Jenis Pass / Operan Dalam Bola Basket : Overhead Pass

Salah satu teknik penting dalam olahraga bola basket adalah mengoper bola atau passing. Teknik passing wajib dimiliki oleh pemain bola basket. Karena mengumpan adalah kunci permainan basket, khususnya untuk menyusun strategi menyerang.

Dalam permainan bola basket, passing artinya memberikan atau memindahkan bola kepada rekan satu tim di atas lapangan dengan cara melemparkan bola tersebut. Jenis passing atau oper dalam permainan bola basket ada beberapa, salah satunya adalah overhead pass atau Passing atas kepala .

Mencoba melakukan Overhead Pass



Teknik passing wajib dimiliki oleh pemain bola basket. Karena mengumpan adalah kunci permainan basket, khususnya untuk menyusun strategi menyerang. Sesuai dengan namanya, melakukan overhead pass, maka mengoper atau mengumpan bola dari atas kepala. Caranya adalah menarik bola hingga atas kepala, lalu melemparkannya menggunakan dua tangan. Karenanya tak jarang disebut juga dengan istilah two hand overhead pass.

BACA JUGA :

Penjelasan Chest Pass - Salah Satu Jenis Operan Dalam Olahraga Bola Basket

 Adapun tahapan melakukan teknik overhead pass adalah sebagai berikut:
1. Saat menerapkan overhead pass, posisi awal badan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah menghadap arah lemparan.
2. Kemudian, gerakan lengan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah mengayun ke arah lemparan sampai siku lurus.
3. Lalu, pelepasan bola dari tangan saat melakukan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah ketika lengan posisi lurus.
4. Akhir gerakan posisi badan setelah passing atau lemparan bola saat melalui atas kepala adalah berat badan dibawa ke depan.

Cara Melakukan Overhead Pass


Untuk menggunakan teknik ini, pelempar harus waspada ketika bola di belakang kepala karena berpotensi direbut oleh pemain lawan dari belakang.


Tidak ada komentar: