Jenis Operan Dalam Olahraga Bola Basket : Bounce Pass dan Cara Melakukannya

Dalam artikel tentang jenis passing dalam olahraga basket disebutkan beberapa jenis operan. Salah satu jenis operan adalah bounce pass. Supaya ingat kembali, teknik operan bounce pass yaitu memberikan bola kepada teman satu tim dengan cara bola dipantulkan terlebih dahulu. 

Ilustrasi bounce-pass

Bounce pass merupakan salah satu teknik dasar passing dalam permainan bola basket. Teknik passing satu ini bisa digunakan ketika pemain bola basket bertanding dengan lawan yang mempunyai postur tinggi. Oleh karena itu, jika menghadapi lawan yang berpostur tinggi maka sebaiknya dalam memberikan operan kepada rekan setim menggunakan bounce pass. 

BACA JUGA : 

Penjelasan Chest Pass - Salah Satu Jenis Operan Dalam Olahraga Bola Basket

 Meskipun operan pantulan bisa sangat berguna dalam situasi tertentu, itu masih memiliki masalah. Umpan pantul berjalan lebih cepat daripada umpan di udara, sehingga memberikan peluang yang lebih baik bagi tim lawan  untuk mencuri bola. Ini bukan masalah besar bagi pemain profesional atau berpengalaman, tetapi bisa menjadi masalah bagi pemain muda.


Teori Melakukan Bounce Pass
Untuk melakukan teknik bounce pass adalah memantulkan bola ke lantai dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke target kawan. Berikut adalah 4 langkah dalam melakukan bounce pass seperti dikutip dari buku Olahraga Paling Lengkap (2016) karya Sukma Aji:
- Metode pelaksanaannya (sikap permulaan) sama dengan operan setinggi dada.
- Bola dilepaskan atau didorong dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira-kira 1/3 dari penerima.
- Pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan, kemudian ke penerima.
- Bila berhadapan dengan lawan, maka sasaran pantulan bola berada di samping kanan atau kiri lawan

BACA JUGA :

Jenis Pass / Operan Dalam Bola Basket : Overhead Pass




Tidak ada komentar: