Mengenal 5 Posisi Dalam Tim Basket Dan Peran Masing-Masing

Olahraga basket merupakan permainan bola besar yang mempertandingkan dua tim basket yang masing-masing terdiri dari 5 orang dan saling merebut bola dari lawan untuk dimasukkan ke dalam ring lawan untuk mencapai kemenangan. Para pemain yang telah terpilih untuk berlaga dilapangan memiliki posisi dan tugasnya masing-masing yang berbeda.

Daftar Posisi Dalam Basket Beserta Tugasnya Masing-Masing

Posisi Dalam Olahraga Basket

Dikutip dari Jr NBA, jumlah dan posisi pemain basket terdiri dari lima diantaranya, point guard, center, power forward, small forward, dan shooting guard. Berikut penjelasannya.

Point Guard

Posisi Point Guard Dalam Basket

Pemain yang mengisi posisi point guard merupakan posisi yang biasanya ditempati pemain yang memiliki postur paling pendek dalam tim dan juga memiliki kemampuan menggiring bola dan mengumpan yang luar biasa. Dalam permainan bola basket, pemain yang berposisi sebagai point guard bertugas untuk dijadikan sebagai playmaker atau pemain yang mengatur serangan dalam sebuah tim.

Selain itu, ketika dalam posisi bertahan, point guard memiliki tugas untuk mencuri bola dari lawan.

Center

Shaquille O'Neal Sebagai Salah Satu Pemain Center Terbaik

Pemain yang mengisi posisi ini biasanya memiliki tubuh yang paling tinggi dan kuat dalam tim, pemain tesebut diposisikan dibawah ring. Dia juga berfungsi sebagai garis pertahanan terakhir.Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh center adalah memanfaatkan punggungnya untuk menghalangi lawan dan menangkap bola pantul yang tidak masuk ke dalam ring. Dengan posturnya yang tinggi dan besar, center bertugas untuk menghalangi lawan ketika ingin mencetak poin

Power Forward

Evan Mobley Sebagai Salah Satu Pemain Power Foward Terbaik

Sama seperti center, posisi power forward juga biasanya diisi oleh seseorang yang memiliki tubuh yang paling tinggi dan kuat dalam tim. Salah satu tugas utama power forward yaitu menangkap bola yang memantul dari ring baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Dibandingkan dengan small forward, seorang power forward akan banyak bergerak di dekat (bawah) ring untuk menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan membuat pelanggaran (foul) atas dirinya.

Small Forward

Lebron James Sebagai Salah Satu Pemain Small Forward Terbaik

Pemain small forward biasanya ditempati oleh pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu (one-on-one) berhadapan dengan pemain lawan. Pemain yang mengisi posisi ini juga harus bermain secara agresif, kuat, lincah, dan memiliki keahlian yang baik dalam dribble atau menggiring bola dengan baik. 

Baca Juga :

Untuk mengembangkan keterampilan dari small forward, dapat dengan berlatih mengontrol bola, menembak, mengumpan, membuat ruang, permainan Post-Up, pertahanan, pertahanan Pick & Roll, menggiring bola, dan finishing.

Shooting Guard

Michael Jordan Sebagai Salah Satu Shooting Guard Terbaik

Pemain yang menempati posisi ini biasanya memiliki skill menembak yang sangat baik. Selain dapat menembak dengan baik, seorang shooting guard juga harus pandai menggiring bola dengan cepat, passing dan memiliki visi lapangan yang baik. Meski ukuran tubuhnya bukan yang terbesar, seorang shooting guard yang baik akan menjadi ancaman bagi lawannya karena seorang shooting guard memiliki kreativitas dan kemampuan menembak yang baik dari berbagai posisi.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved