dari wasit bahwa telah terjadi pelanggaran  jenis violation.


Keterangan:

Gambar 17  : Isyarat tangan terkepal untuk menyatakan travelling.

Gambar 18 : Gerakan menepuk dengan telapak tangan untuk menyatakan double dribble.

Gambar 19 : 1 tangan memutar telapak tangan setengah lingkaran untuk menyatakan dribble ilegal, carry the ball , mirip seperti double dribble.



Keterangan:

Gambar 20  :1 tangan lengan diayunkan sambil mengacungkan 3 jari. Menyatakan pelanggaran 3 detik.

Gambar 21 :  1 tangan menunjukkan telapak tangan dan jari lima. Menyatakan pelanggaran 5 detik.

Gambar 22 : Pertama, 1 tangan naik untuk menyatakan ada putusan. Lalu 2 tangan menunjukkan 8 jari. Wasit menyatakan pelanggaran 8 detik.  


Keterangan:

Gambar 23  : Tangan kanan naik ke atas untuk menyatakan ada pelanggaran, lalu turun, kemudian jari tangan kiri menyentuh pundak kiri. Wasit menyatakan ada pelanggaran shot clock 24 detik.

Gambar 24 :  Tangan kanan naik ke atas untuk menyatakan ada pelanggaran, lalu turun, kemudian lengan tangan kanan mengayun ke samping, posisi di depan. Wasit menyatakan pelanggaran bola kembali ke garis pertahanan sendiri (backcourt)

Gambar 25 : Tangan kanan naik ke atas untuk menyatakan ada pelanggaran, lalu turun, kemudian wasit menunjuk ke kaki, menyatakan pelanggaran karena menendang bola. 

5. Isyarat atau Gerakan Tangan Wasit Bola Basket Untuk Menyebut Nomor Pemain


Keterangan:

Gambar 26  :  

- Gambar sebelah kiri : menyebut angka 00, kedua tangan sama sama membentuk lingkaran dengan telunjuk dan jempol

- Gambar kanan : menyebut angka nol, tangan kanan membentuk lingkaran dengan telunjuk dan nol. 

 

 


 Keterangan:

Gambar 27  :  Untuk menyebut angka 1 s/d 5, tangan kanan akan menunjukkan dengan jari 1 s/d 5

Gambar 28 : Untuk menyebut angka 6 s/d 10, tangan kanan akan menunjukkan dengan jari 5, diikuti tangan kiri sesuai jumlah yang diinginkan

Gambar 29 : Untuk menyebut angka 11 s/d15, tangan kanan dikepal,  diikuti tangan kiri 1 s/d 5 sesuai jumlah yang diinginkan


 Keterangan:

Gambar 30  :  Untuk menyatakan angka 16, tangan kanan  terbalik  menunjukkan angka 1 untuk digit puluhan  - kemudian dua tangan digunakan menunjukkan angka 6 untuk bilangan satuan.

Gambar 31 : Tangan terbalik pertama menunjukkan angka 2 untuk bilangan puluhan - kemudian tangan keduanya dibuat  menunjukkan angka 4 untuk bilangan satuan

 Keterangan:

Gambar 32  :  Untuk menyatakan angka 40, tangan kanan  terbalik  menunjukkan angka 4 untuk digit puluhan  - kemudian tangan membentuk lingkaran dengan telunjuk dan jempol untuk mewakili satuan 0. Digunakan menunjukkan angka 40.

Gambar 33 : Tangan kanan terbalik menunjukkan jari 5 untuk dan tangan kiri terbalik dengan jari telunjuk mewakili angka puluhan 6 - kemudian tangan kanan  dibuat  menunjukkan angka 2 untuk bilangan satuan. Gerakan tangan ini menunjukkan angka 62.

 

Keterangan:

Gambar 34  :  Pertama sambil membalikkan tangan menunjukkan nomor 7 untuk bilangan puluhan - lalu buka tangan tunjukkan nomor 8 untuk angka satuan

Gambar 35 :  Pertama sambil membalikkan tangan menunjukkan angka 9 untuk bilangan puluhan - kemudian tangan terbuka menunjukkan angka 9 untuk digit satuan


6. Isyarat atau Gerakan Tangan Wasit Bola Basket Untuk Menyatakan Pelanggaran  (Foul)

Keterangan:

Gambar 36 Pelanggaran holding. Tangan kanan memegang bagian bawah pergelangan tangan kiri.

