6 Olahraga Yang Cocok Untuk Lansia

Berolahraga merupakan suatu kegiatan penting karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baik anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia pun, semua memiliki kebutuhan yang sama akan olahraga. Namun jenis olahraga yang bagus untuk setiap usianya tidak selalu sama.

Contohnya lansia, olahraga untuk lansia sangatlah penting untuk dilakukan agar para lansia tetap bugar di hari tuanya dan resiko terkena penyakit dapat diminimalisir. Karena tubuh yang sudah tidak lagi muda, para lansia tidak disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau berat. Berikut jenis-jenis olahraga ringan yang aman dan baik untuk dilakukan oleh lansia.

Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Gerakan yang halus dan stabil selama mengayuh pedal sepeda tidak banyak memberi tekanan pada lutut, sendi dan pergelangan kaki. Dengan bersepeda secara rutin dapat memperkuat janting dan paru-paru. Kerja sistem kardiovaskular akan lebih terjaga.

Selain itu, bersepeda juga bagus untuk melemaskan otot dan mengurangi ketegangan di bagian persendiran. Namun, pastikan untuk mendampinginya selama melakukan aktivitas yang satu ini agar terhindar dari insiden yang tidak diinginkan seperti jatuh dari sepeda atau insiden lainnya.

Yoga

Olahraga Yoga

Yoga merupakan latihan peregangan yang lebih terstruktur. Latihan membantu pembentukan otot pada saat yang bersamaan. Manfaat yoga tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, namun juga kesehatan mental. Dengan melakukan yoga secara rutin, para lansia dapat terhindar dari stress maupun depresi yang mana kedua hal tersebut dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Senam

Olahraga Senam

Senam merupakan termasuk dalam salah satu jenis olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Mulai dari leher, lengan hingga kaki, semua didorong untuk bergerak aktif. Tingkat kesulitan dan intensitas senam yang bervariasi juga membuatnya mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan bagi para lansia olahraga senam juga bisa dibuat cukup ringan namun tetap menyenangkan. 

Jalan

Olahraga Jalan

Berjalan bisa menjadi opsi olahraga yang paling disarankan untuk para lansia karena praktiknya yang sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat dari berjalan antara lain yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, membuang kalori, dan meningkatkan stamina tubuh.

Baca Juga :

Berenang

Olahraga Berenang

Berenang adalah olahraga yang direkomendasikan untuk mencapai kebugaran tanpa resiko cedera lutut dan sendi rapuh. Dengan berenang dapat membangun daya tahan tubuh, memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kepercayaan diri para lansia. 

Tai Chi

Olahraga Tai Chi

Tai chi merupakan olahraga intensitas rendah yang sama seperti senam yang melibatkan seluruh anggota tubuh untuk aktif bergerak. Namun, tai chi memiliki tempo yang jauh lebih lambat dari senam. Olahraga ini memiliki manfaat untuk keseimbangan dan fleksibilitas. 

Tai chi terkenal sebagai olahraga penuh kesadaran yang membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan fokus. Selain bagus untuk kesehatan fisik, olahraga ini juga bagus untuk kesehatan mental.

© Copyright 2023 OLAHRAGA BOLA BASKET | RING BASKET | PAPAN BASKET - All Rights Reserved