Pelanggaran Charge ( Charging Foul) Dalam Pertandingan Bola Basket

Ada berbagai jenis pelanggaran dalam aturan pertandingan bola basket. Salah satunya adalah Charging. 

Apa itu Pelanggaran  Charging?

Sebuah pelanggaran "charging"  dalam bola basket adalah ketika pemain penyerang dengan bola basket masuk ke dan melalui bek mereka. Akibatnya, pemain bertahan terjatuh, membuat wasit meniup peluit . Sebuah pelanggaran charging  disebut sebagai "charge" untuk lebih gampangnya. Pemain bertahan sering kali mencoba menarik serangan dengan mengambil posisi yang baik dan memancing pemain penyerang untuk melakukan pelanggaran.




Untuk memberi tanda telah terjadi pelanggaran, wasit akan dengan tegas menunjuk dengan seluruh tangan mereka ke arah ujung lapangan yang lain untuk memberi tanda bahwa penguasaan bola akan "berjalan ke arah lain."  Pelanggaran seperti charge ini menjadi salah satu metode dan cara untuk menahan momentum permainan pada titik tertentu. Ini juga merupakan cara bagi bek yang lebih kecil untuk menyamakan level melawan pemain yang lebih tinggi dan lebih kuat.



Pelanggaran Charge Atau Pelanggaran Blok (Blocking Foul)

Ketika kontak yang berlebihan atau kuat terjadi antara pemain ofensif dan defensif, wasit diberikan dua pilihan. Mereka dapat menyebut pelanggaran charge atau pelanggaran block. Sebuah pelanggaran charge berarti pemain ofensif bersalah dan dipanggil. Blocking foul adalah kebalikannya, dan pemain bertahan yang bersalah.


Beberapa faktor yang menentukan apa yang akan menjadi pelanggaran charge: Jika bek telah mengatur kakinya dan tidak bergerak, mereka tidak berada di area terlarang (di bawah keranjang), dan mereka tidak membuat kontak. Jika salah satu dari tiga kriteria tidak terpenuhi, maka permainan dianggap sebagai pelanggaran menghalangi terhadap pemain bertahan.

Hukuman untuk Pelanggaran Charge

Sebuah pelanggaran charge selalu menghasilkan pelanggaran pribadi (personal foul) bagi pihak yang bersalah. Pemain ofensif mana pun yang melakukan pelanggaran dihitung, dan setelah lima atau enam pelanggaran (tergantung pada aturan liga) mereka keluar dari permainan. 

Tim juga dihukum karena permainan tersebut menghasilkan turnover dan tim bertahan mendapatkan penguasaan bola.

 

© Copyright 2018 BASKETBALL - All Rights Reserved