Gambar 37 : Pelanggaran untuk blocking (defense) / illegal screen (offense), ditunjukkan dengan kedua tangan berkacak pinggang.

Gambar 38 : Memberi isyarat melakukan push foul atau pelanggaran mendorong, wasit akan menjulurkan kedua tangannya lurus ke depan, dengan telapak tangan menghadap ke luar.

Gambar 39 : Pelanggaran hand checking.  Tangan kanan dijulurkan ke depan sambil membuka telapak tangan, sambil tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan.

Keterangan:

Gambar 40 Pelanggaran penggunaan tangan ilegal / Illegal use of hands. Kedua tangan dijulurkan lalu di silang ke di depan/.

Gambar 41 : Pelanggaran charging / menyerang / menubruk pemain lawan saat membawa bola. Isyarat wasit tangan kiri membuka telapak tangan dan ditinju dengan tangan kanan yang dikepal. 

Gambar42 : Pelanggaran kontak ilegal tangan. Tangan kiri dikepal lalu ditekuk ke arah dada, bagian pinggir telapak tangan kanan memukul lengan tangan kiri sehingga membentuk seperti simbol +

Gambar 43 :  Pelanggaran pergerakan sikut yang berlebihan.  Dengan tangan kanan, sikut diayunkan.
Keterangan:

Gambar 44  :  Pelanggaran mengenai kepala dengan gerakan tangan kanan memegang kepala.

Gambar 45 : Pelanggaran tim dalam kontrol bola. Tangan kanan dijulurkan ke depan  lurus sejajar dada sambil tangan terkepal. Diarahkan ke tim yang mendapat giliran bertahan.


Keterangan:

Gambar 46  :  Pelanggaran saat melakukan shooting / foulon the act of shooting.Tangan kanan diangkat sambil dikepal, lalu dilanjutkan dengan jari dijulurkan sesuai jumlah lemparan bebas yang akan diberikan. Contoh dalam gambar diberikan free throw  2 kali.

Gambar 47 : Pelanggaran bukan jenis non - shooting foul. Tangan kanan diangkat sampil dikepal, dilanjutkan dengan menunjuk lantai. 

 

 

7. Isyarat atau Gerakan Tangan Wasit Bola Basket Pelanggaran Khusus

Keterangan:

Gambar 48  :  Pelanggaran ganda / double foul.  Kedua tangan sambil terkepal, lalu diayun bersilang di atas kepala.

Gambar 49 : Pelanggaran teknis (technical foul). Kedua tangan membentuk T dengan telapak tangan. 

Gambar 50 : Pelanggaran tidak sportif (foul). Tangan kiri memegang lengan tangan kanan yang terkepal. Posisi di atas kepala. 

Gambar 51 : Pelanggaran  diskualifikasi (foul). Kedua tangan diangkat lurus  di atas kepala sambil terkepal. 

8.  Isyarat atau Gerakan Tangan Wasit Bola Basket  Untuk Hukuman Administrasi Yang Dilaporkan ke Meja Pengurus Pertandingan

Keterangan:

Gambar 52  : Isyarat tangan setelah pelanggaran terjadi tanpa lemparan bebas. Tangan kanan menunjuk ke arah permainan dengan lengan sejajar garis samping.

Gambar  53 : Setelah menyatakan pelanggaran oleh tim untuk kontrol bola, Tangan kanan dijulurkan ke depan  lurus sejajar dada sambil tangan terkepal, diarahkan ke arah permainan, lengan sejajar garis samping. 

Keterangan:

Gambar 54  : Ditunjukkan dengan tangan kanan telunjuk diacungkan. Tanda 1 lemparan bebas.

Gambar 55  : Ditunjukkan dengan tangan kanan, sambil telunjuk dan jari tengah diacungkan. Tanda 2 lemparan bebas.

Gambar 56  : Ditunjukkan dengan tangan kanan, sambil telunjuk, jari tengah dan jempol diacungkan. Tanda 3 lemparan bebas.

© Copyright 2018 BASKET - All Rights Reserved