Jenis-jenis Passing Dalam Olahraga Bola Basket

Dalam olahraga bola basket, melempar bola basket kepada teman satu tim disebut dengan istilah passing. Passing atau mengumpan sudah tentu adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh pemain bola basket, karena passing merupakan teknik dasar dalam olahraga bola basket. Bola hanya bisa berpindah dengan cara dribble, shooting, dan passing. 


 

Cara Melakukan Umpan dalam Bola Basket Mepada dasarnya ada dua teknik dalam melakukan passing yaitu air pass dan bounce pass. Air pass adalah teknik mengumpan dengan cara melempar bola ke arah rekan satu tim di mana bola tidak menyentuh lantai.  Sementara bounce pass adalah melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima.  Dari dua teknik dasar melakukan umpan tersebut, passing bisa dikembangkan dengan berbagai variasi, mulai dari variasi passing dasar hingga advance atau lanjutan.

Jenis -jenis Passing Dalam Olahraga Bola Basket 

A. Air pass 

Air pass adalah teknik mengumpan dengan cara melempar bola ke arah rekan satu tim di mana bola tidak menyentuh lantai. Beberapa jenis umpan atau pass yang termasuk jenis adalah :

1. Chest pass adalah teknik mengumpan dalam permainan bola basket di mana bola dilempar kepada rekan setim searah dada. Teknik mengumpan ini bisa dilakukan menggunakan kedua tangan
Tentang chest pass bisa dibaca lebih lanjut :

Penjelasan Chest Pass - Salah Satu Jenis Operan Dalam Olahraga Bola Basket

2. Overhead Pass Pada yaitu operan yang dilakukan dengan dua tangan diatas kepala disebut overhead pass. Overhead pass adalah teknik melempar bola dari atas kepala (overhead). Cara melakukannya adalah menarik bola hingga atas kepala, lalu melemparkannya menggunakan dua tangan. Jenis umpan ini cocok untuk operan jarak jauh penerima bola adalah rekan yang berpostur tinggi
 

Penjelasan tentang overhead pass bisa dibaca :

Jenis Pass / Operan Dalam Bola Basket : Overhead Pass

 

3. Wrap Around Pass adalah  cara melempar bola ke arah rekan setim melewati lengan pemain lawan yang melakukan gerakan menghalangi.
 

4. Baseball Pass 

Mengumpan bola basket menggunakan satu tangan kepada teman dinamakan dengan teknik baseball pass. Teknik mengumpan ini dilakukan dengan cara melempar bola dari atas atau belakang kepala. Tujuannya adalah agar bola melambung dan melewati lawan.
 

5. Dribble Pass 

Dribble pass merupakan teknik melempar bola di mana satu pemain memberikan umpan kepada pemain lain setelah memantulkan bola ke lantai untuk mengelabui lawan. Tidak bisa juga sebenarnya masuk diseb


6. Behind The Back Pass 

Teknik behind the back pass dilakukan dengan cara melempar bola melewati belakang punggung
 

7.Hook pass 

Umpan / hook passadalah teknik mengumpan yang dilakukan dengan satu tangan membentuk seperti kait (hook) yaitu lengan ditekuk di samping badan. Kemudian, ayunkan lengan yang membawa bola tersebut lurus dari samping badan ke atas kepala lawan.
 

8. Pick and Roll Pass. 

Mengutip laman DBL Indonesia, pick and roll adalah gerakan yang dilakukan dengan tujuan membukakan ruang agar pemain bisa menembus lebih dalam daerah pertahanan lawan. Cara melakukan pick and roll pass adalah dengan memanfaatkan bantuan rekan setim (screener) yang menutup ruang gerak pemain lawan. Selanjutnya, pemegang bola melewati penjagaan lawan dengan cara menggiring bola melewati ruang di dekat screener. Ketika melakukan gerakan ini, usahakan posisi tubuh berdekatan dengan screener (shoulder to shoulder). Kemudian, ketika ada celah untuk melakukan passing, lemparkanlah bola ke arah screener yang berlari mendekati ring.

 

B. Bounce Pass

Bounce pass  adalah melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima.  Seorang pemain bola basket yang bertanding dengan lawan yang mempunyai postur tinggi, maka sebaiknya dalam memberikan operan kepada temannya menggunakan bounce pass. 

Artikel tentang bounce pass dan cara melakukannya bisa dilihat di >>>

Jenis Operan Dalam Olahraga Bola Basket : Bounce Pass dan Cara Melakukannya

 


Tidak ada komentar: