30 Daftar Tim Basket NBA Berserta Logonya

National Basketball Association atau disingkat NBA merupakan liga bola basket asal Amerika Serikat dan menjadi liga basket paling bergengsi di dunia. NBA sendiri didirikan di New York pada 6 Juni 1946 yang sebelumnya bernama BAA (Basketball Association of America). Selain liga basket NBA, kompetisi olahraga utama lainnya adalah liga baseball atau Major League Baseball (MLB), liga American football atau National Football League (NFL), serta liga hoki es atau National Hockey League (NHL). NBA menjadi salah satu dari empat kompetisi olahraga utama di Amerika Serikat dan Kanada.

Saat ini, tim basket NBA terdiri dari 30 klub yang masing-masing mewakili setiap kota di Amerika Serikat. Namun, ada kota yang memiliki dua klub. Misalnya, Los Angeles yang memiliki dua klub, yaitu Los Angeles Clippers dan Los Angeles Lakers. Berikut merupakan daftar klub yang ada di NBA.

Sacramento Kings

Klub basket NBA berikutnya adalah Sacramento Kings yang berasal dari Kota Sacramento, California. Sacramento Kings termasuk tim menengah yang pernah mendapat pencapaian terbaik maupun terburuknya. Pada NBA tahun 2001-2002, Sacramento Kings mendapatkan penghargaan sebagai tim terbaik. 

New Orleans Pelicans

New Orleans Pelicans

New Orleans Pelicans merupakan klub basket NBA asal Kota Orleans yang sempat mengganti namanya sebanyak 3 kali. Pada tahun 1988 - 2002 klub ini bernama Charlotte Hornets. Pada pada 2002 hingga 2013 namanya berganti menjadi New Orleans Hornets. Lalu pada bulan April 2013 hingga saat ini namanya diubah menjadi New Orleans Pelicans.

San Antonio Spurs

San Antonio Spurs

San Antonio Spurs merupakan klub asal San Antonio, Texal yang terkenal sudah beberapa kali menjuarai kompetisi basket di Amerika Serikat. Tim ini sudah mendapatkan gelar juara divisi total sebanyak 20 kali, yaitu pada tahun 1978, 1979, 1981, 1982, 1983, 1990, 1991, 1995, 1996, 1999, 2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2009, 2011, 2012, 2013, dan 2014. Tim ini juga pernah menjuarai kompetisi NBA sebanyak 5 kali, yaitu pada tahun 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014.

Indiana Pacers

Indiana Pacers

Indiana Pacers merupakan klub basket NBA yang berasal dari Kota Indianapolis, tepatnya berbasis di Conseco Fieldhouse. Uniknya, nama tim ini terinspirasi dari seekor kuda yang memiliki kemampuan berlari cepat dan memiliki nama Pacers.

Houston Rockets

Houston Rockets

Los Angeles Lakers

Los Angeles Lakers

Selanjutnya, tim basket NBA yang tak kalah terkenal adalah Los Angeles Lakers. Los Angeles Lakers termasuk tim basket NBA yang bergengsi dan memiliki sejumlah bintang dunia, termasuk LeBron James.

Klub ini berbasis di Kota Los Angeles dan menjadi tim yang bermain di wilayah Barat. Pada tahun 1980-an, Los Angeles Lakers dikenal sebagai "Showtime" karena terkenal dengan fast break yang dipimpin oleh Magic Johson. 

Bahkan, Lakers mampu mendapatkan lima gelar juara dan para pemainnya masuk menjadi pemain Hall of Fame hanya dalam waktu sembilan tahun. Contohnya, Kareem Abdul-Jabbar, James Worthy, dan Magic Johnson.

New York Knicks

New York Knicks

Dari namanya saja kita sudah mengetahui asal kota klub yang satu ini. New York Knicks berdiri pada tahun 1946 oleh Ned Irish. New York Knicks merupakan klub yang termasuk anggota NBA di wilayah Timur. Tim ini termasuk kedalam tim basket tertua di NBA

Brooklyn Nets

Brooklyn Nets

Selain New York Knicks, Kota New York juga memiliki klub basket NBA lainnya, yaitu Brooklyn Nets. Brooklyn Nets merupakan klub yang didirikan pada 1967 dan bermarkas di Borough, New York, Brooklyn. Klub ini bermain di kompetisi NBA wilayah Timur bagian divisi Atlantik.

Cleveland Cavallers

Cleveland Cavallers

Cleveland Cavallers menjadi salah satu klub basket NBA yang populer karena memiliki deretan pemain terkenal. Salah satu pemain basket yang sempat berkarier di Cleveland Cavallers adalah LeBron James. Cleveland Cavallers berdiri pada tahun 1970 di Cleveland, Ohio.

Milwaukee Bucks

Milwaukee Bucks

Klub yang berbasis di Milwaukee ini merupakan tim basket NBA yang masuk dalam wilayah Timur. Seperti yang kita ketahui terdapat sejumlah bintang basket dunia yang pernah bermain untuk Milwaukee Bucks.

Mulai dari Kareem Abdul-Jabbar, Bob Lanier, Vin Baker, Oscar Robetson, Terry Cummings, Marques Johnson, Sidney Moncrief, hingga Glen Robinson.

Denver Nuggets

Denver Nuggets

Denver Nuggets merupakan klub basket NBA yang berbasis di Denver, Colorado dan bermain di wilayah Barat, tepatnya divisi Barat Daya. Klub yang berdiri pada 1967 sudah menjuarai divisi Barat Daya sebanyak tujuh kali.

Boston Celtics

Boston Celtics

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan klub basket Boston Celtics. Klub basket NBA yang berdiri pada 1946 di Boston, Massachusetts ini bermain di wilayah Timur. Salah satu pemain bintang yang pernah berkarier di Boston Celtics adalah Jaylen Brown.

Philadelphia 76ers

Philadelphia 76ers

Klub basket NBA Philadelphia 76ers didirikan pada 1946 di Kota Philadephia sebagai kota metropolitan di Amerika Serikat. Klub basket ini bermain di wilayah Timur kompetisi NBA.

Orlando Magic

Orlando Magic

Sesuai namanya, klub basket NBA yang satu ini berasal dari Kota Orlando, Florida. Kata 'Magic' di belakangnya berasal dari Magic Kingdom yang terinspirasi dari Walt Disney World, Orlando.

Sebelumnya, klub basket ini mengadakan sayembara untuk menentukan nama belakang dari tim ini. Selain Magic, beberapa nama yang diajukan lainnya adalah Tropics dan Juice.

Minnesota Timberwolves

Minnesota Timberwolves

Nama klub basket NBA yang cukup panjang ini mungkin masih asing terdengar di telinga kita. Namun, Minnesota Timberwolves ternyata juga pernah menjuarai kompetisi NBA. Minnesota Timberwolves didirikan pada 1989 dan berbasis di Minneapolis. Saat ini, klub ini bermain di wilayah Barat dan divisi Barat Laut.

Oklahoma City Thunder

Oklahoma City Thunder

Oklahoma City Thunder adalah salah satu klub basket yang paling baru masuk NBA, yaitu pada tahun 2008-2009. Pada pertandingan pertamanya di NBA, Oklahoma City Thunder bertemu Millwaukee dan mengalami kekalahan dengan skor 98-87. 

Chicago Bulls

Chicago Bulls

Chicago Bulls merupakan klub basket NBA yang terkenal melahirkan bintang-bintang basket dunia. Klub yang berbasis di Kota Chicago ini didirikan pada 1966. Selama bergabung di NBA, Chicago Bulls sudah menjuarai gelar sebanyak 33 kali. Selain itu, Bulls juga menjadi tim NBA terbaik pada tahun 2019.

Los Angeles Clippers

Los Angeles Clippers

Satu lagi klub basket NBA yang berasal dari Los Angeles, yaitu Los Angeles Clippers. Tim ini tergabung di wilayah Barat dan divisi Pasifik. Tim basket ini didirikan pada tahun 1970 oleh Paul Snyder.

Washington Wizards

Washington Wizards

Tim basket NBA berikutnya berasal dari Washington dan didirikan pada tahun 1961. Washington Wizards pernah menjuarai gelar divisi sebanyak tujuh kali, yaitu tahun 1971, 1972, 1973, 1974, 1975, 1979, dan 2017. Wizards juga beberapa kali menjuarai kompetisi wilayah, yaitu pada tahun1971, 1975, 1978, dan 1979.

Destroit Pistons

Destroit Pistons

Berbeda dari klub basket NBA lainnya yang menggunakan nama kota asal sebagai nama klubnya, Destroit Pistons tidak menggunakannya. Klub ini berbasis di Kota Auburn Hills. Destroins Pistons pernah meraih gelar juara NBA pada tahun 1989, 1990, dan 2004.

Utah Jazz

Utah Jazz

Utah Jazz merupakan tim basket NBA yang bermarkas di Kota Slat Lake City dan berdiri pada tahun 1974. Tim basket ini sempat mengalami musim terbaiknya pada tahun 1996-1997. Saat itu, Utah Jazz mencapai rekor menang dan kalah, yaitu 64-18. Mereka juga berhasil masuk final NBA untuk pertama kalinya.

Miami Heat

Miami Heat

Klub basket NBA berikutnya berasal dari Kota Miami, Florida, Amerika Serikat. Miami Heat didirikan pada 1988 dan masuk dalam divisi Tenggara, wilayah Timur. Heat juga pernah tiga kali menjuarai NBA dan bermarkas di American Airlines Arena. 

Atlanta Hawks

Atlanta Hawks

Atlanta Hawks adalah tim basket NBA yang berasal dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Hawks merupakan tim yang bermain di divisi Tenggara, wilayah Timur dalam kejuaraan NBA. Tim ini bermarkas di State Farm Arena. 

Phoenix Suns

Phoenix Suns

Salah satu klub besar NBA yang populer di kalangan penggemar basket adalah Phoenix Suns. Klub ini didirikan pada 1968 di Phoenix, Arizona. Klub basket ini pernah tampil di babak Playoffs sebanyak 29 kali, juara divisi sebanyak 6 kali, dan juara wilayah 2 kali.

Baca Juga :

Golden State Warriors

Golden State Warriors

Golden State Warriors adalah klub basket NBA yang bermain di divisi Pasifik, wilayah Barat. Warriors menjadi salah satu klub bergengsi di NBA.

Warriors merupakan tim basket yang berdiri pada 1946 dan bermarkas di San Fransisco, California. Klub ini didirikan di daerah Philadelphia. 

Portland Trail Blazers

Portland Trail Blazers

Portland Trail Blazers merupakan tim basket NBA yang berdiri pada 1970 dan berpusat di Portland, Oregon. Blazers pernah masuk dalam final NBA sebanyak tiga kali. Namun, mereka hanya bisa meraih satu kali kemenangan, yaitu pada 1977.

Charlotte Hornets

Charlotte Hornets

Charlotte Hornets merupakan klub basket yang masih tergolong muda karena baru lahir pada 2004. Hornets berasal dari Kota Charlotte, North Carolina. Klub basket NBA ini bermarkas di Cable Arena sejak pertama kali berdiri hingga saat ini.

Memphis Grizzlies 

Memphis Grizzlies

Mungkin kamu masih asing dengan nama Memphis Grizzlies. Klub basket NBA yang didirikan pada 1995 ini belum pernah menjuarai gelar NBA, baik di divisi maupun wilayah.

Houston Rockets merupakan klub asal Houston, Texas yang didirikan pada tahun 1967. Houston Rockets termasuk salah satu tim dengan deretan prestasi. Tim ini menjadi klub NBA terbaik pada tahun 2018 dan 2019. Selain itu, pada tahun 1994 dan 1995 Rockets juga pernah menjuarai NBA sebanyak dua kali. 

Beberapa pemain basket dunia yang bermain di Rockets juga pernah mendapat penghargaan Most Valuable Player (MVP), seperti Moses Malone, Hakeem Olajuwon, dan James Harden. 

Dallas Mavericks

Dallas Mavericks

Dallas Mavericks yang berbasis di Dallas, Texas. Untuk pertama kalinya, pada tahun 2011 Dallas Mavericks menjuarai NBA. Dengan juaranya tim ini membuat sejummlah pemain dan pelatih mendapat penghargaan. Contoh pelatih yang mendapatkan pengharagaan terbaik 2006 adalah Avery Johnson. Kemudian pendatang terbaik 1995 adalah Jason Kidd dan Pemain terbaik 2007 adalah Dirk Nowitzki.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved