10 Olahraga Yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan impian untuk semua orang. Salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga secara rutin. ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Jika ingin menurunkan berat badan, ada beberapa jenis olahraga penurun berat badan yang dapat dilakukan baik dirumah maupun diluar rumah secara rutin. 

Banyak yang bilang, olahraga seperti kardio merupakan yang paling utama dalam membakar kalori yang berlebih. Namun, ada juga yang bilang latihan kekuatan seperti mengangkat beban adalah kuncinya. Orang cenderung mengeluarkan lebih banyak kalori saat melakukan kardio, seperti berlari, jika dibandingkan dengan mengangkat beban. Namun, latihan anaerobik seperti angkat beban bisa membakar kalori bahkan setelah latihan.

Naik Turun Tangga

Olahraga Naik Turun Tangga

Berolahraga rutin tidak selamanya membutuhkan banyak peralatan. Kamu dapat memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar, salah satunya tangga. Jika kamu memiliki tangga dirumahmu, manfaatkanlah tangga tersebut untuk olahraga. Telah terbukti secara ilmiah bahwa olahraga naik turun tangga dapat meningkatkan kebugaran dan dapat membantu menurunkan berat badan. 

Untuk setiap 10 langkah naik turun tangga akan membakar 1 kalori di dalam tubuh. Selain untuk menurunkan berat badan, olahraga naik turun tangga juga memiliki manfaat untuk melatih otot-otot kaki.

Jogging

Olahraga Jogging

Ketika melakukan jogging dalam waktu 30 menit, maka akan membakar sebanyak 300-370 kalori tergantung intensitas dan kecepatan saat melakukan jogging. Jika kamu melakukan jogging selama 20-30 menit setiap harinya, kamu akan mulai terbiasa sehingga lama durasi ketika melakukan jogging akan bertambah sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Jalan Santai

Olahraga Jalan Santai

Tak hanya jogging, jalan santai juga dapat menjadi salah satu olahraga menurunkan berat badan. Riset mengatakan dengan berjalan santai selama 30 menit dapat mambakar setidaknya 167 kalori didalam tubuh.

Lompat Tali

Olahraga Lompat Tali

Lompat tali atau biasa disebut skipping adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meskipun terlihat sederhana, namun dibalik kesederhanaanya mempunyai manfaat yang kurang lebih sama dengan jogging. Ketika melakukan lompat tali dalam 30 menit dengan intensitas rendah dapat membakar sekitar 281 kalori.

Ketika kamu pertama kali melakukan lompat tali. Kamu bisa memulainya dengan kegiatan lompat tali selama 20-30 menit, tapi diwajibkan untuk setiap 5 menit berikan jeda istirahat jika kamu merasa kelelahan. Jangan terlalu memaksakan untuk lanjut karena itu dapat merusak tubuhmu.

Mendaki

Olahraga Mendaki

Mendaki merupakan olahraga atau kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai puncak gunung. Untuk seseorang yang mendaki selama 1 jam maka akan membakar sekitar 440-550 kalori. Selain dapat membakar kalori, mendaki juga dapat meningkatkan kehatan jantung, membangun otot dan tulang yang lebih kuat, dan lain-lainnya. Selain itu untuk kamu yang pertama kali mendaki dengan tujuan menurunkan berat badan, mungkin saja dapat menambah hobi baru yaitu mendaki.

Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Tidak hanya berguna sebagai sarana transportasi saja, bersepeda pun dapat kamu jadikan sebagai olahraga untuk membantu turunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit bisa membakar sebanyak 180-360 kalori. Selain dapat membantu kurangi berat badan, ada juga manfaat lain dari bersepeda yaitu, bersepeda dapat turunkan berbagai resiko penyakit seperti kanker, jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Yoga

Olahraga Yoga

Secara umum, yoga biasanya dilakukan secara bersama-sama di satu tempat. Namun karena adanya teknologi, sekarang yoga dapat dilakukan sendirian karena adanya video Youtube, sehingga kamu tidak perlu khawatir harus melakukannya tanpa ada instruktur. Yoga terbukti dapat mengurangi berat badan, meskipun jumlah kalori yang dibakar tidak begitu banyak dibanding olahraga lainnya. Melakukan olahraga yoga selama 40 menit dapat membakar sebanyak 149 kalori.

Baca Juga :

Berenang

Olahraga Berenang

Berenang merupakan alternatif olahraga yang sangat menyenangkan guna membantu turunkan berat badan. Khususnya jika kamu mempunyai kolam renang pribadi, maka kegiatan ini dapat kamu lakukan setiap hari. Riset membuktikan berenang dalam waktu 30 menit dapat membakar sebanyak 298 kalori jika berenang dengan gaya punggung, 409 kalori renang gaya kupu-kupu dan 372 kalori renang gaya dada. 

Angkat Beban

Olahraga Angkat Beban

Selain dapat meningkatkan otot-otot lengan, olahraga angkat beban juga dapat menurunkan berat badan. Dengan melakukan angkat beban selama 30 menit makan akan membakar sekitar 108 kalori.

Squat

Olahraga Squat

Olahraga squat merupakan salah satu olahraga yang bagus untuk kamu yang tidak ingin keluar rumah. Dengan melakukan squat selama 15 menit akan membakar sekitar 230 kalori. Selain untuk membakar kalori, squats juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, squats menjadi salah satu olahraga pemula untuk menurunkan berat badan terbaik

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved