Mengenal Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Stadion Patriot Candrabhaga merupakan salah satu stadion terbaik Indonesia yang berada di Bekasi. Pada tahun lalu Stadion Patriot Candrabhaga terpilih sebagai venue yang mempertontonkan Piala Asean Football Federation (AFF) U-19. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1980. Dulunya stadion ini dikenal sebagai kawasan rawa-rawa. Pada saat itu, masyarakat mengenal sejarah Stadion Patriot Candrabhaga sebagai kawasan Rawa Tembaga.

Profil Stadion Patriot Candrabhaga

Stadion Patriot Candrabhaga termasuk salah satu stadion tertua di Indonesia. Seperti yang disebutkan sebelumnya, stadion ini didirikan di bekasi pada tahun 1980. Tujuan membangun Stadion Patriot yaitu untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat IV tahun 1984. Pada saat itu stadion ini berkapasitas 5.000 sampai 10.000 penonton.

Pada tahun 2012, Stadion Patriot direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional yang berkapasitas 30.000 dan diresmikan pada tanggal 11 Maret 2014. Pada renovasi Stadion patriot ini telah menelan biaya mencapai 5 Miliar Rupiah. Awalnya Stadion Patriot memiliki nama Stadion Bekasi. Setelah direnovasi pada tahun 2012 nama yang sebelumya stadion bekasi menjadi Stadion Patriot Candrabhaga yang dipakai hingga saat ini. Stadion Patriot Candrabhaga ini memiliki arti di setiap namanya yaitu, Patriot yang artinya sebagai julukan Kota Bekasi dan Candrabhaga mempunyai arti Candra sebagai ibarat bulan dan Bhaga sebagai bahagia.

Baca Juga :

Setelah direnovasi pada tahun 2012, kini stadion berkapasitas 30.000 lebih penonton tersebut pun sudah bertaraf internasional dan pernah menyajikan kompetisi seperti mulai dari Liga 1 Indonesia, AFF sampai Asian Games. Rumput lapangan yang digunakan di stadion ini menggunakan rumput zoysia yang berstandar internasional. Terdapat beberapa fasilitas utama yang khusus diberikan untuk para atlet di sekitar stadion, seperti penginapan dan rumah sakit. 

Fungsinya yaitu, bagi mereka yang akan bertanding tak usah mencari hotel lain karena sudah disediakan dan jika para atlet yang cidera dapat langsung di larikan ke rumah sakit yang sudah disediakan. Penginapan disekitar stadion diantaranya yaitu Hotel Aston, Horison dan INASGOC. Ada juga rumah sakit disekitar stadion diantaranya RS Hermina, Global, RS Mitra Keluarga dan RSU Bekasi.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved