Pilih Ring Basket Yang Statis atau Portabel ?

>Pilih ring basket untuk sekolah, kantor,  rumah atau lapangan umum memerlukan kecermatan. Anda perlu tahu beberapa jenis peralatan basket seperti ring basket tempel, ring basket tiang, dan ring basket dorong atau pun portable. Ketiganya memiliki  tujuan dan instalasi  penggunaan yang berbeda.


Pilih Ring Basket Berdasarkan  Lokasi  dan Faedah
Selain  mempersiapkan sarana basket, Anda perlu pastikan tipe ring yaitu ring untuk pertandingan resmi dan ring basket untuk sarana rekreasi/permainan/ santai .  Ring basket untuk pertandingan resmi harus menggunakan ukuran standar, biasanya digunakan untuk lapangan basket sekolah satu tingkat SMP dan ke atas atau gedung olah raga.

 Untuk pertandingan resmi, ketinggian sudah diyakinkan / ditentukan yaitu 305cm, dengan diameter ring 45cm.   Sedangkan  untuk permainan non kompetisi yang lebih  santai, ring dapat mempunyai ukuran lebih kecil, ketinggian pemasangan ring juga tidak diyakinkan atau disesuaikan dengan keinginan saja.


Ring Basket Tempel
Ring Basket Tempel adalah ring basket yang dapat dipasang di atas pintu, di tembok luar rumah, atau pada dinding kamar. Pemasangan ring basket semacam metode ditempel  betul-betul mudah dan singkat.

Beberapa merk ring basket ini dilengkapi dibarengi dengan tiang kecil untuk menempatkannya, dan bila  tidak ingin mengubah kedudukannya untuk periode waktu lama, Anda dapat memasangnya dengan permanen pada dinding menggunakan baut.

Beberapa ring basket tempel memiliki berat yang cukup berat sampai harus dipasang pada dinding yang kuat dan padat. Sebelum memasangnya perlu lihat tips pemasangan atau meminta pertolongan dari tukang yang mempunyai pengalaman.

Untuk bermain lebih serius, Anda bisa beli ring basket standar FIBA/PERBASI yaitu  dengan papan pantul tempered glass. Harga ring basket FIBA/PERBASI saat ini sekitar Rp5,25 juta.

Ring Basket dan Tiangnya
Ring basket ada juga  yang dijual dengan tiang besi untuk memudahkan pemasangan.
Harga ring basket dan tiangnya dapat sampai Rp14 juta untuk tipe standar pertandingan resmi.
Ring basket yang dipasang pada tiang khusus kemungkinan besar pemain melakukan tindakan lembar bola sekaligus lari di bawah ring atau lay-up.


Cek ukuran ring basket untuk berbagai usia di artikel  Ukuran Bola Basket Untuk Anak Sekolah / Junior : Tinggi Tiang Basket, Ukuran Bola, dan Ukuran Lapangan bola bask

Jika Anda ingin beli ring basket untuk latihan mengmelawan pertandingan resmi, pilih perlengkapan dengen detil yang sesuai standar, baik ukuran atau materialnya.  Tetapi, jika beli ring basket hanya untuk bermain santai, Anda dapat pilih produk yang tinggi tiangnya dapat dirubah sesuai kepentingan. Harga tiang ring basket dari besi sekitar 3 juta yang paling murah.

Papan Ring Basket


Papan ring basket terbuat dari material yang berbagai. Untuk papan ring basket yang dipasang di rumah, umumnya menggunakan papan memiliki bahan akrilik atau polykarbonat, dan fiberglass. Namun kini kami juga menyediakan papan pantul dengan material tempered glass yang sesuai dengan standar FIBA dengan tampilan yang lebih baik.

Keterangan : Ring basket dengan tiang tanam

 Harga papan ring basket akrilik untuk pemakaian santai / rekreasi / permainan  lebih kurang antara Rp 2,6 juta sampai Rp 4,5 juta, tergantung pada ukuran, ketebalan papan, material  dan perlengkapan yang diikutkan oleh penjual.

Jika Anda memprioritaskan kualitas dan ketahanan papan ring basket, seharusnya pilih papan pantul tempered glass saja. Terutama jika pemasangan di luar ruangan. Hal yang menarik adalah meski tempered mempunyai daya pantul yang lebih baik, bening, tidak menguning seperti akrilik, dan tidak buram, ternyata harga tempered glass lebih murah. Harga papan pantul basket tempered glass juga nyaris sama dengan fiberglass.

Tapi jika kehendaki papan pantul  dengan harga lebih murah, anda dapat pilih papan ring basket dari material plastik atau kayu.

Ring Basket Dorong
Ring pasket dorong atau portabel cukup diminati untuk dipakai di lapangan olahraga multifungsi di sekolah, arena olahraga, atau taman di ruangan perumahan.
Ring basket tipe ini memiliki kelebihan penting yaitu dapat dipindah-pindah tempat dengan mudah.


Ring basket portabel dilengkapi dengan kunci roda yang dapat dibuka dan digeser ke tempat yang Anda kehendaki.  Pemilihan ring basket portabel betul-betul cocok untuk lapangan yang digunakan untuk beberapa tipe olahraga seperti badminton dan voli, bukan sekedar basket.

Ring basket portabel dapat ditempatkan di lapangan indoor atau outdoor. Harga ring basket dorong di psaaran saat ini  dibanderol mulai dari 13 juta hingga 40 juta untuk model dengan fitur bisa dilipat dengan hidrolik elektrik.

Ring basket portabel dengan ketentuan sesuai standar FIBA akan mensyaratkan jarak dari base ke papan pantul mencapai 3,25 meter. Namun untuk pemakaian di sekolah, klub basket, pertandingan usia muda setara DBL, pertandingan basket antar kampus, bisa menggunakan jarak 2 s/d 2,1 meter. Namun ada juga kami sediakan ring basket dorong untuk sekolah dengan jarak padding ke papan pantul dengan jarak 1,2 meter s/d 1,5 meter. 

Setelah membaca keterangan tentang ring basket tempel dan beberapa tipe ring basket yang lain, semoga dapat pastikan mana yang paling cocok kepentingan Anda.

Datangi kami Di sini Page Facebook Ring Basket


Untuk Informasi serta info selanjutnya langsung dapat mengontak kontak kami
atau langsung dapat hadir ke bengkel kami yang berlokasi di :
Jln. Brigjend Saptadji hadiprawira No. 76
Kel. Cilendek Barat, Kec. Bogor Barat
Kota Bogor  - Indonesia
E-mail :
teknovasimandiri@gmail.com
Website:
www.ring-basket.com

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved