Mengenal 5 Liga Basket Terbaik di Dunia Yang Wajib Ditonton

Olahraga Basket merupakan olahraga yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Olahraga basket menjadi olahraga yang digemari banyak orang. Kompetisi bola basket juga selalu jadi pertandingan yang dinanti pelaksanaannya oleh para penggemar basket. Dengan popularitas bola basket yang meluas ke berbagai pelosok dunia, pada tahun 1932 FIBA (Fédération Internationale de Basketball Amateur) di dirikan.

Pertemuan pertama antara delapan deligat bola basket dunia saat itu, selain untuk mendirikan federasi bola basket internasional tapi juga menjadikan bola basket sebuah cabang olahraga dalam Olimpiade 1936, di Berlin. Dengan hadirnya bola basket di panggung dunia sebesar Olimpiade, tentu melahirkan berbagai liga bola basket di negara-negara lain. Berikut adalah liga basket terbaik di dunia.

National Basketball Association (NBA)

Logo NBA

NBA merupakan kompetisi basket yang diselenggarakan di Amerika Serikat. NBA kerap dianggap sebagai liga basket nomor satu di dunia. Keberadaan bintang seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, hingga LeBron James dan Stephen Curry membuat NBA menjadi kompetisi paling diminati. Klub basket yang selalu ikut serta dalam liga NBA diantaranya adalah San Antonio Spurs, New York Knicks, Chicago Bulls, Boston Celtics, Golden State Warriors, LA Lakers dan banyak klub terkenal lainnya. Beberapa pemain basket profesional terkenal juga merupakan pemain terbaik dalam NBA.

EuroLeague

EuroLeague

Liga ini dibentuk oleh FIBA pada tahun 1958 dan dikenal sebagai FIBA European Champions Cup dan berada di bawah naungan FIBA sampai akhirnya terbentuk EuroLeague pada tahun 2000. Terdapat 16 klub yang ikut serta dalam EuroLeague setiap tahun. Sudah ada total 22 tim yang memenangkan kejuaraan. Tim yang paling banyak menjuarai liga EuroLeague ini yaitu Real Madrid, yang telah berhasil memenangkan EuroLeague sebanyak 10 kali.

EuroCup

EuroCup

EuroCup dinilai sebagai liga bola basket tingkat profesional peringkat kedua setelah EuroLeague. Pertama kali didirikan oleh EuroLeague Basketball pada tahun 2002, liga ini pertama kali dikenal sebagai ULEB Cup sebelum mengganti nama jadi EuroCup pada musim pertanding 2008-2009.

Baca Juga :

Piala EuroCup telah dimenangkan oleh 14 tim, tim yang paling banyak mejuarai di dalam kompetisi ini adalah Valencia yang telah berhasil menangkan EuroCup empat kali.

Piala Dunia FIBA (FIBA Basketball World Cup)

Piala Dunia FIBA (FIBA Basketball World Cup)

Piala dunia jadi ajang pertandingan olahraga antar negara di setiap belahan dunia. Pada pelaksanaannya yang ke-19, Piala dunia FIBA 2023 akan diadakan di Filipina, Jepang dan Indonesia. FIBA jadi kompetisi olahraga bola basket yang tidak boleh terlewatkan.

Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup)

Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup)

Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup) merupakan pertandingan basket profesional yang diadakan setiap dua tahun sekali. Sudah ada total 6 negara yang menjuarai Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup). Negara yang dengan perolehan juara terbanyak yaitu China dengan kemenangan sebanyak 16 kali.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved