Penjelasan Chest Pass - Salah Satu Jenis Operan Dalam Olahraga Bola Basket

Ada beberapa jenis operan dalam olahraga bola basket. Pada dasarnya, ada dua teknik operan passing dalam bola basket yaitu air pass (umpan tanpa menyentuh lantai) dan bounce pass yakni mengumpan ke arah rekan setim dengan cara memantulkan bola ke lantai. Dari dua teknik dasar tersebut, passing kemudian dikembangkan dengan berbagai variasi.



Beberapa teknik mengumpan atau passing dalam bola basket selain chest pass adalah overhead pass, baseball pass, dribble pass, hingga pick and roll pass.

Seperti disebut, salah satu jenis operan / lemparan bola atau mengoper setinggi dada yang disebut chest pass. Chest pass merupakan operan ke teman seregu dengan cara operan melalui dada dalam permainan bola basket disebut chest pass.

Adapun, chest pass berguna untuk mengoperkan bola kepada teman yang jaraknya dekat, Operan diarahkan menuju ke arah dada rekan satu tim.



Langkah-langkah melakukan chest pass adalah sebagai berikut:
1. Saat melakukan chest pass, bola dipegang dengan menggunakan kedua tangan. Posisi telapak tangan adalah menghadap ke depan.
2. Angkat bola dengan ketinggian hingga mencapai dada
4. Ketika passing, posisikan salah satu kaki di depan. Fungsi gerakan kaki pada teknik ini adalah untuk menambah tenaga.
6. Saat akan melempar bola, telapak tangan dibuka lebar dan berikanlah ruang antara telapak tangan dan bola. Tidak boleh seluruh bagian telapak tangan menyentuh bola. Passing dilakukan dengan menggunakan jari-jari, bukan telapak tangan
5. Lalu lemparkan lurus ke arah rekan setim.
6 Bagi pemain yang menerima bola, posisi tangan dalam kondisi siap untuk menangkap bola. Fungsi gerakan si penerima bola ini adalah agar si pengumpan tahu target passing.

Untuk melakukan operan atau umpan tim dengan chest pass, bola harus dalam kondisi memutar saat dilempar, bukan mengambang.



Tidak ada komentar: