Olahraga Golf : Sejarah, Pengertian, Teknik Dasar, Peraturan, Dan Peralatan

Golf merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang sudah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya. Golf juga merupakan olahraga yang membutuhkan keseimbangan, kekuatan, serta keakuratan dalam memukul.

Di Indonesia, golf dikenal sebagai salah satu olahraga kelas atas karena untuk memainkan olahraga yang satu ini memerlukan peralatan yang banyak dan memerlukan biaya yang tergolong cukup mahal sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmati olahraga ini.

Daftar Isi Artikel Golf :

  1. Sejarah Golf
  2. Pengertian Golf
  3. Teknik Dasar Golf
  4. Peraturan Golf
  5. Peralatan Golf

Sejarah Golf

Sejarah Olaharaga Golf

Sebenarnya, olahraga golf ini awalnya tidak jelas berasal dari mana. Masyarakat Tiongkok mengklaim bahwa merekalah yang pertama kali memainkan permainan golf sejak abad ke 11 M lebih tepatnya pada zaman dinasti song. Lalu penduduk Belanda juga mengklaim bahwa merekalah yang pertama kali memainkan permainan golf sejak abad ke 12 M. Bahkan Skotlandia pun menyatakan hal yang serupa.

Setelah melakukan berbagai perdebatan panjang, akhirnya sebagian besar para sejarawan dunia berpendapat bahwa olahraga golf berasal dari Skotlandia. Karena adanya beberapa bukti kuat bahwa golf berasal dari sana, yaitu lapangan golf pertama berada di Skotlandia, Nama golf diambil dari bahasa Skotlandia, klub golf pertama berasal dari Skotlandia, serta turnamen pertama golf juga berasal dari Skotlandia.

Sekitar abad ke 15 M, masyarakat Skotlandia telah memainkan olahraga golf di lapangan luas dengan pemukul dari kayu dan bola dari bahan karet. Olahraga ini pun dilarang oleh pemerintahan Skotlandia karena dianggap mengganggu jalannya pemerintahan. Golf kemudian dibawa ke Inggris dan mengalami perkembangan yang pesat sampai golf terkenal di benua Eropa.

Seiring berjalannya waktu, golf semakin terkenal hingga seluruh dunia, sampai pada tahun 1958 terbentuklah federasi internasional golf sebagai badan pengatur golf didunia yang bernama International Golf Federation (IGF). Sampai saat ini, IGF berpusat di Switzerland dan telah memiliki 126 negara sebagai anggota.

Pengertian Golf

Secara umum golf merupakan permainan bola kecil yang dapat dimainkan secara individu atau kelompok dengan bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang sudah ditentukan menggunakan stik sebagai pemukulnya.

Pengertian Golf Menurut Para Ahli

Ada juga pengertian golf menurut para ahli, antara lain :

  1. Menurut Collins English Dictionary, Golf adalah permainan di mana kita menggunakan tongkat panjang untuk memukul bola kecil dan keras ke dalam lubang yang tersebar di area luas tanah berumput.
  2. Menurut Merriam Webster, golf adalah permainan di mana seorang pemain menggunakan klub khusus mencoba untuk menenggelamkan bola dengan sesedikit mungkin pukulan ke masing-masing dari 9 atau 18 lubang berturut-turut di lapangan.

Teknik-Teknik Dasar Golf

Banyak orang menganggap golf permainan yang mudah dipelajari, tetapi tidak semua orang benar-benar pandai golf. Ada teknik-teknik harus dipelajari untuk memainkan golf dengan benar.

Teknik Memegang Stik Golf

Dalam golf terdapat 3 teknik memegang golf, yaitu baseball grip, overlapping golf grip, dan interlocking golf grip. Berikut penjelasannya.

  1. Baseball Grip : Baseball Grip merupakan teknik dalam m emegang stik golf yang dimana posisi tangan kiri berada dibawah tangan kanan.
  2. Overlapping Golf Grip : Teknik ini merupakan teknik yang serupa dengan baseball grip. Namun terdapat perbedaan pada tangan kanan yang agak sedikit ke atas sehingga jari kelingking tangan kanan berada diantara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.
  3. Interlocking Golf Grip : Teknik yang satu ini merupakan teknik yang tidak disarankan untuk pemula. Teknik ini hanya ditunjukan untuk pemain yang sudah profesional. Cara menggunakan teknik ini yaitu memegang stick dengan mengaitkan jari kelingking tangan kanan berada di jari telunjuk tangan kiri.

Teknik Mengayun

Agar ayunan saat memukul gola kencang dan seimbang. Ada beberapa cara untuk mengayunkan stik yang baik dan benar, yaitu :

  1. Backswing : teknik ini merupakan teknik mengayunkan stick golf ke belakang tubuh sampai melewati kepala dan mengarah kedepan
  2. Downsing : teknik ini merupakan teknik melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola (teknik ini dilakukan setelah melakukan backswing)

Teknik Memukul

Pukulan yang akurat merupakan salah satu hal yang penting dalam olahraga golf. Ada teknik-teknik yang harus diketahui terlebih dahulu untuk mendapat pukulan yang akurat, mulai dari tee shot sampai punch. Berikut penjelasannya.

  1. Tee shot : teknik ini merupakan teknik pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dilakukan dari teeing ground (letak awal bola) menuju lubang.
  2. Fairway Shot: teknik ini dilakukan para pemain setelah melakukan teknik memukul tee shot pada bola.
  3. Bunker Shot: teknik ini merupakan teknik yang digunakan apabila bola yang dipukul keluar area lapangan.
  4. Putting: teknik yang digunakan apabila bola golf sudah dekat dengan lubang supaya bola mudah untuk dimasukkan.
  5. Punch: teknik yang biasa digunakan jika ada angin yang berhembus kencang di lapangan golf.

Peraturan Golf

  1. Pukulan pertama, buat memulai pertandingan harus dilakukan dari teeing ground.
  2. Dalam olahraga golf, yang jadi pemenangnya yaitu pemain yang memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  3. Setiap melakukan pukulan, para pemain golf harus berjalan buat melakukan pukulan selanjutnya.
  4. Pemain bisa menganggap bolanya gak bisa dimainkan dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  5. Jika mendapatkan pinalty, kamu diperbolehkan mengangkat, membersihkan, bahkan mengganti bola.

Peralatan Golf

Peralatan Olaharaga Golf

Bagi seorang pemula yang ingin menekuni dunia golf, langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang tepat.

Baca Juga :

Stik Golf

Ada beberapa tipe stik untuk permainan golf, diantaranya yaitu:

  1. Wood dipakai buat memukul jarak yang sangat jauh.
  2. Iron dipakai pada jarak menengah.
  3. Wedge yaitu iron yang dipakai buat memukul pada jarak yang pendek.
  4. Putter juga hampir selalu dipakai buat melakukan pukulan diatas green.

Bola Golf

Bola Golf

Bola golf ini berdiameter minimum sekitar 42,67 mm dan harus bermassa lebih dari 45,93 gram.

Shaft

Shaft atau tangkai ini dipakai di antara grip dan juga kepala club.

Peralatan Lainnya

Pemain golf juga harus memakai sepatu khusus buat golf dan mengenakan sarung tangan pada tangan sebelah kiri. Ada juga tee atau pasak yang dipakai buat melakukan tee shot di atas teeing ground.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved